TERNYATA AIR JERNIH BELUM TENTU BERSIH DAN SEHAT BAGI KESEHATAN

 
Biasanya air bersih diindikasikan secara fisik dalam keadaan bening, tidak berbau, dan tidak berwarna. Namun tahukah anda, Ada beberapa penelitian memperlihatkan bahwa air yang Jernih ketika dilewatkan sebuah media filter akan menimbulkan perubahan warna dalam media tes. Hal tersebut diakibatkan akibat kehadiran zat-zat terlarut pada air yang biasanya disebut sebagai tingkat turbidity (kekeruhan).
 
Tingkat turbidity (kekeruhan) air merupakan salah satu parameter yang dijadikan kelayakan air baik untuk diminum. Menurut International Organization for Standardization (1999) kekeruhan adalah suatu keadaan dimana transparansi suatu zat cair berkurang akibat kehadiran zat-zat lainnya.
 
Kehadiran zat-zat yang terlarut dalam air dapat membuatnya menjadi berkabut atau tidak jernih, sementara seringkali zat terlarut tersebut tidak terlihat oleh kasat mata. Hingga dilakukan pengujian air ke laboratorium, Hasil tingkat kekeruhan tersebut melebihi ambang batas air untuk di konsumsi.
 
Ambang batas air untuk di konsumsi menurut standart baku mutu air yang di tetapkan oleh pemerintah lewat PerMenKes No. 32 (2017) dan PerMenKes No. 907 (2002) adalah 25 FTU untuk air sanitasi, sedangkan untuk air konsumsi disyaratkan memiliki tingkat kekeruhan kurang dari 1 FTU.
 
Salah satu teknologi untuk mengontrol tingkat turbidity (kekeruhan) adalah dengan menggunakan media filter pada air baku. Penggunaan media filter juga akan disesuaikan dengan tingkat kekeruhan air baku.
 
Beberapa Teknologi media filter adalah Pre filter, Quart Sand filter dan PP Spun Sediment. Pre-Filter biasanya digunakan pada tingkat kekeruhan yang rendah, sedangkan Quartz Sand filter media digunakan pada tingkat kekeruhan rendah. Sebagi pengaman akhir biasanya digunakan PP Spun Sediment agar partikel yang lolos dapat terserap.
Selain itu, juga dapat menggunakan water treatment dengan menggunakan unit RO (Reverse osmosis) dapat menghilangkan kotoran melalui beberapa lapis penyaringan dan dapat membunuh mikroorganisme sampai ke tingkat molekul. Filter dengan menggunakan sistem Reverse Osmosis dapat menghasilkan air minum bersih tanpa racun dan aman bagi kesehatan.
Demikian artikel tentang adanya tingkat turbidity (kekeruhan) pada air. Selain itu kami juga menyediakan sparepart water treatment jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *