5 Cara Menentukan Target Pasar Untuk Produk Air Minum Kemasan

 

Seiring dengan mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Masyarakat membutuhkan ketersediaan air minum yang higienis dan praktis. Hal ini menyebabkan pabrik air minum dalam bentuk kemasan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan hingga saat ini.

Melihat peluang bisnis produk air minum dalam kemasan yang sedang bagus dan menjanjikan. Anda harus mempersiapkan strategi dengan matang untuk memaksimalkan peluang ini.

Maka dalam proses untuk memulai sebuah pabrik air minum kemasan, Anda harus mengetahui perilaku dan kebiasaan dari konsumen untuk dapat menentukan beberapa strategi pemasaran dengan lebih akurat dan tepat sasaran.

Untuk menentukan target pasar untuk produk air minum kemasan, Anda dapat membuat kelompok-kelompok berdasarkan beberapa kategori yang dibuat berikut ini:

1. Identifikasi Konsumen.
Untuk mengidentifikasi konsumen, Anda dapat mengelompokkan konsumen berdasarkan beberapa kelompok berikut ini:

• Geografis
Mengelompokkan konsumen berdasarkan area tempat tinggal atau lokasi konsumen yang akan jadi sasaran.
• Demografi
Mengelompokkan konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, penghasilan, dan sebagainya.
• Kemampuan Ekonomi
Mengelompokkan konsumen berdasarkan kemampuan ekonomi, sehingga Anda dapat menentukan harga jual air minum dalam kemasan yang sesuai.

Setelah Anda melakukan identifikasi konsumen, saatnya Anda memutuskan konsumen mana yang cocok bagi produk Anda.

2. Identifikasi kebutuhan target pasar
Mencari sebanyak-banyak informasi terkait apa saja yang paling dibutuhkan konsumen yang menjadi target pasar Anda. Anda bisa memanfaatkan forum seperti event bazar dan event lainnya yang berpotensi untuk Anda melakukan promosi.
Dengan begitu, Anda dapat memperkenalkan produk, serta dapat mengetahui respon target pasar pada produk yang Anda hasilkan.

3. Evaluasi Respon Pasar
Tujuan mengevaluasi respon pasar ialah untuk mengetahui tentang produk Anda apa sudah dapat memenuhi kebutuhan dan ketertarikan target pasar.
Jika produk masih masih memiliki kekurangan, maka Anda tahu apa saja yang harus diperbaiki dan membuat inovasi ke depannya. Langkah ini sangat efektif untuk menentukan strategi pemasaran yang Anda buat.

Evaluasi ini perlu Anda lakukan dalam waktu-waktu tertentu untuk mengamati perkembangan dari bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat menentukan bagaimana cara untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.

4. Analisa kebutuhan pasar
Setelah Anda mengetahui informasi terkait kebutuhan target pasar, maka Anda perlu mempertimbangkan, hal-hal yang berkaitan dengan produk dan juga besar biaya yang Anda butuhkan untuk melakukan perbaikan jika ada kekurangan pada produk yang ditawarkan. Pertimbangkan langkah ini dengan bijak, karena hal ini sangat berpengaruh dengan kelangsungan bisnis Anda.

5. Strategi pemasaran yang tepat
Strategi pemasaran akan menentukan respon terhadap target pasar yang sudah Anda tentukan. Anda harus membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik konsumen supaya lebih efektif dan efisien dalam proses penjualan produk Anda.

Saat ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan merk produk Anda. Atau jika perlu gunakan jasa influencer, selebgram, artis agar orang-orang lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Tetapi, Anda harus tetap menentukan anggaran yang akan dihabiskan untuk keperluan strategi pemasaran dalam hal ini.

Setelah mengetahui cara mengelompokkan dan menentukan pangsa pasar, maka akan memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan strategi serta meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan.

 

Demikianlah 5 Cara Menentukan Target Pasar Untuk Produk Air Minum Kemasan. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *