Tau Gak Sih !! PH Air Yang Terlalu Tinggi Berbahaya Bagi Tubuh Kita

PH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat. Jadi air dengan pH lima sepuluh kali lipat lebih asam daripada air dengan pH enam.

Kadar pH dalam air sangat dipengaruhi oleh kandungan kimia di dalamnya. Oleh karenanya, pH sering digunakan sebagai indikator apakah air tersebut mengalami perubahan kimiawi atau tidak. Air dengan pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, masing-masing memiliki efek samping. Air yang sangat asam dapat menimbulkan korosi atau bahkan menghancurkan logam. Sedangkan air yang terlalu basa biasanya terasa pahit dan dapat menimbulkan endapan yang melapisi pipa dan alat perkakas.

Kadar pH air minum umumnya adalah 6 sampai 7. Namun ada juga air minum dengan tingkat pH yang lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9. Air minum seperti ini disebut juga sebagai air alkali. Beberapa orang percaya bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh.

Belakangan ini banyak dijual di masyarakat air alkali dengan kandungan pH yang tinggi hingga lebih dari  9 dalam berbagai merek. Bila dikonsumsi secara teratur, air tersebut diklaim dapat menyeimbangkan kelebihan asam pada tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti stroke, asam urat, ginjal, liver, darah tinggi, kolesterol, diabetes, masalah asam lambung, kanker, tumor, menyehatkan kulit, dan lain-lain.

Nilai pH (potensial hidrogen) adalah tolak ukur keseimbangan kadar asam dan basa dalam darah. Dilansir dari Medicine Net, pH tubuh dalam keadaan normal idealnya berkisar pada rentang netral-cenderung basa, yaitu sekitar 7.35 sampai 7.45. Kadar pH yang kurang dari 7 dikatakan bersifat asam dan jika lebih dari 7 sudah tergolong basa.

Tubuh menjaga kadar pHnya dengan bantuan ginjal dan paru-paru untuk mengatur kadar bikarbonat. Bikarbonat digunakan sebagai pelindung jika tiba-tiba pH mengalami perubahan.

Ginjal berperan untuk mengubah jumlah asam dan basa yang ada di dalam tubuh, sementara pusat pernapasan di dalam otak mengatur paru-paru untuk mengendalikan jumlah karbondioksida yang Anda keluarkan saat bernapas. Gangguan pada salah satu atau ketiga faktor penyeimbang pH tubuh ini akan membuat sifat darah menjadi terlalu asam atau terlalu basa.

Anda bisa menguji kadar pH Anda secara teratur dengan menggunakan selembar kertas lakmus yang diteteskan air liur atau urin Anda di pagi hari sebelum makan atau minum apapun. Warna kertas akan berubah tergantung kadar pHnya. Sebagai contoh, warna merah menunjukkan pH 2; Ungu menunjukkan pH 4; Violet menunjukkan pH 6; Biru menunjukkan pH 8; Biru-hijau menunjukkan pH 10; Hijau-kekuningan menunjukkan pH 12.

Kadar pH tubuh sebaiknya harus selalu berada di rentang yang ideal. Jika kondisi cairan tubuh terlalu asam atau terlalu basa, hal ini akan berdampak pada fungsi organ tubuh dan kerja metabolisme tubuh. Sebab, organ-organ tubuh Anda hanya bisa berfungsi pada kondisi pH tertentu.

Jika cairan tubuh terlalu asam

Jika cairan tubuh terlalu asam akibat penyimpanan dan produksi asam terlalu banyak, atau tidak memiliki cukup cairan dengan kadar basa untuk menyeimbangkan asam tersebut, Anda akan memasuki fase asidosis. Gejala umumnya yakni:

  • Mual dan muntah
  • Kebingungan
  • Sakit kepala
  • Sulit bernapas (napas pendek dan cepat)
  • Sangat mudah lelah
  • Sakit kuning (kulit dan bagian putih mata berubah menguning)
  • Peningkatan denyut jantung
  • Nafsu makan berkurang
  • Napas berbau khas asam buah-buahan, menandakan terjadinya ketoasidosis
  • Mudah mengantuk

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami asidosis, di antaranya:

  • Konsumsi tinggi lemak dan terlalu sedikit konsumsi karbohidrat
  • Mengalami penyakit gagal ginjal
  • Mengalami obesitas
  • Mengalami dehidrasi
  • Mengalami keracunan senyawa alkohol methanol dan aspirin
  • Mengalami diabetes

Sebagian besar kasus asidosis tidak berbahaya. Namun dalam beberapa kasus tertentu, kondisi ini dapat membahayakan nyawa. Terlebih jika tubuh sudah memasuki fase ketoasidosis.

Jika kadar cairan tubuh terlalu basa

Sedikit saja nilai pH tubuh mengalami kenaikan dari batas idealnya, sifat darah cenderung lebih basa. Hal ini akan mengganggu keseimbangan mineral kalium dalam tubuh dan kalsium darah. Kondisi peningkatan kadar basa dikenal dengan istilah alkalosis.

Gejala yang timbul akibat alkalosis dapat bervariasi. Dalam jangka pendek, cairan tubuh yang terlalu basa dapat menyebabkan mual, kram dan nyeri otot, otot kedutan, tangan tremor, pingsan, serta sensasi mati rasa di sekitar wajah, tangan dan kaki.

Jika tidak diatasi atau dibiarkan bertambah parah, alkalosis dapat menyebabkan pusing, detak jantung tidak teratur (aritmia), kesulitan bernapas, merasa kebingungan, kesulitan memproses informasi (stupor), bahkan koma.

Penyebab alkalosis pun juga bervariasi. Umumnya peningkatan kadar basa tubuh disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, misalnya demam, hiperventilasi, kekurangan oksigen, penyakit paru dan liver, diare, muntah-muntah atau berkeringat terlalu banyak, penyakit ginjal, hingga gangguan kelenjar adrenal. Alkalosis juga bisa timbul sebagai efek samping obat-obatan tertentu, misalnya obat pencahar, keracunan salisilat, obat diuretik, hingga efek samping dari konsumsi alkohol berlebihan.

Untuk menjaga gaya hidup sehat kita hanya perlu istirahat yang cukup, olahraga teratur, mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, banyak mengkonsumsi ikan, buah dan sayur, serta jauhi stress. Tidak perlu mengkonsumsi air minum dengan kadar pH-nya tinggi,Yang penting cukup minum sekitar delapan gelas per hari.

Demikian artikel dari bosspacking tentang bahaya dari kadar PH yang terlalu tinggi untuk kesehatan, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *