Yuks… !! Kenali Jenis Air Tanah Dan Bagaimana Cara Melestarikannya

 Air tanah merupakan sumber persediaan air yang sangat penting, terlebih di kawasan yang musim kemaraunya terbilang ekstrim hingga menghentikan aliran sungai. Bahkan, banyak sungai di permukaan tanah yang sebagian besar alirannya berasal dari air tanah.

Air tanah merupakan segala bentuk aliran air yang mengalir dibawah permukaan tanah sebagai akibat struktur perlapisan geologi, beda potensi kelembaban tanah, dan gaya gravitasi bumi.

Air yang berada di bawah permukaan bumi ini dapat dikumpulkan dengan sumur-sumur, sistem drainase, atau dengan pemompaan. Selain itu, air tanah dapat juga mengalir secara alami ke permukaan melalui pancaran atau rembesan.

Pembentukan air tanah sendiri mengikuti siklus air di bumi yang disebut daur hidrologi, yakni proses alamiah yang berlangsung pada air di alam, yang mengalami perpindahan tempat secara berurutan dan terus menerus.

Kualitas air tanah dipengaruhi oleh tiga komponen yaitu: material (tanah dan batuan) yang mengandung atau yang dilewati air tanah, macam aliran dan proses perubahan akibat dari pencemaran yang sesuai dengan hukum fisika, kimia dan biologi. Oleh karena itu kualitas air tanah dapat berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain. 

Kekeruhan dan warna air tanah dapat terjadi karena adanya zat-zat koloid berupa zat-zat yang terapung serta terurai secara halus sekali, kehadiran zat organik, lumpur atau karena tingginya kandungan logam besi dan mangan. Kehadiran amoniak dalam air bisa berasal karena adanya rembesan dari lingkungan yang kotor, dari saluran air pembuangan domestik. Amoniak terbentuk karena adanya pembusukan zat organik secara bakterial atau karena adanya pencemaran pertanian. 

Dalam melakukan eksploitasi air tanah tidak boleh terlalu berlebihan dan harus mempertimbangkan keseimbangan, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar seperti intrusi air laut, pencemaran akuifer, dan penurunan muka tanah (land subsidence). 

Jenis-Jenis Air Tanah

Air tanah juga dapat dikelompokkan berdasar letak dan asalnya. Berdasar letaknya, air tanah dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu air tanah freatik dan air tanah dalam (artesis).

Air tanah freatik merupakan air tanah dangkal yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air (impermeable). Contohnya, air sumur yang terletak di antara air permukaan dan lapisan kedap air. 

Sedangkan, air tanah dalam atau artesis merupakan air tanah dalam yang terletak di antara lapisan akuifer dengan lapisan batuan kedap air.

Sedangkan berdasarkan asalnya, air tanah dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu air tanah meteorit (Vados), air tanah baru (Juvenil), dan air konat. 

Vados merupakan air yang berasal dari proses presipitasi (hujan) dari awan yang mengalami kondensasi bercampur debu meteorit. Juvenil merupakan air yang terbentuk dari dalam bumi karena intrusi magma. Sedangkan, Konat merupakan air yang terjebak pada lapisan batuan purba.

Banyaknya Manfaat dari  Air Tanah

Banyak manfaat air tanah bagi kehidupan makhluk hidup. Bukan hanya manusia yang memanfaatkan air tanah, tetapi juga tumbuhan dan hewan. 

Bagi manusia sendiri, air tanah biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, misalnya untuk mandi, air minum, dan sebagainya. 

Air jenis ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk kepentingan rumah tangga maupun untuk kepentingan industri. Di beberapa daerah, bahkan ketergantungan pasokan air bersih dan air tanah telah mencapai ± 70%. 

Berikut beberapa manfaat air tanah untuk kehidupan kita:

  1. Kebutuhan rumah tangga (mandi, mencuci, memasak, dan minum)
  2. Irigasi (sumber air bagi pertanian)
  3. Perindustrian, yaitu dimanfaatkan sebagai sumber air industri, misalnya industri tekstil dimanfaatkan untuk pencelupan, industri kulit untuk membersihkan kulit, dan lain-lain.
  4. Merupakan bagian yang penting dalam siklus hidrologi, menyediakan kebutuhan air bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan, dan merupakan persediaan air bersih secara alami.
  5. Pembangkit listrik, seperti di salah satu pedukuhan kecil kawasan karst Gombong Selatan, sungai bawah tanah digunakan sebagai sumber pembangkit listrik dengan distribusi pembagian jumlah daya yang mereka kelola sendiri. 
  6. Sebagai laboratorium alam, karena sungai bawah tanah memiliki biota, sistem hidrologi, dan unsur lain yang spesifik.
  7. Untuk wisata dan olahraga ekstrim seperti caving, cave diving, dan black water rafting.

Tips Menjaga Air Tanah Tidak Tercemar

Di Indonesia Banyak rumah yang menggunakan air tanah sebagai menyuplai kebutuhan air untuk berbagai aktivitas rumah tangga. Namun kendalanya, tidak selamanya air tanah itu bersih dan layak pakai.

Karena berasal dari dalam tanah, sumber air ini dapat tercemar juga karena adanya pencemaran tanah. Terkadang air menjadi kotor, berbau, dan berwarna kekuningan sehingga tidak baik untuk tetap digunakan.

Oleh sebab itu, untuk menjaga air tanah di rumahmu bebas dari pencemaran, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti di bawah ini:

  1. Buatlah lubang biopori dan sumur resapan di halaman rumah sehingga air hujan bisa meresap ke dalam tanah dengan lebih lancar.
  2. Kurangi mencuci baju dengan detergen karena bisa limbah detergen yang terserap ke dalam tanah bisa memperburuk kualitas air tanah.
  3. Jangan menggunakan zat kimia iksektisida di taman atau halaman rumah untuk membunuh hama serangga karena zatnya akan menempel di tanah kemudian menyerap ke dalam tanah bersama dengan air hujan.
  4. Jangan membuang sampah sembarangan. Sampah yang tidak bisa terurai yang ada di tanah akan menimbulkan senyawa kimia yang tidak baik dan bercampur dengan air tanah.
  5. Tanam beberapa pohon di halaman rumah agar membantu proses penyerapan air kembali ke dalam tanah.
  6. Periksa sistem pemipaan saluran air, terutama saluran pembuangan kotoran yaitu septic tank karena septic tank yang tercampur dengan saluran air tanah akan membuat air tanah menjadi tidak baik untuk digunakan lagi.
  7. Selain itu, gunakan air dengan bijaksana dan berhemat agar kebutuhan air selalu tercukupi bahkan saat musim kemarau.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Yuks… !! Kenali Jenis Air Tanah Dan Bagaimana Cara Melestarikannya, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *