Inovasi Unik Sebuah Botol Yang Bisa Dimakan Dan Ramah Lingkungan

Beragam inovasi diciptakan untuk mengurangi jumlah sampah di seluruh penjuru bumi. Penggunaan plastik yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan ekosistem kehidupan, dampak kerusakan dan pencemaran sampah plastik bahkan sudah masuk sampai palung mariana, sebuah palung terdalam yang diketahui lokasinya berada di bagian terdalam dari kerak Bumi.

Tahukah Anda berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah botol plastik terurai dengan sendirinya di alam? Lebih dari 1.000 tahun waktu yang dibutuhkan botol plastik itu bisa terurai.

Fakta itu seharusnya membuat kita takut karena kelak di masa depan bumi akan penuh dengan sampah. Bisa jadi seluruh alam semesta tercemar sehingga tak bisa ditinggali lagi. Tak hanya hewan yang punah, bisa-bisa manusia ikut punah karena kalah banyak dengan sampah yang kita buang sendiri.

Untunglah sekarang ada sebuah penemuan yang menggembirakan,  sebuah botol yang bisa diurai dengan cepat karena 100% terbuat dari alga. Botol ramah lingkungan ini dibuat oleh seorang desainer produk asal Islandia, Ari Jonsson.

Ari Jónsson, seorang mahasiswa dari Iceland Academy of the Arts, Islandia, menciptakan botol minum berbahan alga. Botol itu diklaim ramah lingkungan sebab bisa langsung terdegradasi jika dikosongkan.

Alga adalah tumbuhan berklorofil, memiliki ukuran yang beragam, dari beberapa mikron sampai bermeter-meter. Hidupnya bergantung pada gerakan air di dalam air tawar atau air laut.

Proses pembuatannya mudah saja. Jónsson menjelaskan, hanya dengan mencampurkan alga merah yang telah berbentuk bubuk. Lalu ditambah air untuk membuat zat seperti gelatin. Setelah tercampur, campuran kemudian dipanaskan.

Setelah itu bahan-bahan dituang ke dalam cetakan berbentuk botol yang terendam di dalam air es. Lalu, cetakan botol yang telah dituang cairan dipindahkan ke dalam lemari es hingga mengeras.

Ia menyatakan, air dalam botol alga aman untuk dikonsumsi meski memang setelah lama tersimpan dalam botol, ekstrak alga akan mempengaruhi rasa air. “Jika konsumen menyukai rasa alga, mereka bisa dengan segala cara, memakan botol itu setelah mengkonsumsi air,” tutur Jónsson.

Sebuah penemuan dari Ari Jónsson, yang bisa membantu menjaga kelestarian hidup bumi ini.

sekian terima kasih.

 

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *