Pilihlah Jenis Plastik Dan Mesin Sealer yang Tepat Untuk Menjaga Kualitas Produk Anda

Sebelum dipasarkan ke seluruh wilayah, sebuah produk yang akan dijual pasti melewati tahap pengemasan. Pada tahap pengemasan, ada beberapa proses yang dijalankan seperti memasukkan produk ke dalam kemasan hingga melakukan penyegelan dengan alat press plastik.

Dalam sebuah proses produksi, tahap pengemasan memegang peran yang sangat penting sebagai tahapan yang sebenarnya bisa menentukan jangka waktu penyimpanan produk. Semakin bagus kualitas kemasan yang digunakan dan ditambah dengan metode pengemasan yang benar akan sangat menentukan jangka waktu penyimpanan produk. 

Dalam Wikipedia dikatakan, ketika kode plastik diterbitkan oleh The Society of Plastic Industry (SPI) pada tahun 1988 di Amerika Serikat. SPI mengeluarkan 7 kode RIC (Resin Identification Code). Setelah disetujui oleh ISO (International Organization for Standardization), 7 kode tersebut wajib dicantumkan pada setiap produk yang menggunakan bahan plastik, tidak terkecuali untuk produk yang berasal dari  Indonesia.  

First and foremost, kalian harus tahu barang-barang tersebut tidak akan secara otomatis di-recycle jika kita tidak memilah sampah kita dengan baik. Simbol di dalamnya menunjukkan apa jenis plastik untuk memudahkan daur ulang. Karena daur ulang pun harus disendirikan tergantung jenis plastik, tidak bisa hanya begitu saja. Kebayang kan bahwa recycle pun melewati proses sangat panjang.

Berikut 7 simbol daur ulang plastik beserta kode:

Lalu apa maksud dari 7 jenis simbol diatas? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

Simbol yang pertama  yaitu simbol daur ulang dengan kode angka 1 serta kode PETE atau PET pada bagian bawah. Simbol ini menunjukkan bahwa sebuah plastik yang terbuat dari Polyethylene Terephthalate. Biasanya simbol ini banyak ditemukan pada plastik untuk kemasan makanan dan minuman. Seperti botol minum, botol soda, botol minyak, botol saus, wadah selai, kotak obat, hingga sisir.

Jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai saja. Tidak disarankan untuk menggunakan berulang kali, apalagi mengisinya dengan air hangat, karena lapisan polimer dan zat karsinogenik pada plastik dapat larut (lepas) dan menyebabkan kanker pada organ tubuh manusia. 

Alangkah lebih baik jika barang-barang plastik dengan kode ini didaur ulang kembali menjadi tas atau karpet. Dan alangkah lebih baik lagi jika kita menghindari plastik jenis ini.

2. HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene)

Simbol daur ulang plastik selanjutnya adalah simbol dengan kode angka 2 dan kode HDPE atau PEHD.Simbol ini digunakan untuk sebuah plastik yang terbuat dari high density polyethylene.

Jenis plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk galon air minum, botol susu, botol sabun, botol deterjen, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya.

Jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali, karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana. 

Tetapi walaupun bisa digunakan berulang kali, kalian juga harus memperhatikan kebersihan yang tetap terjaga. 

3. PVC atau V (Polyvinyl Chloride)

Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. Misalnya plastik untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan. 

Barang-barang plastik yang terbuat dari plastik polyvinyl chloride ini sering juga disebut dengan “plastik beracun”, karena mengandung berbagai macam bahan kimia beracun yang dapat larut dan berbahaya bagi kesehatan.

Jenis plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga perlu dihindari menggunakan jenis plastik ini untuk kemasan makanan atau minuman.

4. LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)

Simbol berikutnya ada simbol dengan kode angka 4 dan LDPE atau PE-LD. Apakah kalian pernah menemukannya? Biasanya terdapat pada kantong plastik (kresek), kantong plastik sampah, tas belanja, hingga bungkus makanan.

Jenis plastik ini terbuat dari bahan low density polyethylene yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama dan dapat digunakan untuk berulang kali.

Tetapi alangkah lebih baik jika kalian menggunakannya sekali dan mendaur ulangnya agar tidak tertimbun di tanah yang butuh ratusan tahun untuk mengurainya. 

5. PP (Polypropylene)

Untuk simbol plastik kelima yaitu simbol dengan kode angka 5 dan kode PP. Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. Misalnya tempat makanan/minuman, botol sirup,  kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali berbahan plastik.

Barang plastik dengan simbol ini baik digunakan sebagai tempat makanan maupun minuman, karena terbuat dari  polypropylene yang sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas.

Walaupun demikian, jenis plastik ini cukup sulit untuk didaur ulang, sehingga alangkah lebih baik untuk mengurangi penggunaannya.

6. PS (Polystyrene)

Jenis plastik yang memiliki simbol dengan kode angka 5 dan kode PP adalah plastik yang terbuat dari polystyrene, biasanya dijual dengan harga yang cukup murah dan ringan.

Plastik jenis ini banyak digunakan sebagai tempat atau minuman dan tempat makan styrofoam, tempat telur, sendok/garpu plastik, foam packaging hingga bahan bangunan (bahan flooring). 

Plastik ini dapat mengeluarkan styrene yang merupakan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker, terutama jika saat menggunakan untuk makanan/minuman yang panas. Berbahaya kan? Apakah kalian masih menggunakan jenis plastik ini untuk kemasanan makanan dan minuman?

7. Other atau O

Dan yang terakhir simbol plastik dengan kode angka 7 dan kode Other atau O. Other disini maksudnya adalah jenis plastik yang tidak termasuk kedalam klasifikasi enam kode sebelumnya (  PETE atau PET, HDPE atau PE-HD, PVC atau V, LDPE atau PE-LD, PP, dan PS).

Penggunaan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman sangat berbahaya, karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. Ironisnya, simbol ini biasa digunakan pada plastik untuk botol minum bayi, botol minum olahraga, iPod cases, dan Compact Disk (CD).

Tidak hanya kualitas jenis plastik kemasan yang bisa sangat menentukan jangka waktu penyimpanan produk, teknik atau metode penyegelan yang digunakan pun sangat berpengaruh. Hal ini karena bagian segel di kemasan akan menjadi celah untuk oksigen masuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Bahkan secara lebih jauh bagian segel pada kemasan bisa mengundang serangga masuk yang berakibat pada produk anda menjadi rusak.

Sebagus apapun produk yang sudah Anda produksi bisa tetap rusak jika ada celah yang bisa merusak produk pada segel kemasan. Oleh karena itu, kombinasi dari bahan plastik kemasan yang bermutu dengan sebuah sistem penyegelan yang baik juga akan membantu kualitas produk tetap terjaga.

Untuk mendapatkan hasil penyegelan atau sealing yang bagus, Anda tentu memerlukan sebuah alat press plastik yang digunakan untuk menyegel kemasan dengan baik. Alat press plastik dalam hal ini akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil penyegelan yang baik untuk menjaga kualitas produk tetap baik sampai ke tangan konsumen.

Mesin continuous sealer merupakan jenis mesin yang otomatis dan bisa berfungsi maksimal. Jenis mesin ini juga bisa dioperasikan untuk menyegel kemasan secara horizontal maupun vertikal. Hal yang bagus dan berkualitas dari mesin continuous sealer ini adalah Anda tidak perlu menyegel kemasan satu persatu lagi karena mesin bisa bekerja secara otomatis dan berkelanjutan.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Pilihlah Jenis Plastik Dan Mesin Sealer yang Tepat Untuk Menjaga Kualitas Produk Anda, Apapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *