Ketahui Kendalanya Dulu Sebelum Bisnis Air Isi Ulang

Bisnis depot air isi ulang merupakan bisnis yang menjanjikan, karena selain keuntungan yang cukup besar, Modal juga tidak terlalu besar, bisnis ini pun mempunyai prospek yang cukup cerah kedepannya. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan air minum sudah menjadi kebutuhan pokok atau Kebutuhan primer.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis usaha, pasti memiliki kendala. Bagi yang bisa mengatasi kendalanya, mereka akan terus maju. Bagi yang tidak bisa mengatasi, mereka akan kalah dan menyerah. Mereka akan berhenti. Begitu juga dengan jenis usaha isi ulang dimana terdapat beberapa kendala yang harus diatasi. Kendala ini bisa dengan bahan baku (air), pengolahan air, pengoperasian dan perawatan mesin filter dan lainnya.

Tetapi ada beberapa hal yang banyak dilupakan oleh pemilik bisnis ini sebelum memutuskan untuk membeli mesin isi ulang  yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai kondisi yang ada. Kita perlu untuk terlebih dahulu mengetahui kondisi-kondisi yang ada sebelum memutuskan untuk membeli jenis mesin air isi ulang. Terdapat bermacam-macam jenis dan kategori mesin yang dapat ditemui, dan tentunya masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Mengenai mesin air isi ulang yang harus sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi yang ada, Maka Anda harus mengetahui apa akibatnya jika anda salah dalam melakukan pembelian mesin Isi ulang air ? di bawah akan kita bahas secara singkat dampak dari kesalahan dalam memilih mesin yang sesuai.

Dampak dari kesalahan membeli mesin air Isi Ulang :

   1. Biaya yang terlalu tinggi

Sebelum melakukan pembelian mesin air isi ulang, hendaklah kita mengetahui mesin apa saja yang harus dipakai untuk melakukan filtrasi terhadap air yang akan kita gunakan sebagai bahan baku pengolahan. Pakailah hanya mesin-mesin yang diperlukan dalam proses filtrasi sesuai dengan permasalahan yang ada. Over spesification dapat menyebabkan biaya dalam pembangunan bisnis isi ulang menjadi terlalu tinggi.

   2. Kualitas dari hasil pengolahan air yang tidak baik

Air yang dihasilkan oleh mesin yang tidak sesuai dengan kondisi sumber air, maka akan menghasilkan air yang memiliki kualitas tidak sesuai dengan kita inginkan, atau air yang kualitasnya kurang baik. Karena setiap proses pada mesin memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga kesalahan dari pembelian mesin akan secara langsung mempengaruhi kualitas air yang dihasilkannya.

   3. Mesin yang cepat rusak

Pada saat anda salah memilih sebuah mesin, maka akan terjadi masalah dalam proses filtrasi tersebut, salah satu pengaruhnya adalah membuat mesin menjadi cepat rusak. Karena mesin memproses apa yang bukan merupakan kemampuannya. Contoh: Apabila air kita keruh ( Turbidity tinggi), maka kita cukup memakai Sand Silica filter dan sedimen cartridge, banyak orang yang salah dengan memakai carbon filter atau Sistem Reverse osmosis, tentunya Karbon filter bukannya digunakan untuk menyaring Kekeruhan. Dan pemakaian membrane reverse osmosis pun akan membuat membrane ro tersebut menjadi cepat tersumbat atau fouling

   4. Intensitas perawatan mesin yang lebih sering dari biasanya

Mesin yang salah dibeli akan menyebabkan kita harus sering melakukan perawatan dan tentunya Intensitas perawatan mesin yang semakin tinggi, akan mempengaruhi biaya dan efektifitas kerja dari kita. Mesin yang tepat akan sangat mengeliminasi biaya untuk  perawatan yang tidak diperlukan, sehingga produktivitas akan meningkat maka dapat membuat kemungkinan laba semakin meningkat juga.

 

    5. Kemampuan bersaing yang rendah

Dengan bermacam-macam point yang dihadapi oleh pemilik usaha, rasanya akan sangat sulit bagi dia untuk dapat bersaing dengan pesaing yang ada disekelilingnya.

Setelah kita bahas beberapa poin yang dapat terjadi dari akibat kesalahan membeli mesin tersebut, maka penting untuk kita ketahui bahwa proses pembelian mesin air isi ulang di awal merupakan salah satu proses yang sangat penting yang harus diketahui oleh banyak orang sebelum mereka memulai usaha tersebut.

Selain akibat dari kesalahan membeli mesin air isi ulang, alangkah baiknya kita juga mengetahui faktor-faktor yang bisa membawa dampak buruk pada bisnis air isi ulang anda. Berikut diantaranya:

  • Kualitas Air Tidak Terjamin

Air minum isi ulang cenderung memiliki rasa yang berbeda daripada air yang direbus hingga matang atau air kemasan yang melewati sederet proses di pabrik. Beberapa hal yang menyebabkan perbedaan rasa tersebut adalah kebersihan dan tingkat keasaman (pH) yang tidak terpantau dengan baik.

  • Kebersihan Galon Air Dipertanyakan

Jika sumber air sudah dipastikan higienitasnya, namun galon sebagai wadahnya tidak memenuhi persyaratan maka tetap dapat berbahaya. Galon wajib dibersihkan setiap sebelum dilakukan pengisian air.

Selanjutnya, galon tidak boleh disimpan dalam depot air minum isi ulang lebih dari 24 jam, serta harus diberikan kepada konsumen dalam jangka waktu tersebut.

  • Tidak Melewati Proses Sesuai Standar yang Berlaku

Masalah air isi ulang yang pertama berkaitan dengan standar. Pada umumnya, air minum isi ulang yang tersedia di depot-depot pinggir jalan hanya melewati proses sekedarnya, sehingga tidak sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia (SNI).

Hal ini memperbesar kemungkinan air untuk mengandung kontaminasi kuman atau bakteri berbahaya, yang pada akhirnya malah dapat menyebabkan sederet masalah kesehatan.

  • Lokasi yang Tidak Strategis

Masalah air isi ulang berikutnya berhubungan dengan lokasinya. Sebagian depot air minum isi ulang terletak di pinggir jalan raya. Ini membuat alat-alat yang digunakan untuk memproses air minum berisiko tinggi untuk terpapar polusi, baik berupa debu atau asap kendaraan bermotor.

Padahal, menurut Peraturan Menteri Kesehatan mengenai Higiene Sanitasi Depot Air Minum, “lokasi berada di daerah yang bebas dari pencemaran lingkungan dan penularan penyakit”. Pada akhirnya, air minum isi ulang yang Anda beli di depot tersebut memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terkontaminasi unsur-unsur berbahaya.

 

Singkat kata, hendaklah kita berusaha untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari orang yang lebih ahli agar tidak salah dalam membeli mesin. Kunjungi penjual mesin tersebut untuk memperoleh informasi yang lebih banyak, dan pastikan bahwa anda membeli mesin dari orang yang cukup mengerti akan pengolahan air minum. Dan yang terpenting adalah mudahnya komunikasi apabila terjadi masalah di kemudian hari pada mesin kita.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Ketahui Kendalanya Dulu Sebelum Bisnis Air Isi Ulang, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *