10 Persyaratan Dokumen Yang Harus Dilengkapi Untuk Mendapatkan Sertifikat dan Label SNI

Air memiliki fungsi penting di dalam tubuh di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lagi.

Kurangnya konsumsi cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka membuat fungsi tubuh jadi terganggu.

Seiring dengan mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Masyarakat membutuhkan ketersediaan air minum yang higienis namun praktis. Hal ini menyebabkan pabrik air minum dalam bentuk kemasan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan hingga saat ini.

Selain itu, produk Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) mendominasi pangsa pasar industri minuman. Meningkatnya peluang bisnis AMDK, karena munculnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap air minum yang layak di tengah-tengah minimnya sumber air minum yang higienis.

Untuk menjamin kualitas dan keamanan produk AMDK, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 01-3553-2006, Air minum dalam kemasan (AMDK) yang dirumuskan oleh Subkomite Teknis 67-04-S1. SNI AMDK kemudian direvisi dan sekarang yang berlaku SNI 3553:2015: Air Mineral.

Standar Nasional Indonesia (SNI) menjadi satu-satunya standar yang ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional) dengan tujuan untuk melindungi konsumen sebagai pemakai produk.

Secara umum, ada tiga klasifikasi kegiatan yang dilakukan untuk proses sertifikasi berdasarkan SNI yang dapat dilakukan :

1. Sertifikasi Sistem Manajemen, yaitu sertifikasi terhadap sistem manajemen perusahaan misalnya berdasarkan SNI ISO (9001, 14001, 22000, HACCP,dll)

2. Sertifikasi Personel, yaitu sertifikasi terhadap kompetensi personel misalnya Auditor, PPC, Tenaga Migas, Tenaga Kelistrikan, dll.

3. Sertifikasi Produk, yaitu sertifikasi terhadap produk yang dihasilkan perusahaan berdasarkan SNI produk tertentu misalnya (SNI) 01-3553-2006, Air minum dalam kemasan (AMDK) yang dirumuskan oleh Subkomite Teknis 67-04-S1. SNI AMDK kemudian direvisi dan sekarang yang berlaku SNI 3553:2015: Air Mineral. dan produk – produk lainnya

Produk yang lulus sertifikasi SNI berhak mencantumkan label SNI pada produknya. Label SNI pada suatu produk menjadi jaminan bahwa produk tersebut memiliki keamanan dan kualitas sesuai aturan yang ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Karena itulah, produsen di Indonesia sebaiknya mendaftarkan barang produksinya untuk mendapatkan label SNI.

Persyaratan untuk mendapatkan sertifikat SNI bisa berbeda, tergantung pada skema sertifikasi. Berikut ini adalah contoh Persyaratan yang harus dilengkapi dalam proses sertifikasi SNI :

* Dokumen Administrasi

1. Fotocopy Akte Notaris Perusahaan
2. Fotocopy SIUP, TDP
3. Fotocopy NPWP
4. Surat Pendaftaran Merek dari Dirjen HAKI / Sertifikat merek
5. Surat Pelimpahan Merek atau kerjasama antara pemilik merek dengan pengguna merek (Hanya bila merek bukan milik sendiri)
6. Bagan Organisasi yang disahkan Pimpinan
7. Surat Penunjukkan Wakil Manajemen dan Biodatanya
8. Surat Permohonan SPPT SNI
9. Angka Pengenal Importir (API) (bila bukan produsen)
10. Fotocopy Sertifikat Sistem Manajemen Mutu atau manajemen lainnya (bila ada)

* Dokumen Teknis

1. Pedoman Mutu yang telah disahkan
2. Diagram Alir Proses Produksi
3. Daftar Peralatan Utama Produksi
4. Daftar Bahan Baku Utama dan Pendukung Produksi
5. Daftar Peralatan Inspeksi dan Pengujian
6. Salinan Dokumen Panduan Mutu dan Prosedur Mutu

Demikianlah beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi dalam proses pengajuan sertifikasi SNI. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *