4 Tanda Membran Sudah Kotor dan Berkerak (Fouling) yang Perlu Kamu Tahu

 
Membran yang memiliki peran sebagai media penyaring air dari kandungan logam, virus, atau bakteri sehingga menghasilkan air murni dan tidak terkontaminasi.
 
Namun membran lama-kelamaan digunakan akan dipenuhi oleh partikel-partikel kotoran. Partikel ini akan menutupi membran hingga mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan.
 
Untuk memastikan kinerja membran yang optimal dan masa pakai yang lebih lama. Lakukan perawatan dengan benar untuk mencegah terjadinya kerusakan pada membran.
 
Namun ada beberapa masalah pada membran yang paling umum terjadi, antara lain :
 
1. Penurunan kualitas air
 
Jika membran menunjukkan penolakan garam yang buruk, hal ini bisa menjadi gejala dari metode perlakuan awal yang buruk pada membran. Terjadinya penolakan garam yang buruk dapat mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan.
 
jadi pastikan untuk memeriksa komposisi foulant, kemudian lakukan pretreatment pada membran yang mungkin dapat membantu pemulihan sistem yang lebih baik.
 
2. Tumbuh Jamur
 
Jika membran mulai muncul bau, maka kemungkinan adanya pertumbuhan biologis pada membran. Dalam kondisi seperti ini, membran memiliki lendir yang berkumpul di permukaan atau bukti jamur di sepanjang ujungnya.
 
Untuk mencegah timbulnya jamur pada membran, lakukan penyesuaian suhu untuk mencegahnya dan beberapa jenis biosida atau pembersih alkali dapat digunakan dalam kasus ini.
 
3. Terdapat karat
 
Terdapat karat di ujung gulungan membran, ini menjadi indikasi untuk menyelidiki sebelum terjadi masalah yang lebih besar. Lakukan pembilasan atau pencucian balik secara teratur. Jika karat masih belum hilang dari ujung membran, maka coba untuk berkonsultasi dengan spesialis agar tidak muncul masalah yang lebih besar.
 
4. Tekanan transmembrane terlalu tinggi.
 
Semakin terkonsentrasi aliran, semakin banyak tekanan yang dibutuhkan untuk memaksa permeat. Ketika tekanan transmembran meningkat tajam atau meningkat dari waktu ke waktu, pengotoran, baik koloid, biologis, atau organik, sering dapat dicurigai dan tindakan pembersihan diambil.
Demikian 4 Tanda Membran Sudah Kotor dan Berkerak (Fouling) yang Perlu Kamu Tahu. Selain itu kami juga menyediakan sparepart membran RO jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *