8 Cara Agar Kelestarian Air Tetap Terjaga

Air adalah suatu unsur yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan air, kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan sesuai keinginan kita dan mengkonsumsinya agar tetap hidup. Bahkan bukan hanya manusia saja yang membutuhkan, akan tetapi makhluk hidup sangat butuh terhadap air. Bisa dilihat bahwa sebagian bumi hampir dikelilingi oleh air, sehingga bisa dibilang air merupakan denyut nadi untuk kelangsungan kehidupan manusia.

 

Berikut akan disampaikan Cara Menjaga Kelestarian Air agar dapat menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup :

  1. Menjaga lingkungan

Dengan menjaga lingkungan, maka kelestarian air di sekitar kita tidak akan mudah tercemar. Sehingga, air yang dipakai dan yang dikonsumsi tidak tercemar dan kotor serta aman untuk digunakan. Sampah-sampah yang ada di sungai, di selokan, maupun di jalanan sangatlah berpengaruh bagi kelestarian air bagi makhluk hidup, sebab dapat mencemari air dan mempengaruhi kelestarian air. 

  1. Mengurangi penggunaan air

Penggunaan air yang digunakan secara boros dan tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan kekeringan. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh masyarakat seperti mandi yang terlalu lama, lupa untuk mematikan keran air setelah mandi. Berbagai aktivitas tersebut dapat mengurangi jumlah air dan mengakibatkan dampak kekeringan.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Sampah merupakan penyebab terjadinya bencana banjir dan juga mengakibatkan pencemaran air. Selain itu sampah dapat merusak kelangsungan hidup manusia. Karena sampah mengakibatkan pencemaran pada air, sehingga air akan susah untuk dikonsumsi seperti biasanya.

  1. Mendaur ulang bahan bekas

Barang-barang yang dapat didaur ulang biasanya sering sekali tidak dimanfaatkan dengan baik oleh manusia pada saat ini, kebanyakan mereka membuangnya secara sembarangan seperti membuang barang tersebut ke sungai atau ke laut. Contohnya saja seperti botol air mineral dan plastik yang masih bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

  1. Membuang Limbah kimia dengan benar

Bahan bahan kimia sangatlah berbahaya bagi kelestarian air dan dapat merusak lapisan atmosfer di kehidupan ini. Biasanya, pabrik-pabrik yang berada di sekitar perairan seperti sungai, danau dan laut, akan membuang limbah pabriknya ke perairan tersebut. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pencemaran air. Air sungai dan laut akan menjadi kotor dan tercemar, sehingga tidak dapat dikonsumsi lagi oleh makhluk hidup dan akan lebih mudah menjadi Penyebab terjadinya pemanasan global Setidaknya, jangan membuang limbah-limbah tersebut ke perairan yang ada di dekat pabrik tersebut, karena dapat merusak kelestarian air dan akan berdampak pada masyarakat yang ada di daerah tersebut.

  1. Mengadakan reboisasi pada hutan

Dengan adanya reboisasi akan mengurangi dampak akibat kerusakan hutan pada saat ini, pohon-pohon tersebut akan menjaga kelestariannya yang juga mempengaruhi kelestarian ekosistem sumber-sumber air yang ada disekitarnya. Sehingga sumber-sumber air tersebut menjadi bersih serta dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup.

  1. Menjaga kelestarian sumber-sumber air

Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya dalam menjaga kelestarian sumber-sumber air. Dengan menjaga kelestarian sumber-sumber yang mengandung air, maka ketersediaan air bersih tidak akan mengalami kekurangan. Sehingga masyarakat tidak perlu kebingungan terhadap air bersih karena banyaknya air bersih di sumber sumber yang mengandung air.

  1. Menciptakan lingkungan yang asri

Dengan lingkungan yang asri, maka ekosistem di sekitarnya akan terjaga dengan baik. Perairan pun tidak mudah tercemar dan tetap terjaga kebersihannya. Dalam menciptakan lingkungan yang asri tersebut, bisa dilakukan melalui rumah kita sendiri. Lingkungan rumah yang asri akan menciptakan fungsi lingkungan hidup tersebut menjadi bersih, begitu juga dengan sektor air yang dipakai dan dikonsumsi. Pemakaian air untuk kegiatan sehari-hari menjadi bersih dan rumah tampak menjadi indah dan bersih.

 

Dampak jika tidak menjaga kelestarian air

Polusi air dapat menimbulkan dampak negatif tidak hanya pada manusia tetapi juga pada lingkungannya. Terdapat beberapa dampak pencemaran air di antaranya : 

  • Penyakit 
  • Kerusakan ekosistem 
  • Eutrofikasi 
  • Gangguan rantai makanan 

 

Berikut ini penjelasan mengenai akibat pencemaran air :

 

  • Penyakit 

Pada manusia, minum atau mengkonsumsi air yang tercemar akan berakibat buruk pada kesehatan. Air yang tercemar dapat menyebabkan penyakit seperti tifus, kolera, hepatitis dan berbagai penyakit lainnya.

 

  • Kerusakan ekosistem 

Ekosistem sangat dinamis dan merespon perubahan lingkungan bahkan yang terkecil sekalipun.  Polusi air dapat menyebabkan seluruh ekosistem rusak jika dibiarkan tidak terkendali.

 

  • Eutrofikasi 

Eutrifikasi adalah masuknya bahan kimia dalam badan air yang mendorong pertumbuhan alga (ganggang). Alga ini membentuk lapisan di atas kolam atau danau lalu mengurangi oksigen dalam badan air. Akibatnya, kehidupan perairan tersebut akan terdampak.

 

  • Gangguan rantai makanan 

Polusi air menyebabkan dampak negatif pada rantai makanan. Gangguan pada rantai makanan terjadi ketika racun dan polutan dalam air dikonsumsi oleh hewan air (ikan, kerang, dan lainnya) yang kemudian dikonsumsi oleh manusia.

Demikian artikel dari bosspacking tentang 8 Cara Agar Kelestarian Air Tetap Terjaga, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *