Mengenal Jenis Gelas Plastik dan Fungsi Lid Plastik Untuk Kemasan Produk Minuman Milenial

Apakah Anda memiliki usaha produk minuman segar yang sedang berkembang saat ini? Atau Anda sedang berencana untuk memulai usaha produk minuman? Satu hal penting dalam usaha minuman adalah media pengemasannya. Pada umumnya, usaha produk minuman pada trend saat ini menggunakan gelas plastik sebagai media pengemasan.

 

Usaha produk minuman tersebut menggunakan media gelas atau cup plastik untuk mengemas minuman yang kemudian ditutup dengan lid plastik dengan teknik sealing. Namun ada juga yang tidak menggunakan lid plastik sebagai penutupnya. Berikut ini adalah jenis gelas yang umum digunakan untuk usaha minuman yang berkembang pada saat ini.

  1. Gelas Plastik Berbahan PET / PETE (Polyethylene Terephthalate)

PET atau PETE umumnya digunakan untuk mengemas air mineral baik itu gelas cup atau botol. Gelas plastik dengan bahan PET memiliki tampilan yang transparan dan jernih.

Kelebihan:

Gelas Plastik dengan bahan PET lebih tebal dan lebih bening. Gelas jenis ini biasa dipakai oleh Café dan Restoran. 

Ukuran gelas lebih lengkap. Tersedia ukuran dari 8 Oz, 10 Oz, 12 Oz, 14 Oz, 16 Oz, 22 Oz, 24 Oz dan 30 Oz.

Kekurangan:

Gelas Plastik dengan bahan PET tidak bisa di Lid Sealer / Mesin Pres.

Harga gelas lebih mahal dibandingkan dengan Gelas Plastik PP.

 

  1. Gelas Plastik Berbahan PP (Polypropylene)

 

Jenis plastik ini adalah yang terbaik jika digunakan untuk mengemas makanan ataupun juga minuman. Gelas plastik berbahan PP memiliki tampilan yang transparan namun tidak jernih dan cukup mengkilap.

Kelebihan:

Gelas Plastik dengan bahan PP banyak dijual di Pasaran. Ketebalan gelas lebih banyak. Ketebalan 4 gram, 5 gram, 7 gram, 9 gram dan 11 gram. 

Harga jauh lebih murah dibandingkan Gelas Plastik PET

Gelas Plastik ini bisa dipakai Lid Sealer/ Mesin Pres.

Kekurangan:

Gelas Plastik ini dari sisi kejernihannya kurang dibandingkan Gelas Plastik PET. Karena memang karakter plastik PP yang kurang Jernih.

Selain jenis gelas plastik yang tepat untuk kemasan produk anda, Penggunaan lid plastik untuk menutup gelas plastik juga memiliki tingkat keamanan yang lebih untuk menjaga keamanan produk anda. Dengan lid plastik tentunya akan membuat produk minuman anda tidak mudah tumpah. Apalagi dengan media pemesanan online, tentunya menjadi sebuah hal yang penting agar minuman yang dipesan sampai ke konsumen dalam keadaan yang baik. Jika Anda memasarkan usaha minuman Anda melalui media pemesanan online, maka gelas plastik dengan penutup lid plastik menjadi pilihan yang tepat.

Selain sebagai penutup gelas, lid plastik juga dapat dijadikan sebagai media branding atau promosi atas usaha produk minuman Anda. Dengan desain pengemasan yang unik di gelas dan lid plastik Anda, tentunya akan memberikan nilai lebih untuk usaha minuman Anda. 

 

Untuk memudahkan dalam pemasangan lid plastik pada gelas kemasan anda bisa menggunakan mesin cup sealer. Mesin Cup Sealer adalah mesin yang digunakan untuk menutup permukaan cup minuman sehingga memberikan kesan rapi, indah dan aman (tidak mudah tumpah). mesin cup sealer ini menggunakan prinsip kerja pemanasan (heating) dan cutting (pemotongan otomatis), jenis cup yang bisa di sealer menggunakan mesin cup sealer ini adalah cup yang memiliki permukaan bulat (jenis cup kotak tidak bisa di press menggunakan mesin ini).

 

Berikut ini adalah beberapa jenis Cup Sealer yang mungkin bisa membantu pekerjaan sesuai kebutuhan anda  :

  1. Manual Non Cutting : Pres manual, plastik dipotong manual dengan menggunakan gunting.
  2. Manual Cutting : Laci manual, Pres manual, roll manual, potong plastik otomatis.
  3. Semi Auto : Laci manual, Pres manual, roll otomatis, potong plastik otomatis.
  4. Auto : Laci manual, Pres otomatis, roll otomatis, potong plastik otomatis
  5. Fully Auto : Laci otomatis, Pres otomatis, roll otomatis, potong plastik otomatis.

Jika dibandingkan dengan penutup minuman biasa jelas penggunaan mesin ini sangatlah efektif dan efisien. Selain itu apa saja keunggulan menggunakan mesin ini.

–  Higienis

Karena penyegelannya yang sangat rapat jadi menjamin minuman lebih higenis. Dengan metode pengemasan minuman seperti ini minuman akan terhindar dari paparan bakteri sehingga minuman akan tetap dalam keadaan steril dan bersih.

–  Hemat waktu

Pengoperasiannya yang lebih mudah akan menghemat waktu penyegelan penutup minuman sehingga tidak ada konsumen yang kecewa karena terlalu lama menunggu minuman yang mereka pesan. Namun jika Anda ingin lebih menghemat waktu kami sarankan untuk memilih mesin minuman yang sudah otomatis karena proses penyegelannya lebih cepat.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Mengenal Jenis Gelas Plastik dan Fungsi Lid Plastik Untuk Kemasan Produk Minuman MilenialApapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *