Beragam Jenis Air Minum dalam Kemasan, Jangan Sampai Salah Pilih !!

 

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Di mana semua makhluk hidup membutuhkan air, untuk dikonsumsi agar bisa bertahan hidup.

Sebagian besar tubuh manusia juga terdiri dari air, oleh sebab itu kebutuhan cairan tak boleh disepelekan. Air minum yang dikonsumsi dapat memaksimalkan performa tubuh sehingga tidak mudah lelah dan juga menjaga suhu tubuh.

Kebutuhan cairan tubuh tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Sedangkan persyaratan utama dari air minum kemasan yang sudah layak dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 492 tahun 2010.

+ Tidak berasa
+ Tidak berbau
+ Tidak berwarna atau jernih
+ Tidak mengandung zat yang berbahaya bagi
tubuh atau tercemar, seperti:
– Cemaran mikroba (misalnya bakteri E. coli)
– Cemaran fisik (misalnya kotoran, pasir)
– Cemaran pestisida
– Cemaran logam berat (misalnya timbal, tembaga, cadmium, merkuri, arsen)
– Cemaran kimia lainnya (misalnya nitrat, nitrit)

Air minum yang tidak memenuhi standar dan bahkan sudah terkontaminasi dapat mengakibatkan terjadinya penularan penyakit, seperti kolera, diare, hepatitis A, tifus, dan polio.

Kita sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Hal itu berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Maka, air minum dalam kemasan dapat menjadi sebuah solusi, karena air minum dalam kemasan merupakan jenis air minum yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi. Air minum yang memiliki kandungan mineral seimbang dapat membantu melengkapi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Ada empat jenis air minum dalam kemasan yang biasa kita jumpai di Indonesia.

1. Air Demineral

Air demineral merupakan air yang tak memiliki kandungan mineral. Kandungan mineralnya dihilangkan saat pemrosesannya, yang diproses dengan cara destilasi, reverse osmosis, atau deionisasi.

Air demineral biasanya memiliki nilai pH 5.0-7.5.

2. Air Mineral

Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral dalam jumlah tertentu tanpa penambahan mineral dalam prosesnya.

Air mineral biasanya memiliki nilai pH 6-8.5. Pada prosesnya, mineral yang terkandung dipertahankan kealamiannya.

3. Air Oksigen

Air oksigen biasanya menggunakan air mineral atau air demineral. Hanya saja pada prosesnya ditambahkan oksigen dalam jumlah tertentu.

Air mineral beroksigen memiliki nilai pH 6.0-8.5. Sedangkan air demineral beroksigen memiliki nilai pH 5.0-7.5.

4. Air pH Tinggi

Air pH tinggi atau biasa juga disebut dengan air alkali merupakan air minum dalam kemasan yang diproses secara elektrolisis maupun ionisasi dan memiliki nilai pH sekitar 8.5-9.97.

Semua air minum tersebut boleh dan layak untuk dikonsumsi selama ada izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, sebelum anda membeli air minum dalam kemasan yang perlu dilakukan adalah cek logo SNI dan Logo Tara-nya. Karena produk AMDK yang beredar di pasar dalam negeri harus memenuhi persyaratan SNI 3553:2015, SNI 6241:2015, SNI 6242:2015 dan SNI 7812:2013 sesuai dengan persyaratan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI), yang tertuang dalam Permenperin No. 26 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permenperin No. 78 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan SNI Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami dan Air Minum Embun Secara Wajib.

Maka penuhilah kebutuhan cairan tubuh Anda sesuai dengan kebutuhannya.

terima kasih

Demikianlah Beragam Jenis Air Minum dalam Kemasan, Jangan Sampai Salah Pilih !! Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *