Air Mineral Di Rebus Kembali, Apakah Tetap Aman Untuk Dikonsumsi?

 

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Di mana semua makhluk hidup membutuhkan air, untuk dikonsumsi agar bisa bertahan hidup.

Sedangkan tidak semua daerah di dunia ini bisa mendapatkan pasokan air bersih, yang siap untuk dikonsumsi.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan air bersih ini adalah dengan menghadirkan air minum dalam kemasan (AMDK) yang diolah dengan berbagai variasi teknologi filtrasi air dari berbagai sumber mata air.

Proses Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) harus melalui proses tahapan baik secara klinis maupun secara hukum, secara hygienis klinis biasanya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) disahkan menurut peraturan pemerintah memalui Departemen Badan Balai Pengawasan Obat Dan Makanan ( Badan POM RI) baik dari segi kimia , fisika, microbiologi, dll.

Di dalam lampiran Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 96/M-IND/PER/12/2011 menjelaskan tentang tahapan dalam proses produksi air mineral dalam kemasan.

Adapun proses Pengolahan air untuk menjadikan air siap dikemas dan dipasarkan secara umum, ada beberapa proses yang harus dilalui antara lain :

1. Proses Water Treatment System
2. Proses Water Sterilisasi
3. Proses Quality Control System
4. Proses Pengemasan ( Gallon, Bottle, Cup, dll)
5. Proses Pengepakan
6. Proses Distribusi

Air mineral dalam kemasan telah melalui beberapa proses sehingga aman untuk langsung dikonsumsi tanpa harus direbus kembali. Air mineral dalam kemasan yang dijual di pasaran juga telah memenuhi standar aman secara nasional.

Merebus air mineral pada dasarnya tidak memiliki bahaya bagi kesehatan. Namun, jika melakukan perebusan ulang air mineral dengan suhu tinggi dengan tujuan menghilangkan kuman di dalamnya.

Hal ini, justru dikhawatirkan dapat memicu munculnya zat berbahaya pada air mineral dalam kemasan. Kalau pun ingin merebus ulang air mineral dalam kemasan, usahakan proses merebusnya hingga batas suhu hangat tidak sampai pada suhu mendidih. Apalagi sampai memunculkan gelembung yang sangat banyak atau hingga air bergejolak oleh panas.

Jika merebus air hingga mendidih justru kemungkinan akan meningkatkan kadar zat beracun dalam air seperti nitrat, arsenin dan fluorida.

Sebaiknya air mineral dalam kemasan cukup menghangatkannya saja dan tidak sampai mendidih. Jika bertujuan untuk menghilangkan kuman di dalamnya.

Demikianlah Air Mineral Di Rebus Kembali, Apakah Tetap Aman Untuk Dikonsumsi? Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *