3 Tips Memilih Kardus Untuk Air Mineral Dalam Kemasan

 

Peluang bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) masih besar, produk AMDK mendominasi pangsa pasar industri minuman. Meningkatnya peluang bisnis AMDK, karena munculnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap air minum yang layak di tengah-tengah minimnya sumber air minum yang hiegenis. Sehingga, mendorong masyarakat untuk beralih membeli produk pada pabrik air kemasan AMDK yang diolah secara higienis dan professional.

Selain munculnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap air minum yang sehat, setiap orang juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh mereka. Pada orang dewasa, kebutuhan cairan tubuh yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Namun, saat memilih sebuah produk air mineral dalam kemasan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Air minum kemasan juga perlu dipastikan kebersihan dan keamanannya.

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sebelum dipasarkan harus melalui proses tahapan baik secara klinis maupun secara hukum terlebih dahulu. Secara hygienis klinis biasanya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) disahkan menurut peraturan pemerintah melalui Departemen Badan Balai Pengawasan Obat Dan Makanan ( Badan POM RI) baik dari segi kimia, fisika, microbiologi, dll.

Di dalam lampiran Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 96/M-IND/PER/12/2011 menjelaskan tentang tahapan dalam proses produksi air mineral dalam kemasan.

Adapun beberapa proses yang harus dilalui antara lain :
1. Proses Water Treatment System
2. Proses Water Sterilisasi
3. Proses Quality Control System
4. Proses Pengemasan ( Gallon, Bottle, Cup, dll)
5. Proses Pengepakan
6. Proses Distribusi

Demi menjaga kualitas air minum kemasan, sebagian produsen melindungi produknya dengan box kardus pada air mineral dalam kemasan botol dan gelas.

Fungsi utama pada sebuah kemasan adalah dapat menjaga keamanan barang anda aman sampai dengan selamat. Ada beberapa tips dalam memilih Kemasan yang baik :

1. Material

Menggunakan kardus bergelombang (Corrugated) serta hindari penggunaan kotak kardus lama yang strukturnya sudah tidak kaku lagi.

2. Kekuatan

Perhatikan keterangan yang ada di kotak kardus yang menerangkan kekuatan batas maksimal kotak dus tersebut. Informasi tersebut sebagai rujukan untuk memilih kemasan yang sesuai dengan berat kiriman anda.

3. Ukuran

Ukuran kardus yang terlalu besar daripada isinya dapat membuat kardus penyok dan merusak isi didalamnya, sedangkan kotak kardus yang terlalu kecil juga tidak disarankan. Pilihlah kemasan kardus sesuai dengan ukuran produk Anda.

 

Demikianlah 3 Tips Memilih Kardus Untuk Air Mineral Dalam Kemasan, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *