Syarat-Syarat Kemasan Yang Baik Dan Berstandar SNI

Pengemasan merupakan suatu cara untuk menjaga keamanan dari isi makanan atau bahan pangan, agar makanan atau bahan pangan baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan, dapat sampai ke tangan konsumen dengan “selamat”, secara kuantitas maupun kualitas. Berikut ini syarat-syarat pengemasan yang baik:
1. Harus Sesuai dengan bahan yang dikemas
Memilih desain kemasan yang salah dapat mengakibatkan kerugian bagi Anda. Contohnya, salah satu produk jenis makanan yang seharusnya menggunakan kemasan yang bening atau transparan, tetapi dilakukan sebaliknya, sehingga harus membuka terlebih dahulu untuk mengetahui isi kemasan, dan hal ini akan merusak segel serta menurunkan nilai jual produk.
2. Kemudahan dan keamanan dalam mengeluarkan isi
Kemasan produk yang berguna untuk melindungi isi produk harus memiliki karakteristik untuk mempermudah dalam proses mengambil isi produk di dalam kemasan dan aman. Artinya, tidak banyak produk yang terbuang, tersisa atau tercecer.
3. Ukuran, berat dan bentuk harus sesuai
Ukuran kemasan perlu diperhatikan, karena berhubungan erat dengan penanganan selanjutnya seperti penyimpanan, pengangkutan maupun sebagai hal yang menarik perhatian. Akan lebih baik kemasan didesain untuk menarik konsumen, dan berat kemasan dibuat sesuai dengan produk untuk mengurangi energi dan biaya akomodasi penjualan.
4. Tidak Berbahaya
Tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan manusia, maka bahan dasar dari sebuah kemasan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga keamanan isi produk.
5. Memudahkan dalam proses daur ulang
Pada umumnya kemasan bekas adalah sampah dan menjadi permasalahan yang perlu ditangani. Biasanya produsen membuat produk yang dikemas dengan praktis, dan dapat digunakan kembali atau bisa di proses daur ulang untuk menarik minat pembeli.
6. Sanitasi harus sesuai dengan syarat-syarat kesehatan
Persyaratan sanitasi yang baik harus dipenuhi, walaupun bahan dasar sebuah kemasan tidak mengandung toksin. Tujuan adanya persyaratan ini agar menjamin kemasan tersebut sudah lulus dan sesuai peraturan yang tidak membahayakan kesehatan manusia.
7. Biaya rendah
Biasanya untuk mempertahankan produk agar dapat terjangkau oleh daya beli konsumen, produsen menurunkan atau menekan biaya pengemasan sampai batas tertentu, tetapi kemasan dapat digunakan lagi. Hal ini penting karena konsumen akan memilih produk yang sama dengan harga yang lebih rendah.
8. Syarat-syarat khusus kemasan yang baik
Dari semua persyaratan sebelumnya, pada persyaratan ini maka produk harus disesuaikan dengan kategori dan penanganan yang cocok dari isi produk hingga tempat untuk menyimpan produk. Contohnya, kemasan sayuran untuk daerah tropis memiliki persyaratan yang berbeda dengan kemasan produk yang akan diekspor ke daerah yang lebih dingin (subtropis).
9. Desain Kemasan Produk Memenuhi Standar SNI
Desain dan Kemasan selain dibuat semenarik mungkin juga harus memperhatikan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN). Oleh Karena itu beberapa persyaratan desain yang harus ada pada desain kemasan produk anda :
* Nama Produk Dan Logo
Harus mencantumkan nama dan logo pada kemasan produk yang akan anda jual. Selain untuk persyaratan kemasan SNI, logo dan nama produk juga bisa sebagai sarana promosi untuk produk yang anda jual.
*Keterangan Komposisi Bahan dan Tambahan
Mencantumkan keterangan komposisi dan bahan tambahan pada kemasan merupakan persyaratan dalam desain kemasan berstandar SNI. Mencantumkan bahan baku yang digunakan hingga menginformasikan berat bersih dari produk yang anda jual.
*Keterangan Tanggal Kedaluwarsa
Keterangan tanggal kedaluwarsa juga harus dicantumkan dalam kemasan secara lengkap, dari mulai tanggal, bulan dan tahun kedaluwarsa dari produk yang anda jual. Karena untuk memudahkan konsumen dalam mengetahui kelayakan isi produk tersebut.
*Berlogo Halal Dan Berlogo SNI
Pastikan produk yang akan anda jual sudah lolos uji dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan juga lolos uji Halal dari MUI. Logo Halal dan Logo SNI pada kemasan produk akan menambah nilai positif pada produk Anda di mata konsumen.
*Kekuatan Kemasan Yang Tidak Mudah Rusak
pilihlah material bahan terbaik untuk kemasan produk anda. karena dengan material bahan yang baik akan menjaga kualitas dari produk anda sendiri. Kemasan dapat menjaga isi produk tetap steril dan terhindar dari bakteri luar, selain itu kemasan akan menjaga produk anda hingga sampai di tangan konsumen anda dengan layak.
Demikian artikel dari bosspacking tentang Syarat-Syarat Kemasan Yang Baik Dan Berstandar SNIApapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *