Perlunya Memahami Metode Pengemasan Vacuum Dalam Menjaga Kualitas Produk

Makanan yang sifatnya olahan biasanya tidak dapat bertahan lama dan dapat cepat kadaluarsa. Oleh sebab itu, sebagian produsen makanan menggunakan bahan pengawet pada makanan yang dipasarkan. Tidak semua bahan pengawet aman untuk dikonsumsi bahkan berbahaya.

 

Teknologi pengemasan makanan dengan mesin vakum menjadi alternatif terbaik untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet. Cara kerja mesin vakum adalah dengan menyedot semua udara dari dalam kemasan sebelum disegel.

 

Pengemasan vakum adalah metode kemasan yang menghilangkan udara dari paket sebelum di sealing/press. Metode ini bisa digunakan secara manual maupun otomatis seperti memasukan produk kedalam kantong plastik vacuum, mengeluarkan udara dari dalam plastik dan penyegelan plastik. Pengemasan plastik vakum diharapkan menggunakan plastik dengan ukuran yang pas sesuai dengan bentuk produk yang akan dikemas.

Maksud utama dari kemasan vacuum adalah biasanya digunakan untuk menghilangkan oksigen dari dalam kemasan plastik vacuum, dimana ketika oksigen sudah dikeluarkan diharapkan waktu kadaluarsa suatu produk akan lebih panjang lagi . Penggunaan plastik ini dapat memperpanjang waktu display produk, dengan bentuk yang fleksibel, serta untuk mengurangi ukuran suatu kemasan produk.

 

Proses pengemasan menggunakan metode Vacuum dapat mengurangi oksigen atmosfer, membatasi pertumbuhan bakteri aerob dan jamur selain itu juga dapat mencegah penguapan komponen volatil. Hal ini juga sering digunakan untuk menyimpan makanan kering dalam jangka waktu yang panjang, seperti sereal, kacang-kacangan, daging, keju, ikan asap, kopi, teh, keripik, rendang, ayam presto, sosis, nugget, dan lain-lain. Pada dasarnya dalam jangka pendek pengemasan vacuum dapat digunakan untuk menyimpan makanan segar, sayuran, daging dan cairan, karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Vacuum packing dapat diaplikasikan untuk produk bukan makanan. Misalnya pakaian, komponen elektronik, guling, bantal, dan tempat tidur dapat disimpan dalam kantong menggunakan alat vacuum cleaner rumah tangga atau vacuum sealer external.

 

Penggunaan makanan yang halus dan mudah hancur oleh proses pengepakan vacuum sealer ( seperti keripik kentang ), dapat menggunakan cara alternatif dengan memasukan gas nitrogen ke dalam kemasan. Cara ini mempunyai efek yang sama dengan proses vakum yaitu menghambat kerusakan dengan menghilangkan oksigen.

 

Mesin vacuum sealer merupakan mesin yang biasa digunakan dalam menunjang proses pengemasan suatu produk menjadi terjamin mutunya. Vacuum Sealer biasanya banyak digunakan untuk mengemas produk makanan agar lebih tahan lama.

Sebenarnya mesin vacuum sealer ini cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan menghilangkan udara yang ada dalam kemasan lalu menyegelnya dengan cara sealer. Mesin tersebut mengemas produk sesuai bentuk produk tersebut. Bila dilihat hasil kemasannya mirip mesin thermal shrink.

Mesin ini bekerja otomatis menghilangkan oksigen yang terdapat didalam kemasan yang bertujuan guna memperpanjang masa simpan produk tersebut. Di samping itu keunggulan dari mesin vacuum sealer ialah untuk meminimalisir volume isi dari produk tersebut sendiri.

Produk yang menggunakan proses vakum dapat memperpanjang umur makanan menjadi lebih duratif sehingga mengurangi pembusukan makanan. Oleh karena itulah mesin Vacuum Sealer sangat dibutuhkan dalam menjaga kualitas produk makanan yang akan Anda jual. 

Saat Anda menggunakan mesin vacuum sealer untuk menyimpan makanan anda, maka makanan Anda akan terjaga kesegarannya dan rasanya lebih lama daripada menggunakan proses penyimpanan yang lain. Dengan menghilangkan semua udara dari kantong, makanan akan tetap terjaga baik tersebut dari tekstur, tampilan serta rasa. Menggunakan wadah kedap udara bakal sangat bermanfaat apabila kamu seringkali berbelanja dalam jumlah yang besar, hendak menghemat pengeluaran dalam berbelanja, serta hendak menjaga kesegaran makanan anda.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Perlunya Memahami Metode Pengemasan Vacuum Dalam Menjaga Kualitas ProdukApapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *