7 Manfaat NPWP dalam melengkapi berbagai persyaratan

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib dimiliki setiap warga yang berpenghasilan. NPWP merupakan nomor identifikasi wajib pajak yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak kepada pribadi / badan wajib pajak yang menerima penghasilan di Indonesia, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bidang perpajakan.

NPWP terdiri dari 15 digit angka sebagai kode unik. Kode unik angka inilah yang nantinya menjamin data perpajakan Anda tidak tertukar dengan wajib pajak lainnya.

NPWP dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. NPWP Pribadi, diberikan kepada setiap orang yang mempunyai penghasilan di Indonesia.
2. NPWP Badan, diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

Dengan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, bisnis kamu jadi terkesan lebih profesional dan terpercaya di mata konsumen, karena dinilai bahwa keberadaannya diakui oleh negara melalui identitas sebagai wajib pajak. Selain itu, bisnis kamu juga akan dinilai taat terhadap peraturan yang berlaku mengenai perpajakan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tertib administrasi.

Selain itu, NPWP memberikan banyak manfaat baik untuk keperluan administrasi perpajakan atau untuk urusan administrasi di luar perpajakan.

Nomor Pokok Wajib Pajak juga berguna untuk :

1. Menghindari sanksi pidana
Berdasarkan Pasal UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, disebutkan bahwa warga negara yang memenuhi persyaratan subjektif dan objektif tetapi tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak terancam pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun. Jika Anda mempunyai NPWP maka anda sudah terbebas dari sanksi pasal tersebut.

2. Mendapatkan keringanan tarif pajak
Bagi yang tidak punya NPWP, jumlah PPh Pasal 21 yang harus dibayar oleh wajib pajak akan lebih tinggi 20 persen daripada yang dikenakan kepada mereka yang mempunyai NPWP. Selain itu, tarif PPh Pasal 23 akan menjadi dua kali lipat dibanding tarif yang dikenakan pada pemilik Nomor Pokok Wajib Pajak.

3. Melengkapi Persyaratan untuk membuat paspor
Saat akan mengurus Paspor Nomor Pokok Wajib Pajak menjadi salah satu dokumen yang disyaratkan dalam pembuatan paspor, selain KTP dan Kartu Keluarga.

4. Memberikan kemudahan dalam proses pengurusan restitusi
Jika anda melakukan pembayaran pajak yang melebihi nominal dari yang seharusnya, pastinya anda ingin mendapatkan kembali kelebihan uang tersebut. Maka Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai salah satu persyaratannya untuk proses restitusi tersebut.

5. Menjadi syarat untuk melamar pekerjaan
Saat ini banyak perusahaan yang mewajibkan para calon karyawannya untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, karena nantinya perusahaan akan memotong PPh Pasal 21 ketika mereka sudah bekerja sebagai karyawan diperusahaan tersebut.

6. Menjadi persyaratan dalam pengajukan kredit ke bank
Persyaratan untuk mengajukan kredit ke bank, membutuhkan NPWP sebagai jaminan untuk mencairkan dana, dan sebagai identitas peminjam ketika bank memotong PPh Pasal 23 bunga pinjaman.

7. Menjadi syarat dalam pengajuan dan pembuatan SIUP
Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan syarat yang harus dilengkapi dalam proses pengurusan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP sangat penting untuk dimiliki oleh para pengusaha agar keberadaan bisnisnya mendapatkan pengesahan dari negara.

SIUP juga dibutuhkan dalam proses perizinan perusahaan air mineral dalam kemasan.

Jika anda belum memiliki NPWP maka anda bisa membuat NPWP secara online melalui website ereg.pajak.go.id, kemudian isi formulir dan lengkapi persyaratan dalam pembuatan NPWP online.

Demikianlah artikel tentang 7 Manfaat NPWP dalam melengkapi berbagai persyaratan, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *