Begini Caranya Air Laut Agar Bisa Dikonsumsi

 

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Di mana semua makhluk hidup membutuhkan air, untuk dikonsumsi agar bisa bertahan hidup.

Menurut Dr. Neil Mcintyre dari Imperial College London, menerangkan bahwa bumi terdiri dari 98 persen air asin dan 2 persen air segar yang layak dikonsumsi. Pada angka 2 persen tersebut, 70 persennya adalah salju dan es, 30 persen air tanah, kurang dari 0,5 persen air sungai dan danau, dan kurang dari 0,05 persennya lagi berasal dari atmosfer. Sementara itu, satu-satunya sumber air bersih terjangkau yang bisa digunakan hanyalah air tanah.

Namun, tidak semua daerah di dunia ini bisa mendapatkan pasokan air bersih, yang siap untuk dikonsumsi.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, kebanyakan masyarakatnya tinggal di kawasan pesisir.

Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam mencari air yang bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Upaya untuk mencukupi pasokan air bersih terus diusahakan dengan berbagai cara, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan proses Desalinasi.

Desalinasi merupakan proses pengolahan air laut menjadi air tawar.

Proses desalinasi ini bertujuan untuk mengurangi kadar garam hingga pada level yang ditentukan.

Metode sederhana ini meliputi prinsip dasar yaitu dengan menggunakan metode penguapan dan pengumpulan.

Ada dua proses yang biasa digunakan pada metode Desalinasi, yaitu:

a). Multistage Flash Distillation System

Pada sistem ini, merupakan pengembangan dari sistem distilasi biasa, yaitu dengan cara air laut dipanaskan untuk menguapkan air laut tersebut, lalu uap air yang dihasilkan akan dikondensasi untuk mendapatkan air yang tawar lalu ditampung ditempat terpisah sebagai hasil dari sistem distilasi ini

Pada sistem ini, air laut dipanaskan secara berulang-ulang pada setiap tingkat distilasi dimana tekanan pada tingkat sebelumnya dibuat lebih rendah lagi dari tingkat berikutnya.

Evaporator atau penguap dibagi menjadi 5 tahapan evaporator. Setiap tahapan ruang yang terletak dibawah pemisah kabut dan bagian kondensornya yang terletak diatas pemisah kabut.

Air laut tersebut kemudian dialirkan dengan pompa ke dalam bagian kondensor melewati tabung penukar panas dan ini menyebabkan terjadinya pemanasan air laut oleh uap air yang terjadi dalam setiap flash chamber.

Setelah itu air laut dipanaskan dalam pemanas garam dan kemudian dialirkan ke dalam pemanas garam dan kemudian dialirkan lagi ke dalam flash chamber pada tahap pertama.

b). Reverse Osmosis System

Proses desalinasi menggunakan sistem Reverse Osmosis System, proses ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan sistem Reverse Osmosis yang digunakan untuk memurnikan air tawar.

Pada sistem Reverse Osmosis System yang digunakan dalam proses pemurnian air tawar, pada proses pemurnian air tawar diperlukan pengolahan awal sebelum diteruskan ke bagian sistem Reverse Osmosis karena air masih mengandung mineral, plankton dan zat yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Pada proses Reverse Osmosis untuk air laut, air laut akan disalurkan menuju membran Reverse Osmosis dengan menggunakan pompa yang bertekanan tinggi sekitar 55 dan 85 bar, tergantung pada suhu dan kadar garamnya.

Selanjutnya air tawar akan dialirkan pada tahapan post treatment untuk diolah kembali agar sesuai dengan standar yang ditentukan.

Jadi, dalam proses pengolahan air dengan menggunakan sistem Desalinasi merupakan proses menghilangkan kadar garam yang berlebih yang terkandung di dalam air laut. Pengolahan air dengan sistem Desalinasi menghasilkan air yang bisa dikonsumsi dan tidak membahayakan untuk kesehatan.

Demikian penjelasan tentang cara mengolah air laut agar bisa dikonsumsi, semoga artikel ini dapat membantu anda, dan semoga bisa menjadikan referensi. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *