8 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Bisnis Air Minum Kemasan

 

Melihat peluang bisnis dari produk air minum dalam kemasan yang sedang bagus dan menjanjikan. Apabila Anda ingin memasuki Industri bisnis air minum dalam kemasan amdk, Anda harus mempersiapkan strategi dengan matang untuk memaksimalkan peluang ini.

Berkaitan dengan persiapan strategi pemasaran, ada beberapa hal pada sektor manajemen yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha dalam membangun bisnis air minum dalam kemasan. antara lain :

1. Menentukan Standar Operation Prosedur (SOP)
Manajemen perusahaan haruslah menetapkan standar operation procedure (SOP) untuk perusahaan. Manajemen Juga memastikan semua SOP telah dijalankan. Proses yang dilakukan tanpa mengikuti prosedur yang ada, akan menimbulkan masalah dikemudian harinya.

2. Efisiensi biaya produksi
Salah satu penyebab perusahaan tidak bisa berkembang dengan baik adalah pengeluaran biaya operasional yang terlalu tinggi. Karena biaya operasional terlalu tinggi akan membuat harga jual produk menjadi lebih tinggi, dan hal ini akan membuat produk kalah bersaing dengan pesaing lainnya. Maka, manajemen pabrik AMDK harus melakukan efisiensi biaya agar produk bisa bersaing di pasaran.

3. Quality control produk
Untuk memastikan semua produk yang dihasilkan berkualitas baik, maka perusahaan harus senantiasa melakukan quality control pada setiap produk yang dihasilkan. Perusahaan harus melakukan pengecekan secara berkala di laboratorium, karena salah satu cara untuk melakukan quality control dapat dilakukan di laboratorium untuk parameter Fisika, Kimia dan Mikrobiologi.

4. Peralatan laboratorium
Salah satu persyaratan untuk pengajuan sertifikasi SNI dan Ijin BPOM produk air minum dalam kemasan adalah terdapatnya ruangan laboratorium untuk keperluan pengetesan air. Peralatan Laboratorium harus secara rutin digunakan untuk melakukan pengecekan kualitas air dan alat harus dilakukan kalibrasi untuk memastikan keakuratan alat ukur.

5. Dokumen pendukung Laboratorium
Dokumen pendukung laboratorium yang diperlukan adalah Sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang digunakan oleh laboratorium perusahaan. Untuk setiap alat lab yang digital memerlukan kalibrasi yang dilakukan oleh badan yang terakreditasi 6 – 12bulan sekali.

6. Lakukan pergantian / maintenance untuk setiap alat
Melakukan pengecekan secara berkala pada mesin produksi air minum dalam kemasan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Proses maintenance dan pergantian sparepart perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan proses produksi berjalan dengan baik.

7. Lakukan meeting secara rutin.
Meeting koordinasi penting dilakukan secara rutin agar proses pemantauan dan evaluasi dapat berjalan dengan baik dan setiap masalah dapat segera diselesaikan.

8. Terus melakukan pengembangan inovasi baru.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat membuat persaingan pun menjadi sangat ketat. Untuk menjamin produk perusahaan Anda tetap dapat diterima oleh pasar.
Maka Perkembangan dan inovasi baru harus tetap dikembangkan untuk memenuhi keinginan pasar.

 

Demikianlah 8 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Bisnis Air Minum Kemasan. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *