Tanggapan Dari Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia Tentang Produk Galon Sekali Pakai Dari Le Mineral

 
Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) menyampaikan bahwa galon plastik sekali pakai seperti milik Le Minerale merupakan jenis plastik PET (Polyethylene Terephthalate) dengan kode plastik daur ulang nomor 1, artinya sampah plastik tersebut tergolong mudah dalam proses daur ulang dan biji plastiknya dapat digunakan kembali.
 
Produk galon sekali pakai milik Le Mineral ini dipasarkan dengan jargon “Lebih Higienis, Lebih Praktis” serta diklaim lebih bersih karena masyarakat tidak perlu mengembalikan galon kosong.
 
Di sisi lain, galon Le Minerale ini juga bebas dari bahan kimia bisphenol-A (BPA) yang berbahaya, tidak seperti galon biasa yang mengandung BPA. Le Minerale juga mengklaim bahwa galonnya ini 100% Eco Recylebale yang terbuat dari 100% bahan yang dapat didaur ulang, baik botol maupun tutupnya.
 
Kemasan plastik sebaiknya memiliki desain yang mudah didaur ulang. Selain lebih ramah lingkungan, kemasan plastik jika dikelola dengan benar dapat menggerakkan kegiatan ekonomi sirkular.
 
Dengan daur ulang, bahan plastik bisa terus memiliki nilai ekonomi, baik sebelum digunakan, saat digunakan, maupun setelah digunakan.
 
Proses daur ulang limbah plastik produk kemasan pangan merupakan solusi efektif terhadap tumpukan limbah plastik yang menjadi masalah lingkungan. Solusi ini juga memberikan banyak dampak positif bagi sektor lain, seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat, yang berbasis pada prinsip ekonomi sirkular.
 
Jenis plastik yang paling mudah didaur ulang yakni Polyethylene Terephthalate yang biasa disingkat PET, PET merupakan jenis plastik yang banyak digunakan sebagai produk kemasan minuman, dalam bentuk botol plastik yang berwarna jernih atau transparan. Pasalnya, plastik PET memiliki banyak sifat unggul seperti lebih bening, kedap gas dan air, tahan pelarut, kuat, serta relatif lebih ringan dibandingkan kemasan lain untuk volume yang sama.
 
Selain mudah didaur-ulang, limbah plastik PET bisa dikonversi menjadi produk turunan yang beragam dan bernilai ekonomi relatif tinggi, dikarenakan kestabilan sifat-sifatnya. Hal ini tentunya berdampak pada harga limbah plastik PET yang tinggi, sehingga wajar bila disukai oleh pemulung dan pelaku industri daur ulang.
 
Botol / galon air kemasan PET sangat membantu ekonomi rakyat kecil terutama mendukung pendapatan pemulung dan pengepul sampah.
 
Dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan yang tinggi, Saut melihat pekerjaan yang paling mudah dilakukan adalah memungut sampah bernilai. Sebagai contoh Di TPA Bantar Gebang, terdapat 6000 pemulung yang mencari sampah untuk menghidupi anak dan istri.
 
Produk terbaru galon Le Minerale ini bisa di anggap sebagai peluang baru yang dapat membantu perputaran ekonomi masyarakat saat ini.
Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *