4 Bagian Lampu UV Sterilizer Yang Digunakan Pabrik AMDK

 
Ultraviolet Sterilizer merupakan sebuah alat untuk mensterilkan air dengan memanfaatkan cahaya ultraviolet. Proses pengolahan air menggunakan UV Sterilizer efektif membunuh kuman hingga 99 persen.
 
Air baku yang kotor, kemudian melalui tahap penyaringan menggunakan filter air dan menghasilkan air bersih. Setelah proses tersebut sangat dianjurkan hasil air bersih untuk melewati tahap sinar ultraviolet (UV) supaya menjadi air minum yang sehat dan terhindar dari kuman.
 
Pada UV Sterilizer terdapat 4 bagian, yaitu :
 
1. Adaptor
Berfungsi untuk memberikan daya listrik sesuai dengan tegangan arus yang dibutuhkan oleh lampu UV didalam tabung
 
2. Tabung UV
Sebagai tempat lampu ultraviolet. Pada bagian inilah air minum dialirkan masuk ke dalam ruangan steril yang berisi sinar ultraviolet
 
3. Quartz Sleve
Quartz Sleve atau selongsong kaca UV yang berfungsi untuk melindungi lampu UV agar tidak kontak langsung dengan air, yang kemudian bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting
 
4. Bohlam Lampu UV
Lampu Ultraviolet dapat memancarkan radiasi sinar ultraiolet yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri.
 
Sedangkan lampu UV dibedakan menjadi 2 yaitu lampu UV bertekanan rendah (Low Pressure UV) dan lampu UV bertekanan sedang (Medium Pressure UV). Perbedaan tekanan dalam tabung lampu akan berpengaruh pada gelombang elektromagnetik yang dihasilkan.
 
* Lampu UV Bertekanan Rendah (Low Pressure UV Lamp)
 
Lampu UV bertekanan rendah (Low Pressure UV Lamp) merupakan lampu UV yang sering digunakan dalam sistem UV filter air rumah tangga. Lampu UV dengan tegangan sebesar 120 volt sampai 240 volt. Temperatur optimal operasi dari lampu UV bertekanan rendah adalah 15°C dsn spektrum elektromagnetik yang dihasilkan sebesar 253 nm. Lampu bertekanan rendah dianjurkan untuk proses pengolahan air dengan debit yang kecil sekitar 2.5 liter per detik.
 
* Lampu UV Bertekanan Sedang (Medium Pressure UV Lamp)
 
Untuk proses filter air sekala industri umumnya menggunakan lampu UV bertekanan sedang (Medium Pressure UV Lamp). Lampu UV bertekanan sedang memiliki rentang spektrum gelombang elektromagnetik yang dihasilkan antara 200 nm sampai dengan 280 nm. Daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikannya yaitu antara 0,4 kW sampai dengan 7 kW. Lampu UV bertekanan sedang mampu beroperasi sampai temperatur antara 600°C – 900°C.
 
Lampu bertekanan sedang digunakan untuk proses pengolahan air yang mempunyai debit pengolahan yang mencapai 170 lt/dtk. Lampu UV bertekanan sedang juga dapat digunakan untuk proses fotokimia, misalnya untuk proses deklorinasi dan deozonisasi.
Demikian 4 Bagian Lampu UV Sterilizer Yang Digunakan Pabrik AMDK. Selain itu kami juga menyediakan sparepart Lampu UV Sterilizer jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *