5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Membran RO

 
Membran RO atau yang familiar dengan nama Membran Reverse Osmosis adalah membran yang terbuat dari selaput semipermeabel yang berfungsi sebagai media penyaring air dari kandungan logam, virus, atau bakteri sehingga menghasilkan air murni dan tidak terkontaminasi.
 
Membran yang berperan sebagai filter air, lama-kelamaan akan dipenuhi oleh partikel-partikel kotoran. Partikel ini akan menutupi membran hingga mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan.
 
Selain itu untuk menjaga kualitas air yang dihasilkan, salah satu bentuk perawatan terhadap membran RO pada mesin reverse osmosis adalah mencucinya secara rutin. Proses pencucian membran RO memerlukan keterampilan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan membran memiliki struktur yang ringkih.
 
Jika terjadi kesalahan akan mengakibatkan membran ini tersumbat dan terjadi kerusakan.
ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk proses pembersihan membran.
 
1. Sistem Terbuka
Proses pembersihan membran dengan sistem terbuka merupakan sistem di mana Anda dapat melakukan pembersihan atau pencucian yang diawali dengan mengeluarkan membran tersebut dari dalam housing RO. Setelah itu, membran ini direndam di dalam campuran hyper clean 572 dan air secukupnya selama 6-8 jam. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan semua bagian membran RO terendam di dalam campuran tersebut. Setelah tahap ini selesai dilaksanakan, membran RO bisa Anda bilas terlebih dahulu dengan air bersih.
 
Kemudian membran RO dapat Anda rendam sekali lagi di larutan hyper clean 779 yang sudah dicampur air. Proses ini akan membuat membran RO menjadi bersih kembali.
 
2. Metode Tertutup
Metode pencucian membran dengan sistem tertutup merupakan cara membersihkan membran yang hampir sama dengan sistem terbuka. perbedaannya pada sistem tertutup membran RO tersebut dibersihkan di dalam suatu housing Ro. Sistem ini biasanya dilakukan apabila membran Anda memiliki tipe yang besar, yaitu di atas 2000 GPD. Mekanismenya dilakukan dengan mengganti input dari yang semula air baku menjadi cairan pembersih.
 
Dalam Proses pembersihan membran ada 5 hal yang harus diperhatikan supaya dapat memberikan hasil yang maksimal :
 
1. Kerjakan proses pembersihan membran RO dengan teliti dan hati-hati. Anda tidak boleh tergesa-gesa dalam proses mencuci membran RO.
 
2. Gunakan bahan yang tepat untuk proses pembersihan membran RO. Bahan pembersih yang tidak sesuai akan menyebabkan struktur membran RO menjadi rapuh sehingga dapat mengakibatkan kerusakan.
 
3. Menjaga Tekanan tetap konstan saat proses pembersihan membran RO. Menjaga Tekanan tetap konstan berfungsi untuk menjaga kondisi membran RO tetap aman dan terhindar dari kerusakan.
 
4. Memeriksa kondisi membran RO secara berkala. Lakukan proses pencucian membran RO secara teratur. Proses pencucian secara teratur dapat mencegah terjadinya penumpukan kotoran dan noda membandel yang sulit dihilangkan.
 
5. Identifikasi bahan kimia pendukung dalam proses pencucian membran RO. Pastikan semua bahan tepat dan sesuai untuk proses pembersihan membran RO. Agar terhindar dari penyebab fouling pada membran RO.
 
 
Demikian 5 hal yang harus diperhatikan dalam proses mencuci membran RO. Selain itu kami juga menyediakan sparepart membran RO jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *