Jenis Plastik Polikarbonat untuk Pembuatan Kemasan Galon Diklaim Aman untuk Kemasan Air Minum

 

Plastik adalah komponen penting untuk membuat berbagai macam barang, contohnya seperti botol air, sisir, wadah minuman, peralatan makan, dan masih banyak lagi.

Tujuh jenis plastik yang umum dipasaran antara lain : Polyethylene Terephthalate (PETE atau PET), High-Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Polietilen Densitas Rendah (LDPE), Polypropylene (PP), Polystyrene atau Styrofoam (PS) dan plastik lainnya (termasuk: polikarbonat, polilaktida, akrilik, akrilonitril butadiena, stirena, fiberglass, dan nilon).

Sedangkan plastik jenis polikarbonat diproduksi melalui standar produksi dan keamanan yang ketat dan harus lolos dari uji keamanan BPOM sebelum digunakan sebagai kemasan pangan.

Semua jenis plastik, baik yang berbahan PC maupun PET dan lainnya pasti memiliki zat aditif, yang memiliki dampak bagi kesehatan jika terkonsumsi.

Plastik agar bisa digunakan untuk tempat makan atau minum, maka bahan plastik itu harus melalui uji BPOM yang telah menetapkan berapa batas toleransi zat aditif yang aman untuk kesehatan tubuh manusia.

Pada kemasan galon Policarbonat (PC) yang akan digunakan untuk tempat air minum. Kemasan galon PC itu harus diuji terlebih dulu keamanannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),

Dalam sebuah penelitian menyampaikan bahwa kuman dapat berkembang dalam suhu kelembaban termasuk mikroba seperti bakteri, virus, dan jamur. Oleh karena itu, perlunya pengujian terhadap kemasan air minum agar menghindari tumbuh dan berkembang biaknya kuman pada sebuah kemasan.

BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. Peraturan ini mengatur persyaratan keamanan kemasan pangan termasuk batas maksimal migrasi BPA maksimal 0,6 bpj (600 mikrogram/kg) dari kemasan berbahan polikarbonat (PC).

Kemasan galon PC masih perlu melakukan proses sterilisasi sampai suhu sekitat 60 derajat untuk mematikan kuman, sebelum digunakan kembali. Sedangkan kalau jenis plastik PET tidak tahan terhadap suhu panas sama sekali.

Dalam proses pembuatan kemasan galon PC biasanya menggunakan mesin blow moulding. Mesin blow moulding sendiri banyak digunakan pada pembuatan beragam bentuk plastik seperti kemasan galon, kemasan botol air mineral, dan bahkan kemasan botol shampo yang mengharuskan proses dilakukan secara cepat.

Blow moulding merupakan proses penggembungan material thermoplastik menjadi bentuk berongga (hollow) atau mengikuti arah aliran parison dalam kondisi panas (suhu leleh material) berada didalam cetakan (mold) yang tertutup, sehingga pada akhir proses penggembungan dibantu dengan fluida tekan (gas) akan terbentuk profil material thermoplastik yang sesuai dengan cetakan (mold) yang dihasilkan.

Mesin blow moulding mempunyai 3 jenis proses. Yaitu :
1. Stretch Blow Mold

Stretch Blow Mold adalah proses pembentukan plastik dengan cara direntangkan (stretch) sampai tercapai ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan ketebalan bakalan plastik. Proses ini banyak digunakan untuk plastik dengan jenis PET dan juga PC, tediri dari komponen Injeksi, Stretcher dan blow

2. Extrusion Blow Mold

Proses Extrusion Blow Mold menggunakan Extruder dan blow, proses ini merupakan metode paling sederhana dalam proses blow mould. Prinsip ini bisa digunakan untuk produk yang bervariasi dari ukuran dan bentuk. Jenis plastik yang biasa digunakan dalam proses ini adalah HDPE, PVC, PP, PC, dan PETG

3. Injection blow Mold

Injection blow Mold merupakan proses pembentukan produk berbahan plastik dengan cara diinjeksikan terlebih dahulu kemudian plastik akan di blow (tiup). Secara umum, mesin ini digunakan untuk kontainer dengan ukuran yang relatif kecil. Biasanya digunakan untuk proses produksi botol yang terdapat bentukan ulir pada bagian lehernya.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Jenis Plastik Polikarbonat untuk Pembuatan Kemasan Galon Diklaim Aman untuk Kemasan Air Minum, Selain itu Kami menyediakan mesin blow mouding dan juga berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *