Tips Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

 

Mineral merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, baik sebagai sebagai pembentuk bagian tubuh ataupun menjaga proses metabolisme tubuh.

Kebutuhan mineral tubuh dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, kebutuhan mineral juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi air mineral.

Memilih air mineral yang tepat sangat disarankan untuk kesehatan tubuh, karena dengan memilih air mineral yang berasal dari sumber terlindungi dan prosesnya terjaga, sehingga kualitas dan kandungan mineralnya tetap terjaga.

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sebanyak minimal 2 liter per hari. Memudahkan dalam proses penyerapan mineral pada tubuh.

Air minum dalam kemasan kini menjadi cara praktis untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air mineral berkualitas yang berasal dari sumber mata air pegunungan pilihan yang tersedia dalam kemasan gelas, botol dan galon.

Air minum dalam kemasan merupakan air yang telah diproses, tanpa bahan pangan lainnya, dan bahan tambahan pangan, dikemas, serta aman untuk diminum. Sementara, air mineral yakni air minum dalam kemasan yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, dengan atau tanpa penambahan oksigen (O2) atau karbon dioksida (CO2).

Air minum dalam kemasan diproses dalam beberapa tahap proses pemurnian air, baik menggunakan proses pemurnian air (Reverse Osmosis / Tanpa Mineral) maupun proses biasa Water treatment processing (Mineral), dimana sumber air yang digunakan untuk Air minum kemasan mineral berasal dari mata air pengunungan, Untuk Air kemasan Non mineral biasanya dapat juga digunakan dengan sumber mata air tanah / mata air pengunungan.

Proses Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) harus melalui proses tahapan baik secara klinis maupun secara hukum, secara hygienis klinis biasanya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) disahkan menurut peraturan pemerintah memalui Departemen Badan Balai Pengawasan Obat Dan Makanan ( Badan POM RI) baik dari segi kimia , fisika, microbiologi, dll.

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) harus memenuhi standar nasional (SNI dengan kode SNI No.01-3553-1996 tentang standar baku mutu air dalam kemasan, serta MD yang dikeluarkan oleh BPOM RI yang merupakan standar baku kimia, fisika, mikrobiologis. Serta banyak lagi persyaratan yang harus dipenuhi agar AMDK itu layak dikonsumsi dan aman bagi kesehatan manusia.

Adapun proses Pengolahan air untuk menjadikan air siap dikemas dan dipasarkan secara umum, ada beberapa proses yang harus dilalui antara lain :

1. Proses Water Treatment System
2. Proses Water Sterilisasi
3. Proses Quality Control System
4. Proses Pengemasan ( Gallon, Bottle, Cup, dll)
5. Proses Pengepakan
6. Proses Distribusi

 

Sementara terkait persyaratan kemasan dalam SNI 3553:2015, disebut produk dikemas dalam wadah yang tertutup rapat, tidak dipengaruhi atau mempengaruhi isi, aman selama penyimpanan dan pengangkutan.

Pada kemasan gelas atau botol kemasan plastik juga melalui pemeriksaan (audit) parameter uji sesuai dengan ketentuan Permenperin Nomor 26 Tahun 2019.

Sedangkan pada proses Water Treatment atau proses pengolahan air untuk umpan ke-ketahapan mesin selanjutnya harus memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi agar kondisi mesin selanjutnya tidak cepat rusak dan aus. Yang harus diperhatikan adalah ; kapasitas filter– filter pendukung , media yang digunakan, bahan tabung filter yang digunakan , perawatan yang dilakukan.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Tips Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *