3 Manfaat Air Alkali Saat Di Minum Pada Waktu yang Tepat

Air berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air. Berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air.

Air memiliki fungsi penting di dalam tubuh di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lagi.

Kurangnya konsumsi cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka membuat fungsi tubuh jadi terganggu.

Sedangkan, kebutuhan cairan tubuh tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Air mineral pada umumnya memiliki nilai pH netral yakni 7. Namun tak sedikit pula di pasaran menyediakan air mineral dengan pH diatas 7 atau biasa dikenal dengan air alkali.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air alkali memiliki manfaat saat di minum pada beberapa kondisi, antara lain:

1. Dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa teori mengatakan, sel-sel kanker dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi asam. Sedangkan, air alkali dipercaya dapat membantu mengurangi kadar keasaman darah.

Sehingga air alkali diduga dapat bermanfaat untuk memperlambat atau menghentikan proses pertumbuhan sel-sel kanker.

Namun, teori ini masih banyak ditentang dan masih belum ada bukti ilmiah terbaru yang mendukung kebenarannya.

2. Bermanfaat untuk kesehatan tulang

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menunjukkan bahwa air alkali dengan kandungan bikarbonat dan kalsium yang tinggi dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek ini berguna untuk jangka panjang dan apakah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

3. Dapat menurunkan asam lambung

Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan bahwa minum air alkali dengan nilai pH sebesar 8,8 dapat membantu menonaktifkan enzim pepsin (enzim penyebab naiknya asam lambung) dan mengurangi tingkat keasaman isi lambung.

Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikan manfaat ini.

Selain itu, air alkali diyakini sejumlah orang mampu meningkatkan metabolisme, membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih efektif, dan memperlambat proses penuaan kulit.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi air minum dengan pH tinggi adalah sebelum tidur dan tepat setelah bangun tidur, karena dapat membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan efektif.

Memperbanyak minum air di pagi hari akan membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan cairan untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Minum air di malam hari gunanya untuk menyeimbangkan dan menyegarkan kembali tubuh kita.

Pentingnya untuk menjaga kebiasaan minum secara teratur untuk memenuhi asupan cairan tubuh agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Demikianlah 3 Manfaat Air Alkali Saat Di Minum Pada Waktu yang Tepat, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *