Negara – Negara dengan Kualitas Air Keran yang Bisa Langsung Diminum

Menurut banyak ahli, sebagaimana dilansir Business Insider, manusia mungkin tetap hidup meski tidak makan sama sekali selama tiga minggu tapi bakal hanya bisa bertahan 3-4 hari tanpa air. Makanya, memiliki air minum yang bersih dan aman adalah prioritas utama bagi semua orang di dunia tanpa terkecuali. Mulai dari air yang masih harus dimasak, langganan galon, atau mempunyai sistem filter air yang canggih, tiap orang punya caranya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan air minumnya.

Air minum bersih merupakan syarat utama dari air yang kita minum dan masuk ke dalam tubuh serta dipakai untuk bagian luar tubuh. Sementara itu, sanitasi merupakan perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Air minum bersih dan sanitasi yang baik tentunya akan membuat manusia terhindar dari penyakit maupun kematian.

Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa, enaknya air yang mengalir dari keran itu bisa langsung diminum lho. Soalnya sudah ada saluran air bersih yang disalurkan ke seluruh wilayah negaranya. Di kawasan Asia, ada juga beberapa negara yang seperti itu. Semoga pemerintah kita juga punya rencana bikin program air kayak gini ya, biar nggak perlu masak air atau beli air kemasan. Nah dimana aja sih ada air keran yang bisa langsung diminum? Yuk simak bersama!

Jerman

Pasokan air di Jerman memang sengaja diproduksi dengan kualitas baik. Hal itu sudah menjadi kewajiban negara ini untuk memberi fasilitas sanitasi bagi masyarakatnya. Tak perlu khawatir untuk pasokan air minum atau air untuk memasak jika Anda bertandang ke Jerman. Pasalnya, berdasarkan survei terbaru, 92 persen masyarakatnya puas dengan pelayanan dan kualitas air minum mereka.

Kanada

Kanada tidak hanya terkenal dengan negara terbersih di dunia, tapi juga terhadap kualitas air minumnya. Pemerintah setempat terus berkomitmen untuk menjaga kualitas air minum bagi rakyatnya. Negara ini juga punya pedoman yang cukup ketat untuk mendirikan produsen air minum bagi perusahaan swasta dan komersil.

Swedia

Swedia adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk dapat menemukan air bersih. Ada dua pabrik pengolahan air di Norsborg dan Lovo yang menggunakan teknologi terbaru untuk pengolahan air.

Inggris

Inggris punya standar tinggi akan kualitas air dan sistem air keran. Negara ini punya kebijakan tersendiri akan kualitas air bersih. Mereka selalu memastikan bahwa produksi air dan standarisasi kualitas air minum itu berdasarkan standar Uni Eropa dan atas saran Organisasi Kesehatan Dunia juga.

Swiss

Merupakan sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Swiss memiliki populasi sekitar 8.09 juta jiwa dan luas wilayah 39,516 km persegi. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 99.93 dengan rincian:

  • Sanitasi: 99.93
    Kualitas air minum: 99.86

Nilai EPI yang diperoleh adalah 86.93 dan menempati posisi ke 16.

Austria

Negara yang terkenal dengan musik klasiknya ini merupakan sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna. Austria memiliki luas wilayah sekitar 82,409 km persegi dan populasi sejumlah 8.48 juta jiwa. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Nilai EPI yang diperolehnya adalah 86.64 dan menempati posisi ke 18.

Malta

Merupakan sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Letaknya yang strategis telah menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Sejak 1993, Malta terbagi menjadi 68 dewan kota (local council), kebanyak dari penduduk Malta adalah Keturunan Italia dan Libya, hampir 98% dari total penduduk menganut agama Gereja Katolik Roma. Malta memiliki luas wilayah sekitar 320 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 0.42 juta jiwa. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Nilai EPI yang diperoleh adalah 88.48 dan menempati posisi ke 9.

Siprus

Merupakan sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah. Ibu kotanya adalah Lefkosia (Nikosia). Kota penting lainnya adalah Lemesos (Limassol), Larnaca, Paphos, Ammochostos (Famagusta), dan Kyrenia. Siprus memiliki populasi 1.14 juta jiwa dan luas wilayah sekitar 9,240 km persegi. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Nilai EPI yang diperoleh adalah 80.24 dan menempati posisi ke 40.

Singapura

Merupakan sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometre (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura memiliki luas wilayah sekitar 700 km persegi dan jumlah penduduk 5.40 juta jiwa. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
    Kualitas air minum: 100
  • Nilai EPI yang diperoleh adalah 87.04 dan menempati posisi ke 14.

Di Asia, hanya Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Brunei Darussalam yang air kerannya bisa langsung diminum

Jepang

Merupakan sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan. Jepang memiliki luas wilayah sekitar 21,640 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 8.06 juta jiwa. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Nilai EPI yang diperoleh adalah 80.59 dan menempati posisi ke 39.

Australia

Merupakan sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetangga dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara. Australia memiliki populasi sekitar 23.13 juta jiwa dan luas wilayah sekitar 7,682,300 km persegi. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Sementara nilai EPI yang diperoleh adalah 87.22 dan menempati posisi ke 13.

New Zealand

Merupakan sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik; kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman; dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Negara ini terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. New Zealand memiliki luas wilayah sekitar 263,310 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 4.44 juta jiwa. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

 

Nilai EPI yang diperoleh adalah 88.00 dan menempati posisi ke 11. Meskipun Australia dan New Zealand termasuk negara dengan air keran yang aman buat diminum, tapi pulau-pulau kecil disekitarnya masih belum termasuk lho

 

Spanyol

Merupakan sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah. Spanyol memiliki populasi sekitar 46.62 juta jiwa dan luas wilayah sekitar 498,800 km persegi. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 99.93 dengan rincian:

  • Sanitasi: 99.93
  • Kualitas air minum: 99.86

Nilai EPI yang diperoleh adalah 88.91 dan menempati posisi ke 6.

Kosta Rika

Kosta Rika juga punya air keran dengan kualitas baik. Hampir terbukti bahwa air keran di negara ini sangat sedikit tercemar bakteri. Mereka punya standar sendiri dalam produksi air bersih.

Israel

Merupakan sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia. Perolehan skor air dan sanitasinya adalah 100 dengan rincian:

  • Sanitasi: 100
  • Kualitas air minum: 100

Nilai EPI yang diperoleh adalah 78.14 dan menempati posisi ke 49.

 

Itulah negara – negara dengan akses air minum dan sanitasi di dunia berdasarkan data hasil penelitian EPI 2016. Indonesia sendiri pada kategori ini menempati posisi ke 104 dengan perolehan skor 74.66 berada jauh dibawah dibandingkan dengan Malaysia yang ada di posisi ke 47 dengan skor mencapai 91.22.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Negara – Negara dengan Kualitas Air Keran yang Bisa Langsung Diminum, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *