5 Ciri-ciri Air Galon yang Tak Layak Diminum

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Di mana semua makhluk hidup membutuhkan air untuk dikonsumsi agar bisa bertahan hidup.

Alangkah baiknya jika air minum yang dikonsumsi mengandung beragam mineral, antara lain kalsium, magnesium, selenium, dan natrium. Air minum yang memiliki kandungan mineral tersebut, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi air minum dengan kandungan mineral yang baik dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam proses hidrasi tubuh.

Namun, perlu diperhatikan jika Anda mengkonsumsi air minum dalam kemasan galon. Apakah air minum yang anda beli untuk dikonsumsi layak dan baik kualitasnya.

Sedangkan syarat utama dari air minum kemasan yang sudah layak dan aman untuk dikonsumsi dapat diketahui secara fisik, yaitu Tidak berbau, Tidak berwarna, dan Tidak berasa.

Terjadinya kasus pemalsuan air dalam kemasan yang cukup ramai dibicarakan, membuat kita harus lebih waspada terhadap air minum dalam kemasan yang akan dikonsumsi.

Pemalsuan air minum kemasan sesungguhnya bisa dicegah. Salah satu tindakan agar terhindar dari pemalsuan air mineral kemasan galon dengan cara lebih cermat dalam memilih produk air dalam kemasan.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Melihat dari warna fisiknya

Warna air minum dalam kemasan yang aman dikonsumsi, harusnya terlihat jernih tidak berwarna sama sekali. Jika kedapatan warnanya berubah atau ada kotoran di dalamnya, maka air dalam kemasan galon sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Mencium Baunya

Cobalah untuk mencium bau air minum kemasan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Jika timbul bau yang tak sedap pada saat tutup galon dibuka. Maka hal tersebut mengindikasikan salah satu tanda kualitas produk patut dipertanyakan.

Karena air minum kemasan yang layak dan aman untuk dikonsumsi tidak memiliki bau.

3. Mencoba Rasanya

Jangan terburu – buru untuk mengkonsumsi air minum dalam kemasan. Cobalah untuk mencicipi rasanya terlebih dahulu.

Jika air minum dalam kemasan galon yang Anda cicipi memiliki rasa yang aneh dari biasanya, kemungkinan air galon tersebut terkontaminasi oleh partikel lain yang telah mempengaruhi kualitas rasanya.

4. Memastikan volume sesuai standart

Produsen air mineral galon selalu memastikan volume air dalam kemasan sesuai dengan standar. Jika terlihat volume air sudah berkurang, patut dicurigai ada kebocoran pada galon yang membuat air terkontaminasi partikel dari lingkungan sekitarnya.

5. Cek Masa Kedaluwarsanya

Salah satu hal terpenting bagi produk air mineral dalam kemasan adalah memenuhi peraturan standar pemerintah. Air mineral kemasan termasuk dalam produk makanan minuman untuk dikonsumsi. Maka Air mineral dalam kemasan juga diwajibkan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Air mineral kemasan memang dianjurkan untuk tidak disimpan terlalu lama, karena kualitas kesegarannya jelas tidak akan sama seperti baru diproduksi. Kualitas Air mineral kemasan yang masih jauh dari tanggal kedaluwarsa lebih segar, dibandingkan dengan yang mendekati tanggal kedaluwarsa.

Agar semakin efektif dalam menjaga kesehatan tubuh, pastikan Anda lebih cermat dalam membeli suatu produk untuk Anda Konsumsi yaa…

 

Demikianlah 5 Ciri-ciri Air Galon yang Tak Layak Diminum. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *