Cara Pilih Mesin Packing Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Saat membeli suatu produk makanan maupun minuman, tentunya hal pertama yang Anda perhatikan adalah bagian kemasannya. Packing atau kemasan pada sebuah produk memanglah harus terlihat indah dan menarik untuk dibeli. Hal tersebut dimaksudkan agar para konsumen tertarik untuk membeli produk yang telah dipasarkan. Tentunya membuat para pemilik usaha harus jeli dalam memilih mesin pengemas untuk kemasan produknya. 

Sebenarnya sejak dahulu kemasan telah ada,  material kemasan yang digunakan dari lingkungan sekitar. Seperti daun-daunan, pelepah jagung dan masih banyak lainnya. Tetapi kemasan ini dinilai kurang efektif dan efisien bila digunakan untuk menjaga kondisi suatu produk dalam periode waktu tertentu.

Seiring dengan kemajuan zaman dan berkembangnya teknologi saat ini, tentunya kian maju juga berbagai jenis media kemasan yang ada. Tentunya para pemilik bisnis di bidang produksi sudah tidak asing dengan yang namanya mesin industri terlebih menyangkut hal pengemasan. 

Definisi Mesin Packing 

Mesin pengemas atau yang biasa disebut dengan mesin packing, merupakan salah satu mesin yang banyak ditemui pada tempat-tempat produksi usaha. Alat ini sangat membantu dalam menjaga dan melindungi sebuah produk entah makanan atau barang apapun. Segala sesuatu produk yang ada di dunia pastinya perlu dijaga kondisi barang atau produknya. 

Dalam Proses mesin packing mencakup banyak proses pengemasan: fabrikasi, pembersihan, pengisian, penyegelan, penggabungan, pelabelan, overwrapping, pembuatan palet.

Manfaat dan Fungsi Mesin Packing

Dengan penggunaan mesin pengemas, dapat berguna untuk melindungi suatu produk dari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca ataupun pergesekan dengan dunia luar. Selain berguna untuk menjaga sebuah produk yang berada di dalam, kemasan juga dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Dengan begitu membuat produk siap untuk dipasarkan. Berikut manfaat dan fungsi dengan adanya mesin packing, antara lain :

  1. Dapat meningkatkan penjualan, dengan kemasan yang bagus, unik dan menarik membuat konsumen lebih tertarik dan berkeinginan untuk membeli produknya.
  2. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Mesin pengemasan mesin penyegel blister geser jauh lebih cepat daripada pengemasan manual. Salah satu contoh bagusnya adalah mesin pengemas permen. Di sini, ratusan hingga ribuan permen bisa dibungkus dalam hitungan menit.
  3. Pastikan kualitas kemasan. Pengemasan mekanis sangat penting untuk barang ekspor untuk mencapai pengemasan yang konsisten.
  4. Kurangi biaya pengemasan dan hemat biaya penyimpanan untuk produk lepas, seperti kapas, tembakau, sutra, linen, dll., Hanya dengan menggunakan pengemasan kompresi.
  5. Menjamin kebersihan produk secara andal dengan menghilangkan kontak tangan dengan makanan dan obat-obatan.
  6. Melindungi pekerja dari efek kesehatan yang dibawa oleh debu, produk beracun / berbahaya dan mencegah kontaminasi lingkungan.
  7. Apabila Anda menggunakan mesin packing plastik, ada sebuah tombol emergency yang mana berguna apabila terjadi sebuah konslet listrik. Selain itu bahannya yang terbuat dari stainless, sehingga tidak mudah membuat alat ini mengalami perkaratan.
  8. Membuat sebuah produk menjadi lebih aman dan awet.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mesin Kemasan

Memilih mesin pengemasan mencakup penilaian kemampuan teknis, persyaratan tenaga kerja, keselamatan pekerja, pemeliharaan, kemudahan servis, Ketahanan Mesin, kemampuan untuk berintegrasi ke dalam jalur pengemasan, biaya modal, ruang lantai, fleksibilitas (pergantian, bahan, banyak produk, dll.), kebutuhan energi, kualitas paket keluar, kualifikasi (untuk makanan, farmasi, dll.), keluaran, efisiensi, produktivitas, ergonomi, laba,  dll.

Mesin harus kompatibel dengan kondisi pengoperasian yang diharapkan. Misalnya, pengoperasian suhu dingin memerlukan pertimbangan khusus. Beberapa industri harus melakukan pencucian berkala terhadap semua peralatan. Pencucian bahan kimia bertekanan tinggi ini memberikan tuntutan khusus pada mesin dan sistem kontrol. Kondensasi dalam bagian mesin yang tertutup juga bisa menimbulkan masalah.

Jenis – Jenis Mesin Packing dan Kegunaannya

Dalam proses pengemasan, tentunya harus menggunakan atau memakai mesin pengemas yang sesuai. Entah itu mesin packing plastik atau bahkan mesin packing kardus. Tentunya alat ini, memiliki berbagai macam jenis dengan kegunaannya yang berbeda pada setiap jenisnya. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai jenis alat pengemas yang ada di dalam industri rumahan hingga pabrikan, diantaranya :

1. Foot Sealer dan Hand Sealer

Untuk jenis yang pertama yaitu foot sealer dan hand sealer. Penggunaan kedua alat ini memiliki banyak kesamaan, hanya saja berbeda dengan metode pengoperasiannya. Hand sealer memiliki bentuk yang tergolong lebih kecil dalam dunia pengemasan. 

Bedanya dengan foot sealer adalah ia memiliki dimensi dengan tinggi kurang lebih 60 cm. Biasanya digunakan untuk mesin packing plastik seperti mengemas jajan, snack atau bahkan obat-obatan. 

2. Mesin Pencetak Kode

Mesin Pencetak Kode berguna untuk mencetak atau membuat sebuah kode produksi, kadaluarsa atau bahkan kode-kode lainnya. Hal ini berfungsi sebagai mekanisme properti dalam kemasan.  

3. Alat Strapping

Strapping merupakan mesin yang menggunakan pita plastik sebagai bahan pembungkusnya. Umumnya berada pada pengepakan seperti bidang medis, publikasi, logistik, pos atau bahkan perbankan.

4. Mesin Vakum

Mesin packing plastik ini sangat berguna dalam perlindungan makanan serta kualitas yang disajikan. Alat ini umumnya menyedot udara yang seandainya ada di dalam plastik kemasan. Kemudian mesin ini langsung menutup atau menyegel agar kemasan dapat kedap udara.

5. Carton Sealer

Mesin carton sealer bekerja untuk mengemas produk atau barang yang menggunakan karton atau kardus kemudian secara otomatis mesin ini akan menyegelnya dengan baik. Sebagai contoh seperti peralatan, bahan makanan atau bahkan bahan minuman yang berada di dalam box kardus. 

6. Mesin Shrink

Kegunaan mesin ini hampir sama dengan carton sealer. Bedanya alat atau mesin ini setelah menyegel atau menutup box yang berisi sebuah produk, kemudian langsung membungkusnya dengan material plastik. 

Mesin Shrink biasanya digunakan untuk merekatkan plastik jenis POF, PVC dan PP. Mesin ini banyak digunakan di industri AMDK untuk merekatkan plastik di kepala botol produk. Selain itu, mesin ini juga di pakai di produksi rokok untuk merekatkan plastik di kemasan rokok serta pada industri buku untuk merekatkan plastik pada buku baru yang dijual.

7. Mesin Seal Cut

Berbeda dengan mesin pengemas lainnya, alat ini telah dilengkapi berusa alat pemotong. Yang mana berguna apabila hasil pengemasan tidak maksimal dan biasanya digunakan pada pengemasan buku ataupun kertas. 

8. Cup Sealer

Mesin Cup Sealer berguna untuk memberikan tutup pada gelas cup dengan menggunakan metode sealer atau segel rekat. Umumnya alat ini banyak digunakan oleh mereka para penjual minuman. 

9. Mesin Induksi

Pada umumnya, alat ini digunakan untuk mengemas bahan penutup berupa alumunium. Sebagai contohnya digunakan pada tutup botol minuman kesehatan, botol susu dan masih banyak lainnya.

10. Mesin Tutup Botol

Mesin tutup botol berfungsi untuk mencuci, mengisi sekaligus menutup botol secara otomatis dan tanpa tersentuh tangan. Proses cepat dan steril. 

Mesin ini sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk seluruh kemasan botol. Sebagai contohnya, botol minuman berenergi, botol obat, botol air mineral dan masih banyak botol jenis lainnya.

11. Horizontal dan Vertical Packaging

Mesin Packing Horizontal ini digunakan untuk pengepakan dengan pola horizontal. Biasanya untuk produksi roti dan produk dalam dimensi besar. Mesin Packing Horizontal ini handal sekali digunakan dan hasilnya sangat optimal.

Mesin ini cocok bagi anda pengusaha roti , mie instan , mie keriting , pengemas wafer, biscuit, roti, , camilan, obat nyamuk , dll.

 

12. Pallet Wrapper

Mesin palet satu ini adalah salah satu mesin yang berguna untuk membungkus pallet wrapping. Umumnya alat ini membungkus menggunakan metode stretch plastik. Mesin packing plastik ini dapat melindungi produk dengan sangat aman. 

13. Mesin Packing Stick

Bila Anda mengetahui bentuk kopi kemasan dengan bentuk memanjang, maka kemasan tersebut menggunakan mesin packing plastik stick. Dengan model yang sangat praktis, tentunya membuat para konsumen tertarik untuk membelinya. Kemasan ini juga memiliki kelebihan berupa eco-friendly, karena menggunakan bahan yang lebih sedikit.

Itulah pembahasan mengenai mesin packing yang ada di dunia industri saat ini. Kini alat ini, telah hadir dengan berbagai macam dan pastinya memiliki fungsi kegunaannya masing-masing. Dengan adanya mesin ini tentunya, memberikan kemudahan bagi para pemilik usaha. Berguna untuk melindungi sebuah produk dari hal-hal yang berpotensi merusak kualitas produk tersebut. 

Negara Indonesia memiliki beberapa hal yang harus dicantumkan di kemasan makanan dan minuman. Jika hal ini tidak dipenuhi, maka kemasan tersebut tidak memenuhi peraturan dari BPOM yang tercantum di dalam CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik).

Demikian artikel dari bosspacking tentang Cara Pilih Mesin Packing Yang Tepat Untuk Bisnis Anda, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *