Yuks… Manfaatkan Curah Hujan Tinggi Untuk Proses Pengolahan Air Minum

Air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam menunjang seluruh aktivitas kehidupannya. Dalam lingkungan rumah tangga peranan air mencakup tiga hal, yaitu konsumsi untuk air minum yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup secara fisik, higienis, dan kenyamanan. Untuk memperkirakan jumlah kebutuhan air untuk rumah tangga dilakukan standar kebutuhan minimum penduduk yang meliputi kebutuhan air untuk makan, minum, mandi, kebersihan rumah dan menyiram tanaman. 

Sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan sudah memasuki musim hujan pada bulan November 2020.hampir seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas 150-200 mm sampai 400-500 mm.

Salah satu upaya pencegahan banjir yang sempat dikampanyekan ialah memanen air hujan. memanen air hujan bisa dengan memakai bak penampungan atau mengalirkannya ke sumur. Air hujan dari atap dapat dialirkan melalui pipa ke sumur atau bak penampung. Agar bersih dari debu, air hujan bisa disaring dengan alat sederhana, seperti kain dan kaos.

Air hujan merupakan sumber daya air yang sangat penting bagi makhluk hidup. Air hujan sangat bermanfaat untuk mengisi sumber air guna keperluan pertanian, domestik dan industri. Sistem Pemanfaatan Air Hujan (SPAH) terdiri atas sistem Penampungan  Air Hujan (PAH)  dan sistem pengolahan air hujan. PAH dilengkapi dengan talang air, saringan pasir, bak penampung dan Sumur Resapan (Sures). Sumur resapan dapat digunakan untuk melestarikan air tanah dan mengurangi resiko genangan air hujan atau banjir yang dilakukan  dengan  membuat sumur yang menampung dan meresapkan curahan air hujan.  

Cara kerja sistem pemanfaatan air hujan adalah sebagai berikut :

  • Air hujan jatuh di atap bangunan dan mengalir melalui atap rumah  kemudian terkumpul di talang air yang dialirkan dengan pipa menuju bak penampungan air hujan.
  • Sampah dedaunan yang terbawa akan disaring di bagian depan bak penampung, dengan media pasir dan kerikil, sampah akan tertahan dan air hujan yang bersih akan masuk ke bak  penampung (volume bak 10 m3 ).
  • Jika hujan berlangsung terus menerus, dan bak penampung penuh maka air akan melimpah melalui pipa outlet masuk kedalam sumur resapan dengan kedalaman lubang sumur resapan sekitar 3 meter,  kontruksi terbuat dari bis beton, sepanjang 2,5 meter dan resapan sekitar 0,5 meter.. Air hujan didalam sumur resapan ini akan meresap melalui zona resapan dari sumur resapan kedalam tanah sebagai sumber air tanah. Bidang resapan terletak di bagian dasar, tanpa bis beton, agar bis beton di atasnya tidak merosot diberi penyangga batu bata. Bidang resapan diisi dengan kerikil dan ijuk, sebagai penyaring agar tidak terjadi kebuntuan.
  • Air dari bak penampung air hujan dipompa ke unit ARSINUM yang terdiri dari pompa air baku, static mixer, filter multi media, filter penukar ion, cartridge filter, Ultrafiltrasi, sterilisator ultraviolet dan post cartridge filter.untuk diolah menjadi air minum.

Fungsi dan manfaat sistem pemanfaatan air hujan dan pengolahan air siap minum ini adalah :

  1. Menghemat penggunaan air tanah,
  2. Menampung 10 meter kubik air pada saat hujan,
  3. Mengurangi run off & beban sungai saat hujan lebat,
  4. Menambah jumlah air yang masuk ke dalam tanah,
  5. Mempertahankan tinggi muka air tanah,
  6. Menurunkan konsentrasi pencemaran air tanah,
  7. Memperbaiki kualitas air tanah dangkal,
  8. Mengurangi laju erosi dan sedimentasi,
  9. Mereduksi dimensi jaringan drainase,
  10. Menjaga kesetimbangan hidrologi air tanah sehingga dapat mencegah intrusi air laut,
  11. Mencegah terjadinya penurunan tanah,
  12. Stok air pada musim kemarau (plus rain harvesting).

Demikian artikel dari bosspacking tentang Yuks.. Manfaatkan Curah Hujan Tinggi Untuk Proses Pengolahan Air Minum, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *