Air Demineral Dengan Proses Reverse osmosis

Kebutuhan akan air sangat diperlukan baik yang mengandung mineral maupun yang tidak mengandung mineral (pure water). Air mineral sangat diperlukan untuk dikonsumsi bagi manusia namun kandungan mineral yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Pengaruh mineral terhadap proses industri kimia cukup komplek yaitu dari menyebabkan kerak pada proses pemanasan seperti boiler dan heat exchanger, sampai turunnya yield dan selektivitas pada proses reaksi, dan masih banyak lagi pengaruh lainnya. Air demineralisasi atau air bebas mineral sangat diperlukan untuk kebutuhan di laboratorium dan industri proses kimia. Suatu air dapat dikatakan air bebas mineral apabila memenuhi standar mutu. Standar mutu untuk air bebas mineral dapat dilihat pada Tabel.

Air demineralisasi merupakan proses penghilangan kation anion yang terkandung didalamnya. Kandungan mineral sebagai bentuk kation anion dalam air secara makro diantaranya: Na+ , Ca+2, Mg+2, K+ , Fe+3, Cl- , SO4 -2 , dan CO3 -2. Proses demineralisasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : resin penukar ion, elektrodialisis, destilasi transfer membran, flash evaporation, maupun reverse osmosis. Pada dasarnya resin penukar ion dibagi menjadi 2 jenis yaitu kation dan anion, dimana kemampuan dalam proses penukaran ion dipengaruhi oleh banyaknya bagian sisi aktif yang terkandung dalam resin dan kemampuan penukaran ionnya.

Kelebihan dan Kekurangan  Air Demineral

Air Murni atau demineral water sekarang ini menjadi salah satu jenis air yang direkomendasikan. Hal ini jelas bukan tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan demineral water yang perlu diketahui. Diantaranya yaitu

  • Bebas dari kandungan mineral berbahaya, sehingga aman dikonsumsi. Terlebih bila mengingat risiko mineral dalam air bila menumpuk dalam tubuh dapat memicu kerusakan organ dalam.
  • Air demineral Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu yang harus membatasi asupan mineral.
  • Air Demineral tidak memiliki kandungan magnesium dan kalsium, sehingga dapat digunakan sebagai umpan ke boiler tanpa perlu khawatir risiko ketel uap berkarat atau korosi.
  • Proses pemurnian pada air demineral yang relatif lebih mudah, dalam hal ini ada banyak cara yang bisa dilakukan.
  • Proses pemurnian menggunakan alat yang mana dalam proses instalasinya tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, terutama bila memilih demin system yang menggunakan ion exchange untuk menghasilkan air demineral.

 

Kekurangan

  • Air demin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kekurangan mineral karena dimungkinkan dapat memicu kekurangan mineral pada tubuh lebih parah.
  • Proses pemurnian membutuhkan biaya relatif lebih besar dan perawatan yang cukup rutin serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup cakap dan handal dalam perawatan mesin tersebut.

Air demineral didapatkan dari proses pemurnian. Proses pemurnian itu sendiri cukup bervariasi  seperti destilasi, reverse osmosis, deionisasi, dan proses setara lainya. Salah satu proses pemurnian menggunakan cara reverse osmosis, Reverse osmosis adalah teknologi pemurnian air yang menggunakan membran semipermeabel untuk memisahkan air dari kandungan mineral di dalamnya.

Proses pemisahan terjadi dengan menaikkan tekanan pada sisi umpan. Kemudian air dapat melewati membran, akan tetapi mineral-mineral tidak dapat melewati membran.

Air murni yang dihasilkan disebut sebagai permeate (produk) dan mineral yang tidak dapat melewati membran disebut dengan non-permeate, effluent atau concentrate.

Reverse osmosis secara efektif mampu menyingkirkan semua jenis bakteri dan virus. Besarnya pori dari membran Reverse osmosis mencapai 0.0001 Mikron (ukuran bakteria 0.2 sampai 1 Mikron, dan virus antara 0.02 sampai 0,4 Mikron).

Reverse osmosis mampu untuk menyingkirkan sebagian besar bahan kimia non organik seperti garam, metal, dan mineral.

Reverse osmosis  efektif untuk menyingkirkan kontaminan yang menyangkut kesehatan seperti arsenic, asbestos, atrazine (herbisida/pesticida), fluoride, lead, mercury, nitrate, dan radium, dan lain-lain.

Dengan kemampuannya tersebut, Reverse Osmosis merupakan teknologi pengolahan air yang sangat umum digunakan guna menghasilkan air yang berkualitas tinggi.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Air Demineral Dengan Proses Reverse osmosis, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *