Galon dari Plastik Polikarbonat Diklaim Aman untuk Kemasan Air Minum. Benarkah Demikian !!

Plastik yang digunakan untuk tempat makan atau minum, maka bahan plastik itu harus melalui uji BPOM yang telah menetapkan berapa batas toleransi zat aditif yang aman untuk kesehatan tubuh manusia.

Ada Tujuh jenis plastik yang umum dipasaran antara lain : Polyethylene Terephthalate (PETE atau PET), High-Density Polyethylene (HDPE), Polivinil Klorida (PVC), Polietilen Densitas Rendah (LDPE), Polypropylene (PP), Polystyrene atau Styrofoam (PS) dan plastik lainnya (termasuk: polikarbonat, polilaktida, akrilik, akrilonitril butadiena, stirena, fiberglass, dan nilon).
Sedangkan plastik jenis polikarbonat diproduksi melalui standar produksi dan keamanan yang ketat dan harus lolos dari uji keamanan BPOM sebelum digunakan sebagai kemasan pangan.

Semua jenis plastik, baik yang berbahan PC maupun PET dan lainnya pasti memiliki zat aditif, yang memiliki dampak bagi kesehatan jika terkonsumsi.

Plastik yang digunakan untuk kemasan makanan dan minuman harus melalui uji BPOM yang telah menetapkan berapa batas toleransi zat aditif yang aman untuk kesehatan tubuh manusia.

Pada kemasan galon Policarbonat (PC) yang akan digunakan untuk tempat air minum. Kemasan galon PC itu harus diuji terlebih dulu keamanannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),
Dalam sebuah penelitian menyampaikan bahwa kuman dapat berkembang dalam suhu kelembaban termasuk mikroba seperti bakteri, virus, dan jamur.

Oleh karena itu, perlunya pengujian terhadap kemasan air minum agar menghindari tumbuh dan berkembang biaknya kuman pada sebuah kemasan.

BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. Peraturan ini mengatur persyaratan keamanan kemasan pangan termasuk batas maksimal migrasi BPA maksimal 0,6 bpj (600 mikrogram/kg) dari kemasan berbahan polikarbonat (PC).

Kemasan galon PC masih perlu melakukan proses sterilisasi sampai suhu sekitat 60 derajat untuk mematikan kuman, sebelum digunakan kembali. Sedangkan kalau jenis plastik PET tidak tahan terhadap suhu panas sama sekali.

Sedangkan dalam proses pengisian air pada kemasan galon PC biasanya menggunakan mesin filling injection. Mesin filling galon merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mengisi produk yang berbentuk cairan. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bisnis air minum dalam kemasan (AMDK).

Selain mengisi produk, Mesin filling Galon juga bisa digunakan untuk proses pengemasan sekaligus Penyegelan. Tak hanya itu, Mesin Filling Galon juga bisa melakukan proses pembersihan galon secara otomatis.

Mesin Filling Galon mempunyai tingkat akurasi pengisian yang sangat tinggi, yakni 99 % dan tingkat kemelesetan ± 1 %. Sehingga dengan menggunakan mesin filling galon membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien tentunya.

Manfaat Menggunakan mesin filling galon :
+ Tak perlu mencuci galon secara manual.
+ Proses pengisian galon secara otomatis
+ Menjaga kualitas isi produk
+ Lebih higienis
+ Menghemat tenaga kerja.
+ Efisiensi waktu.

Tipe Mesin Filling Galon Berdasarkan Cara Kerjanya

1. Mesin Filling Galon Manual

Mesin Filling Galon manual adalah jenis mesin yang digunakan untuk pengisian produk atau bahan yang dikemas dalam sebuah galon masih menggunakan tenaga manusia.

2. Mesin Filling Galon Semi Automatic

Mesin Filling Galon semi automatic adalah mesin otomatis yang masih menggunakan operator untuk proses pengoperasian sistemnya. Dan sesekali bisa ditinggal. Karena otomatis bekerja sendiri.

3. Mesin Filling Galon Full Automatic

Mesin Filling Galon Full automatic adalah mesin yang digunakan untuk proses pengisian produk atau bahan yang dikemas sepenuhnya secara otomatis. Dengan menggunakan sistem inline atau rottary, mulai dari pengisian galon pada nozzle secara otomatis, pemasangan tutup galon secara otomatis dan penyegelan galon.

 

Demikian artikel dari bosspacking , Selain itu Kami menyediakan mesin blow mouding dan juga berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *