3 Tips Keberhasilan dalam Bisnis Air Minum Dalam Kemasan

 

Sebagian besar tubuh manusia juga terdiri dari air, oleh sebab itu kebutuhan cairan tak boleh disepelekan. Air yang kita gunakan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi dan lainnya, harus dalam keadaan bersih. Sehingga dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan karena kualitas air buruk.

Menurut Dr. Neil Mcintyre dari Imperial College London, bumi terdiri dari 98 persen air asin dan 2 persen air segar yang layak dikonsumsi. Pada angka 2 persen tersebut, 70 persennya adalah salju dan es, 30 persen air tanah, kurang dari 0,5 persen air sungai dan danau, dan kurang dari 0,05 persennya lagi berasal dari atmosfer. Sementara itu, satu-satunya sumber air bersih terjangkau yang bisa digunakan hanyalah air tanah.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan air bersih ini adalah dengan menghadirkan air minum dalam kemasan (AMDK) yang diolah dengan berbagai variasi teknologi filtrasi air dari berbagai sumber yang berbeda pula.

Kehadiran AMDK ini tentu saja sangat membantu masyarakat dari berbagai lapisan dengan harapan dapat mencegah penyakit yang datang akibat konsumsi air yang kurang bersih.

Ada banyak faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan untuk menggunakan sebuah produk. Beberapa di antara meliputi tentang harga, kemasan, merek, dan kualitas.

Penentu keberhasilan bisnis AMDK di pasar, yakni tentang penyampaian informasi keunggulan yang tertera pada kemasan dan harga yang dipersepsikan paling sesuai dengan keinginan konsumen.

Selain itu, kemasan juga memberikan ketersediaan informasi seperti sumber mata air, ukuran dan anjuran tenggat waktu pemakaian, warna yang digunakan pada kemasan.

 

Berkaitan dengan hal tersebut setidaknya ada tiga tips untuk para peminat yang ingin masuk ke dalam bisnis AMDK yang berkaitan dengan kemasan dan harga.

1. Pemilihan merek

Sebaiknya untuk pemilihan nama merek diupayakan untuk selaras dengan minat konsumen selain tentu saja memastikan standar kualitas dari desain secara umum.

Secara umum, konsumen tertarik dengan nama yang berkaitan dengan kesehatan seperti Vit, Prima dan Nestle Pure Life atau berhubungan dengan sesuatu yang cair seperti Oasis, Aquaria dan Ades .

Adapun variasi nama lain yang mudah diingat adalah sesuatu yang feminin seperti Crystalline, Pristine dan Cleo.

2. Pengembangan fasilitas produksi

Pengembangan fasilitas produksi yang berkualitas tinggi sangat dimungkinkan terutama di propinsi yang memiliki sumber mata air yang baik. Untuk beberapa propinsi yang tidak memiliki sumber mata air yang berkualitas maka pengembangan dapat dilakukan dengan mengkombinasikan proses daur ulang dari sistem sanitasi air yang canggih sehingga jumlah limbah air pada propinsi tersebut berkurang dan malah bisa menghasilkan air layak minum dari hal tersebut.

3. kemasan yang sesuai dengan tren di pasar

Kemasan yang sesuai dengan tren di pasar dapat tercipta dengan menonjolkan perbedaan. Misalnya kehadiran versi botol kaca premium dengan variasi nama tambahan atau bahkan merek yang berbeda, versi kaleng yang relatif lebih mudah di daur ulang tiga kali lipat dibandingkan dengan plastik, versi galon baik isi ulang maupun sekali pakai, versi gelas plastik untuk sekali minum, dan bahkan versi botol plastik multi ukuran selaras dengan keinginan pasar.

Selain kemasan, Air minum Dalam kemasan harus memiliki standar nasional Indonesia (SNI). Untuk menjamin kualitas dan keamanan AMDK, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 01-3553-2006, Air minum dalam kemasan (AMDK) yang dirumuskan oleh Subkomite Teknis 67-04-S1. SNI AMDK kemudian direvisi dan sekarang yang berlaku SNI 3553:2015 : Air Mineral.

SNI Air Mineral diberlakukan secara wajib oleh Kementerian Perindustrian sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 26 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permenperin Nomor 78 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan SNI Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, dan Air Minum Embun Secara Wajib.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang 3 Tips Keberhasilan dalam Bisnis Air Minum Dalam Kemasan, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *