EFEK NEGATIF KANDUNGAN ION CHLORIDE DALAM AIR BAGI KESEHATAN

 

 

 
Tanpa kita sadari air yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari sangat memungkinkan mengandung ion chloride yang mempunyai efek berbahaya bagi tubuh manusia. Menurut berbagai penelitian efek ion chloride dapat menimbulkan dampak ringan hingga cukup serius dalam tubuh seperti iritasi kulit, iritasi pada mata, kerapuhan rambut, maag, kanker, bahkan gagal ginjal.
 
Ion Chloride (Cl-) merupakan senyawa yang jarang dijumpai dalam bentuk bebas, Ion Chloride berwarna kuning kehijauan dan memiliki bau menyengat. Pada umumnya ion chloride berikatan dengan unsur atau senyawa lain membentuk garam natrium klorida (NaCl) pada air laut. Chloride yang dapat dengan mudah larut dalam air, maka Chloride juga digunakan sebagai desinfektan, pemutih, pembersih, atau pendingin.
 
Akan tetapi apabila Chloride kontak dengan uap maka berubah menjadi bentuk asam hipoklorus (HClO) dan asam hidroklorik (HCl) yang dapat membentuk trihalometans (THMs).
 
Ketidakstabilan asam hipoklorus yang mudah menghilang dan membentuk oksigen bebas sehingga meningkatkan oksidasi terhadap chloride dan menimbulkan efek korosif. selain itu ion chloride yang sangat reaktif dapat dengan mudah bereaksi dengan senyawa lainnya yang dapat membentuk organoklorin yang bersifat toksik yang menimbulkan efek karsinogenik terhadap tubuh manusia.
 
Selain itu, ion chloride yang terlarut di dalam air juga dapat menimbulkan efek korosi dan bahkan dapat merusak tangki air dengan bahan metal.
 
Anda dapat menghilangkan kandungan ion chloride dengan menggunakan rangkaian unit filter air khususnya dengan karbon aktif berbasis coconut, karena karbon aktif jenis ini memiliki kepadatan yang jauh lebih tinggi dengan 50% distribusi ke ukuran mikropori sehingga efektif untuk menghilangkan kandungan ion chloride.
 
Karbon aktif tersebut mempunyai gaya tarik mekanik yang optimal terhadap kontaminan, sehingga cocok digunakan sebagai pengadsorpsi kandungan ion terlarut seperti ion chloride.
 
Terutama disarankan menggunakan water treatment dengan menggunakan unit RO (Reverse osmosis) apabila ingin menggunakan air di rumah anda sebagai air konsumsi untuk tubuh.
 
Sistem Reverse Osmosis dapat menghilangkan kotoran melalui beberapa lapis penyaringan dan dapat membunuh mikroorganisme sampai ke tingkat molekul. Filter dengan menggunakan sistem Reverse Osmosis dapat menghasilkan air minum bersih tanpa racun dan aman bagi kesehatan.
Demikian efek negatif dari kandungan ion chloride dalam air bagi kesehatan. Selain itu kami juga menyediakan sparepart water treatment jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *