Fungsi Penting Ballast Pada Rangkaian UV Sterilizer Untuk Pemurnian Air

Fungsi Penting Ballast Pada Rangkaian UV Sterilizer Untuk Pemurnian Air
 
Seperti yang kita ketahui, bahwa lampu UV banyak sekali model dan tujuan penggunaanya. Antara lain lampu UV yang digunakan untuk mendeteksi uang palsu, untuk mengusir nyamuk, untuk sterilisasi ruangan dan sterilisasi air.
 
Sedangkan pada proses sterilisasi air menggunakan UV sterilizer. Ultraviolet Sterilizer merupakan lampu yang digunakan untuk proses desifectant. Dalam proses ini, Lampu Ultraviolet akan membunuh bakteri yang terdapat di dalam air. Lampu UV akan membuat air menjadi higienis dan steril sehingga bebas dari bakteri pathogen yang dapat mengancam kesehatan anda.
 
Namun penggunaan Sinar UV bisa sangat berbahaya jika cahayanya langsung terkena mata, kulit, atau bagian tubuh manusia.
 
Dampaknya bisa menimbulkan kanker jika kita tidak membatasi penggunaan dan paparan berlebihan langsung dari lampu UV.
 
Bisa menyebabkan kerusakan pada mata juga bisa terjadi jika kita melihat langsung sinar UVC, apalagi dalam waktu yang lama.
 
Untuk itu, fungsi ballast sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian Uv sterizer dalam proses penjernihan air. Ballast merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk menghidupkan lampu Ultraviolet (UV). Ballast juga dilengkapi indikator alarm untuk mengetahui lampu Ultraviolet bekerja normal ataupun putus. Jika Lampu ultraviolet putus atau sedang bermasalah, maka alarm akan berbunyi terus menerus.
 
Namun, ada beberapa kemungkinan lampu indikator ballast menyala berkedip dan alam berbunyi yang wajib diketahui:
 
1. Tegangan PLN sedang turun
Kalau terjadi tegangan PLN turun biasanya paling lama 3 jam ballast akan normal dengan sendirinya jika listrik PLN normal kembali.
 
2. Lampu UV putus
Jika tegangan PLN tidak sedang turun, namun indikator ballast menyala maka coba cek lampu UV nya. Kemungkinan lampu UV tidak menyala / putus, maka lakukan segera penggantian lampunya.

 
3. Ballast UV setengah error
Hal Ini yang seringkali mengecoh dan membingungkan, lampu UV tidak putus namun indikator ballast menyala. Kemungkinan ballastnya yang setengah error, bukan rusak.
 
Sebaiknya anda siapkan ballast dan lampu UV cadangan untuk memudahkan anda dalam menanggulangi hal tersebut.
Demikian Fungsi Penting Ballast Pada Rangkaian UV Sterilizer Untuk Pemurnian Air. Selain itu kami juga menyediakan sparepart UV sterilizer jika terjadi masalah. Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *