5 Surat Ijin Untuk Mendirikan Pabrik AMDK

Air berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air. Berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air.

Air memiliki fungsi penting di dalam tubuh di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lagi.

Kurangnya konsumsi cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka membuat fungsi tubuh jadi terganggu.

Seiring dengan mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Masyarakat membutuhkan ketersediaan air minum yang higienis namun praktis. Hal ini menyebabkan pabrik air minum dalam bentuk kemasan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan hingga saat ini.

Selain itu, produk Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) mendominasi pangsa pasar industri minuman. Meningkatnya peluang bisnis AMDK, karena munculnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap air minum yang layak di tengah-tengah minimnya sumber air minum yang higienis.

Jika Anda ingin mendirikan pabrik untuk memenuhi kebutuhan pasar akan air minum yang berkualitas. Ada beberapa syarat dokumen ataupun ijin yang harus dipenuhi. Berikut adalah ijin-ijin yang Anda butuhkan untuk membuka sebuah fasilitas pabrik AMDK dan penjelasannya:

1. Akta Perusahaan
Akta perusahaan berguna untuk menghindari adanya sengketa mengenai pembagian keuntungan perusahaan, dan memberikan kejelasan atas status kepemilikan perusahaan.

2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
NPWP merupakan bukti identitas sebuah perusahaan yang memenuhi kewajiban dalam pembayaran pajak. NPWP bisa dibuat secara online maupun offline dengan mendatangi kantor pelayanan pajak setempat.

3. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
TDP menjadi bukti bahwa sebuah badan usaha sudah melakukan pendaftaran dan telah melakukan kewajibannya. Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengelola perusahaan, bisa diwakilkan asalkan menggunakan surat kuasa.

4. SIUP (Surat Ijin Perdagangan Perusahaan)
SIUP menjadi bukti sah dari usaha perdagangan yang dilakukan dan diterbitkan berdasarkan domisili perusahaan Anda, namun berlaku di seluruh wilayah RI. Surat ini berlaku selama perusahaan melakukan usaha, dan diperbarui setiap lima tahun sekali.

5. Sertifikat ijin distribusi
Sertifikat ijin distribusi meliputi ijin dari BPOM, SNI, dan bisa juga dilengkapi dengan sertifikat pelengkap lainnya seperti sertifikat Halal MUI, KAN, ISO 9000 dan sertifikat lainnya yang bisa menjadi bukti dari kualitas produk pabrik AMDK Anda.

Demikianlah beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi sebelum mendirikan pabrik untuk air minum dalam bentuk kemasan. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *