Karton Box Dan Sejarahnya

Karton box atau yang lebih dikenal dengan istilah kardus di tengah masyarakat memang sangat dibutuhkan. Salah satu fungsi utamanya tentu untuk mengemas barang/material sebelum dikirimkan ataupun dipasarkan. 

Asal mula karton box dimulai pada tahun 1874, ketika ada orang Amerika yang mampu menambahkan kertas liner pada karton bergelombang yang pada akhirnya dikenal sebagai Single Face. Penemuan ini kemudian dipatenkan oleh orang Amerika tersebut yang bernama Oliver Long. Di tahun yang sama, G. Smith berhasil membuat temuan Oliver Long menjadi lebih sempurna dengan menambahkan adanya 2 lapisan liner di permukaan atas dan bawah dari kertas bergelombang yang diberi nama corrugated board atau karton bergelombang.

Pada tahun 1895, industri karton bergelombang dikembangkan oleh Jefferson T. Ferres sehingga dapat merambah ke dunia bisnis dengan perusahaannya yang bernama Sefton Manufacturing Co. 

Box / kardus yang digunakan sebagai pembungkus berbagai keperluan yang menyangkut pengemasan, memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Jenis dan bentuk dari box kardus ini disesuaikan dengan keperluan. Berikut adalah pengenalan berbagai macam jenis dan bentuk box kardus. Untuk melihat lebih lengkap daftar model karton box/kardus. Secara umum bentuk kardus adalah:

1. Standard 4 Flap

Jenis dan bentuk dari box yang normal atau standard terkenal dengan nama box 4 Flap merupakan tipikal box yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk box ini dibuat dalam bentuk yang sederhana yaitu memenuhi dimensi panjang, lebar dan tinggi. Dilengkapi dengan tutup atas dan bawah yang akan saling bertemu ketika dilipat. Box dengan jenis ini biasa digunakan sebagai box untuk perdagangan atau stok barang-barang yang dijual seperti air minum, makanan, cemilan dan masih banyak lagi.

2. Overlap Box

Jenis box yang termasuk dalam tipikal overlap pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis box dengan bentuk standard. Hal yang membedakan box bentuk overlap dengan box bentuk standard adalah tutup pada bagian atas dan bawahnya yang dibuat tumpang tindih ketika dipertemukan. Box dengan jenis seperti ini biasa digunakan sebagai pengemasan atau pengiriman dari produk yang termasuk dalam kategori garment, plastik dan sejenisnya.

  1. Full overlap

Box dengan tipe semacam ini memiliki bentuk dasar yang hampir sama dengan box dalam tipe overlap maupun box standard. Seperti juga box tipe overlap, box tipe full overlap memiliki karakteristik yaitu ujung flap yang akan menutupi sampai dengan ujung dari box ketika ditutup. Box dengan jenis overlap juga dipergunakan dalam pengemasan dan distribusi dari produk seperti plastik, kain dan sejenisnya.

  1. Telescope Box

Berbeda dari ketiga tipe box sebelumnya yang menjadi satu kesatuan utuh, box dengan jenis top – bottom memiliki bagian box yang dibagi menjadi bagian atas (top) dan bagian bawah (bottom). Box dengan jenis ini memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi dengan bagian atas akan tepat melengkapi ukuran dari box bagian bawah dan menutup box ini dengan rapat. Box dengan tipe top – bottom biasa digunakan dalam distribusi kain, makanan maupun suku cadang.

  1. Die – Cut

Box dengan tipe die – cut adalah box yang hampir mirip dengan box dengan tipe standard namun terdapat lubang ventilasi maupun lubang pegangan di sisinya. Box tipe die – cut biasa digunakan sebagai pengemasan minuman, makanan, box untuk arsip dan urusan lain yang sejenis.

  1. Corrugated Cardboard

Box dengan tipe ini menggabungkan antara teknik printing offset ,karton box, maupun die cut dengan teknik laminasi (menggabungkan antara kardus dengan offset). Box ini sering digunakan untuk agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Setelah box jadi dapat dilapisi dengan 3 macam lapisan untuk proses penyempurnaan box yaitu: Laminating Plastik, UV, dan Doff.

  1. Color Box

Box yang satu ini penuh dengan warna karena penampakannya yang menarik tidak jarang customer ingin membuat box jenis ini. Pada kenyataannya tidak semua pihak yang bergerak di bidang karton box bisa membuat box jenis ini karena untuk membuat color box jenis ini diperlukan corrugated board yang berkualitas tinggi ( Permukaan board yang rata, rapi, dan sedikit lekukan yang dapat ditoleransi) dan mesin cetak yang handal seperti flexo. Namun karena pemakaian tinta yang banyak membuat harga box ini cenderung mahal. 

  1. Half Layer & Full Layer

Box dengan tipe layer memiliki ciri khusus dibandingkan dengan box dalam tipe standard yaitu adanya lapisan karton yang berperan sebagai sekat atau pemisah serta dapat juga menjadi pelindung bagi barang yang disimpan di dalam box tersebut, sehingga ketika orang membuka tutup dari box dengan benda tajam, barang yang ada dalam box tidak akan rusak. Box dengan layer biasa dipergunakan untuk pengemasan dan pengiriman barang-barang kecil yang membutuhkan sekat sehingga box tersebut dapat memuat barang tersebut dalam jumlah banyak misalnya seperti air minum dalam kemasan, makanan, camilan dan barang-barang sejenisnya.

  1. Layer Creasing

Box tipe layer creasing dibuat dalam bentuk lembaran dari karton. Box semacam ini dibuat untuk dipergunakan dalam sekat yang digunakan untuk membentuk lipatan atau sering digunakan sebagai box untuk kain. Box semacam ini sering dipakai untuk barang dagangan seperti sprei atau bed cover.

Untuk mempertahankan kardus agar tetap rapi dalam pengemasan produk anda, maka anda membutuhkan bantuan dari Mesin Carton Sealer. Mesin Carton Sealer ini adalah mesin yang digunakan pada pabrik, pada umumnya mesin ini digunakan bukan untuk menyegel kemasan produknya melainkan digunakan untuk menyegel kemasan kardus yang digunakan untuk melindungi produk-produk di dalamnya. Mesin Carton Sealer ini adalah sebuah mesin yang harus dimiliki karena dengan Mesin Carton Sealer ini maka Anda lebih yakin dengan semua produk yang ada dalam kardus bisa tetap dalam keadaan baik sampai ke tangan para pedagang yang hendak memasarkan produk Anda tersebut.

Biasanya Mesin Pengemas kardus ini tidak memiliki banyak jenis. Hanya saja untuk menyegel kardus dengan ukuran yang berbeda maka Anda akan membutuhkan Mesin Carton Sealer yang lebih besar. Namun untuk ukuran kardus standar maka Anda bisa menggunakan Mesin Carton Sealer yang bisa menyegel kardus berukuran 10 x 10 cm sampai yang paling besar adalah kardus ukuran 50 x 50 cm yang biasanya merupakan ukuran kardus yang dipakai untuk mengemas produk-produk makanan atau minuman yang akan dipasarkan. Mesin Pengemas Kardus ini sudah dibuat dengan akurat sehingga kardus dengan berbagai ukuran bisa disegel dengan tepat dan baik.

Mesin Carton Sealer telah banyak digunakan oleh para pengusaha. Seperti industri-industri besar, jasa transportasi ( Pengiriman Barang ), dan usaha lain nya. Pengiriman atau distribusi barang akan lebih lebih cepat, mudah, dan terjamin, jika kardus terpacking dan tersegel dengan rapi dan kuat.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat menyegel kardus dengan rapi dan kuat, yakni Mesin Segel Kardus.

Karena dengan menggunakan Mesin Segel Kardus, proses penyegelan barang atau produk anda akan semakin mudah, cepat, efektif, dan efisien. Serta dengan hasil segel yang rapi, kuat, dan berkualitas tentu nya.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Karton Box Dan Sejarahnya, Apapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *