Tips Menjernihkan Air Sumur Di Rumah Anda

Apa Air sumur di rumah anda terkena polusi tanah ? Sehingga mengakibatkan Air sumur di rumah anda menjadi kuning, bau, keruh, dan menyebabkan gatal-gatal? 

Air sumur yang kotor serta memiliki endapan yang cukup serius dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Semua ini disebabkan oleh adanya kadar mangan (Mg) dan zat besi (Fe) yang berlebihan. Senyawa-senyawa ini juga yang mengakibatkan penyumbatan pada  area pipa sumur. Sehingga mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar.

Karena penyebab terjadinya penyumbatan, maka pipa akan menjadi lebih mudah berlumut dan air yang keluar dari keran rumah pun tidak akan menghasilkan air yang jernih. Hal ini tentu saja akan membahayakan kesehatan anda.

Berikut adalah cara menjernihkan air sumur dan permasalahan air sumur yang sering ditemukan di banyak rumah.

1. Masalah Air Sumur Keruh

Perubahan musim memang sangat berpengaruh terhadap kondisi air sumur Anda. Kekeringan yang terjadi pada sumur saat musim kemarau dan kotornya air sumur saat musim hujan dapat membuat filter air sumur tidak berfungsi sehingga air pun keruh. Anda tidak perlu kebingungan ketika melihat air sumur anda menjadi kotor.

Pada dasarnya, di saat hujan deras, tanah di sekitaran sumur menjadi basah dan mengalir ke dalam sumur sehingga sumber air bersih Anda pun akan bercampur dengan lumpur. Air lumpur yang mengalir ke dalam sumur membawa material tanah yang membuat sumur Anda menjadi keruh.

Cara Menjernihkan Air Sumur Keruh

Untuk mengatasi masalah air sumur yang keruh adalah dengan menggunakan ijuk. Anda hanya perlu meletakkan ijuk pada dasar sumur Anda. Ijuk bersih yang dipaparkan di dasar sumur akan berfungsi sebagai saringan sumur. Sebagai tambahan, letakkan tumpukan batu kerikil pada hamparan ijuk untuk proses penyaringan yang lebih baik.

2. Masalah Air Sumur Yang Bikin Gatal

Air sumur yang sudah kotor dan terkontaminasi dapat menyebabkan iritasi pada kulit manusia. Permasalahan ini sulit di deteksi karena air yang mengalir melalui keran kerap terlihat jernih walaupun sumur sudah terkontaminasi. Hal ini dapat disebabkan oleh zat mineral berbahaya yang terbawa oleh air hujan, zat kimia, atau aktifitas biologis lainnya yang terjadi pada sumur anda.

Apabila Anda merasakan gatal-gatal setelah mandi, cuci tangan, atau melakukan kegiatan lain yang mengandalkan air sumur, segeralah lakukan pemeriksaan pada sumur Anda. kemungkinan ada senyawa berbahaya yang mengendap di sumur, hingga bakteri-bakteri itu muncul dan mencemari air sumur anda.

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Bikin Gatal

Sebelum Anda melalukan sebuah tindakan, alangkah baiknya melakukan uji kelayakan air terlebih dahulu, apabila penyebabnya adalah air serapan yang mengendap, Anda bisa menggunakan pasir silika.

Pasir silika berfungsi sebagai pembersih material dan senyawa buruk yang menyebabkan iritasi pada kulit kita.  Buatlah saringan dengan menggunakan material dari pasir silika pada sebuah tabung untuk menyaring air sumur tersebut. Kemudian anda lakukan pengujian ulang terhadap air sumur Anda pada kaki atau tangan, jika masih gatal, ini artinya air sumur Anda terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia.

Untuk solusinya, Anda bisa membangun saringan menggunakan material dari bahan karbon aktif sebagai pembantu saringan pasir silika. Bahan kimia yang mencemari air akan dilepaskan oleh saringan karbon aktif yang kemudian akan mengalir pada saringan pasir silika.

3. Masalah Air Sumur Kuning dan Bau

Penyebab air sumur yang menguning dan berbau dikarenakan adanya senyawa zat besi dan kadar mangan yang berlebihan pada sumur anda.

Terkadang, senyawa tersebut tidak hanya membuat warna air sumur menjadi kuning, tetapi juga coklat ke merah-merahan, seperti warna air berkarat.

Jangan heran ketika air yang keluar dari keran tetap terlihat jernih walaupun air sumur Anda sudah kuning, ini bukan berarti Anda tidak harus membersihkannya dengan segera.

Air yang keluar dari keran akan terlihat jernih karena zat besi yang masih larut dan tidak terlihat.

Apabila Anda memilih untuk membuat bak penampungan, campurkan tawas dengan air terlebih dahulu dan tuangkan larutannya ke dalam botol bekas berurutan sedang yang sudah diberi lubang kecil.

Lubang kecil tersebut akan menjadi sarana campuran tawas menetes ke dalam bak penampungan.

Setelah itu, buat lubang pada bak penampungan Anda sehingga air bersih dapat mengalir dengan lancar.

Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Kuning Dan Bau

1. Menggunakan Tawas

Tawas memiliki bentuk yang hampir sama dengan gula batu, yang membedakan hanyalah warnanya yang bening transparan.

Untuk mengaplikasikannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan sekitar 1 kg tawas.
  2. larutkan tawas tersebut di sebuah wadah berisi air.
  3. Tuangkan larutan tersebut ke dalam sumur yang bermasalah.

Jika air tidak kunjung jernih, kamu bisa menambah jumlah tawas.

2. Menggunakan Ijuk

Inilah beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Siapkan ijuk berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 1 meter
  2. Ambil 5 rangkaian ijuk, tumpuk, dan jalin kelima ijuk tersebut dengan tali yang dilengkapi pemberat.
  3. Masukkan rangkaian tersebut ke dalam sumur hingga ke dasar dengan bantuan bambu panjang.
  4. Gunakan batu agar rangkaian tersebut tidak mengapung.

Cara yang satu ini membutuhkan waktu yang lebih lama hingga dampaknya benar-benar terasa.

3. Menggunakan Arang

Kandungan yang terdapat pada arang tempurung kelapa ternyata bisa mengikat kotoran pada air sehingga air akan terlihat lebih jernih. Kandungan karbon aktif yang membuat air sumur anda menjadi lebih jernih.

Inilah langkah-langkah sederhana yang harus kamu lakukan:

  1. Siapkan arang tempurung kelapa.
  2. Bungkus dengan menggunakan kain.
  3. Masukkan ke dalam sumur.

Sebelum memasukkan arang tempurung kelapa, pastikan agar kamu memasukkan takaran yang sesuai agar air sumur bisa kembali jernih.

4. Menggunakan Filter Air Buatan

Filter air biasa digunakan untuk menyaring air keran agar bisa dikonsumsi.

Banyak filter air yang berfungsi untuk melenyapkan tanah, kotoran, dan bakteri yang terkandung dalam air.

Jika kamu mengaplikasikan filter yang mengandung arang, bau dan rasa aneh yang kamu temukan pada air akan segera hilang.

Apabila masalah yang kamu hadapi adalah air berwarna atau bau besi yang menyengat, kamu bisa memilih filter yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

Adapun beberapa bahan yang perlu digunakan untuk membuat filter air buatan ialah:

  • Ijuk
  • Batu kali ukuran kecil
  • Batu kerikil
  • Pasir bersih.

5. Menggunakan Mesin Filter Air

Selain membuat sendiri penyaring air sederhana, kamu juga bisa langsung membeli mesin filter air.

Air yang telah dipompa dari sumur akan disaring dulu sehingga menghasilkan cairan yang lebih berkualitas, bersih, dan tak berbau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *