Tips Menentukan Desain Kemasan Yang Menarik Biar Makin Laris

Ada banyak faktor pendukung yang mempengaruhi Anda dalam berbisnis. Salah satu faktornya adalah desain kemasan yang Anda pilih. Kemasan adalah salah satu bentuk penyampaian pesan yang baik. Dari kemasan, Anda bisa menentukan warna, garis, logo, dan desain yang menarik sehingga bisa memunculkan identitas produk Anda.

Kemasan juga mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan. Ketika melihat kemasan menarik, biasanya pembeli akan tertarik untuk ingin mengetahui apa isi produk dan kemudian membeli produk Anda.

Kemasan yang Anda buat harus kreatif dan informatif. Selain itu, unik dan beda dari competitor adalah langkah baik bagi identitas produk Anda. Kemasan juga menjadi alat pemasaran online yang efektif. Ketika pembeli mengunggah kemasan Anda ke dalam akun media sosialnya artinya kemasan Anda menarik baginya.

Produk yang dikemas dengan rapi, baik serta unik akan memberikan nilai jual yang tinggi. Kebiasaan pembeli adalah melihat desain yang keren. Maka dari itu, dalam kemasan Anda, perlu membuat desain yang menarik agar pembeli tertarik.

Lalu, bagaimana cara membuat desain kemasan yang unik sekaligus menarik untuk produk Anda? Berikut tipsnya.

  1.   Desain yang Simple namun Elegan

Ketika konsumen melihat desain kemasan yang rumit, biasanya akan berpaling ke kompetitor. Yang perlu Anda lakukan adalah kemasan Anda menampilkan desain yang unik, menarik, simple, dan elegan. Tidak terlalu mencolok namun pesan yang dimuat mampu tersampaikan dengan jelas kepada pembeli.

Sederhana bukan berarti murahan. Justru dari sederhana mampu menampilkan yang elegan sehingga memiliki kesan yang menawan. Warna, jenis huruf, dan pemilihan slogan adalah bagian pendukung agar tercipta desain kemasan yang baik.

  1.   Penentuan Tipografi Yang Tepat 

Desain visual penting bagi pembeli sehingga aturlah tipografi dengan rinci dan baik. Unsur-unsur dalam tipografi meliputi pemilihan warna, penggunaan jenis font, dan gaya tulisan yang tidak berlebihan. Anda perlu memperhatikan dengan detail agar sesuai dengan identitas pada produk.

Selain itu, tulisan yang Anda hasilkan langsung to the point. Jangan bertele-tele. Pembeli cenderung memperhatikan tulisan yang singkat namun padat. Informasi yang disampaikan pun akurat sehingga menarik calon pembeli menggunakan produk Anda.

Ingat, selain atur tipografi, desain kemasan yang Anda tampilkan baiknya sederhana namun elegan.

  1.   Buat Desain Kemasan Edisi Khusus

Bagi pembeli yang loyal pada produk Anda, biasanya mereka akan memburu desain kemasan dengan edisi khusus. Anda bisa mengeluarkan edisi khusus dengan mengeluarkan embel-embel “terbatas”. Hal demikian akan membuat pembeli berpacu untuk mendapatkannya.

Desain kemasan dalam edisi khusus perlu dibuat dengan stok terbatas. Sehingga, pembeli akan menerapkan prinsip “siapa yang cepat maka dia yang dapat”. Selain itu, dengan memiliki edisi khusus, pembeli mendapatkan kebanggaan karena belum tentu edisi khusus akan hadir untuk kedua kalinya.

  1.   Kualitas Material Bahan Kemasan

Ketika Anda menganggap produk Anda berharga maka yang perlu diperhatikan adalah kualitas kemasan yang bagus, bernilai tinggi, dan terpercaya. Ketiganya saling berkaitan sehingga membuat identitas pada produk Anda semakin dipercaya oleh pembeli.

Anda tidak perlu membeli bahan yang mahal atau impor untuk mendapatkan kualitas kemasan yang baik. Bahan lokal pun tak kalah dari bahan impor. Bahan tersebut telah banyak menghasilkan desain kemasan yang baik, teruji, dan bernilai tinggi. Selain itu, manfaatkan penggunaan stiker atau label dalam desain kemasan Anda.

  1.   Jaminan  yang Baik

Produk Anda bisa dikatakan baik apabila mampu menghadirkan kemasan yang menarik. Namun, menarik saja tidak cukup jika kemasan yang Anda tampilkan tidak melindungi produk dengan aman. Anda harus menilai bahwa produk yang Anda tawarkan ke pembeli adalah produk berharga. Sehingga, pembeli tidak khawatir mendapatkan barang rusak karena kemasan Anda.

Sebagai contoh, Anda menjual cemilan berupa kerupuk. Maka, Anda harus menyiapkan kemasan yang tahan banting sehingga tidak membuat kerupuk rusak. Usahakan pula kemasan yang Anda buat tahan dari udara sehingga produk tidak cepat berjamur. Hal ini penting karena, melalui logistik, ketahanan produk Anda akan diuji.

Tidak hanya kualitas desain kemasan saja yang bisa menentukan konsumen untuk menentukan pilihan pada produk Anda, teknik atau metode penyegelan yang digunakan pun sangat berpengaruh untuk menentukan kualitas produk anda. Hal ini karena bagian segel di kemasan akan menjadi celah untuk oksigen masuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Bahkan secara lebih jauh bagian segel pada kemasan bisa mengundang serangga masuk yang berakibat pada produk anda menjadi rusak.

Sebagus apapun produk yang sudah Anda produksi bisa tetap rusak jika ada celah yang bisa merusak produk pada segel kemasan. Oleh karena itu, kombinasi dari desain kemasan yang bermutu dengan sebuah sistem penyegelan yang baik juga akan membantu kualitas produk tetap terjaga.

Untuk mendapatkan hasil penyegelan atau sealing yang bagus, Anda tentu memerlukan sebuah alat press plastik yang digunakan untuk menyegel kemasan dengan baik. Alat press plastik dalam hal ini akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil penyegelan yang baik untuk menjaga kualitas produk tetap baik sampai ke tangan konsumen.

Mesin continuous sealer merupakan jenis mesin yang otomatis dan bisa berfungsi maksimal. Jenis mesin ini juga bisa dioperasikan untuk menyegel kemasan secara horizontal maupun vertikal. Hal yang bagus dan berkualitas dari mesin continuous sealer ini adalah Anda tidak perlu menyegel kemasan satu persatu lagi karena mesin bisa bekerja secara otomatis dan berkelanjutan.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Tips Menentukan Desain Kemasan Yang Menarik Biar Makin Laris, Apapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *