4 Jenis Karakter Produk Konsumen Yang Perlu Diketahui Sebelum Membuka Bisnis

 

Sebelum memulai bisnis,kita harus mengenali terlebih dahulu bisnis apa yang akan kita pilih dan juga produk apa yang akan kita buat. Salah satunya adalah dengan mengetahui tentang Produk konsumen atau consumer product.

Produk konsumen bisa disebut dengan produk jadi, produk yang dibeli oleh konsumen untuk penggunaan secara pribadi. Misalnya, sabun mandi akan dianggap sebagai produk konsumen karena dibeli dan digunakan langsung oleh konsumen.

Produk-produk yang dijual kepada konsumen untuk digunakan sendiri dan tidak digunakan untuk produksi lanjutan atau tujuan penjualan kembali. Sebagian besar produk konsumen adalah produk yang terlihat di rak di toko atau yang tersedia secara online untuk pembelian konsumen langsung di situs web perusahaan.

Berikut ini adalah 4 jenis produk konsumen yang paling umum ditawarkan oleh bisnis:

1. Convenience Product

Convenience Product atau Produk kenyaman merupakan jenis produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen. Produk kenyaman biasanya membutuhkan lebih sedikit promosi dibandingkan dengan jenis produk lainnya.

Produk kenyamanan adalah produk yang membutuhkan sedikit pemikiran dari pihak pelanggan untuk membelinya. Jenis produk ini biasanya sering dibeli dan menarik basis pasar yang besar. Konsumen secara teratur membeli produk kenyamanan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Misalnya, produk pasta gigi akan dianggap sebagai produk kenyamanan. Produk ini tersedia di beberapa toko yang berbeda, termasuk minimarket dan toko kelontong. Konsumen kemungkinan besar tidak terlalu pilih-pilih tentang di mana mereka membeli produk tersebut. Pelanggan jarang menghabiskan banyak waktu untuk membandingkan produk tersebut.

Berikut adalah contoh beberapa produk kenyamanan yang umum dijual dipasaran:

* Majalah
* Deterjen
* Minuman berenergi
* Permen
* Pasta gigi
* Vitamin
* Alat bersih-bersih
* Minuman
* DVD dan film
* Buku

2. Produk belanja

Produk belanja adalah produk yang dibeli oleh konsumen dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membandingkan produk belanja sebelum membelinya. Produk belanja juga tersedia di lokasi yang lebih sedikit daripada produk convenience dan didistribusikan secara selektif.

Misalnya, Produk Handphone adalah produk belanja yang umum dibeli oleh konsumen. Sebagian besar konsumen akan menghabiskan waktu membandingkan produk handphone untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan sesuai dengan anggaran mereka.

Berikut adalah contoh beberapa produk belanja yang umum dijual dipasaran:

* Handphone
* Pakaian
* Mebel
* Tiket pesawat
* Perangkat elektronik

3. Produk khusus

Produk khusus adalah produk yang memiliki karakter unik dan terkait dengan merek tertentu. Orang yang akan membeli produk khusus sering kali dengan hati-hati mencari produk ini dan mengembangkan loyalitas mereka kepada perusahaan tersebut.

Produk khusus seringkali memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan produk kenyamanan, dan banyak konsumen yang berusaha lebih keras untuk membeli jenis produk ini karena nilai dan harganya.

Sebagian besar produk khusus hanya dapat dibeli di toko tertentu. Produk khusus membutuhkan iklan dan promosi untuk menyebarkan kesadaran akan ketersediaan produk.

Misalnya, Produk kendaraan adalah contoh produk khusus. Produk ini hanya dapat dibeli melalui dealer yang dikenal dengan karakteristiknya. Kendaraan juga secara khusus dikenali melalui mereknya. Konsumen menghabiskan banyak waktu untuk membelinya dan bersedia membayar biaya yang lebih tinggi.

Berikut adalah contoh beberapa produk khusus yang dijual dipasaran:

* Jam tangan
* Pakaian desainer
* Kendaraan mewah
* Perhiasan
* Parfum

4. Unsought products

Unsought products adalah produk yang biasanya tidak dibeli oleh konsumen untuk dibeli secara teratur. Kebanyakan orang yang membeli unsought products berdasarkan kebutuhan saat itu juga.

Harga unsought products dapat sangat bervariasi dan biasanya tidak ditawarkan oleh berbagai macam penjual.

Misalnya, cincin berlian adalah contoh produk yang tidak dicari. Kebanyakan orang tidak berpikir untuk membeli cincin berlian sampai mereka bertunangan atau mereka ingin membelinya sebagai hadiah.

Unsought products memerlukan iklan dan pemasaran yang jauh lebih agresif dibandingkan dengan jenis produk lainnya.

Berikut adalah contoh beberapa unsought products yang umum dijual dipasaran:

* Paket asuransi jiwa
* Layanan pemakaman
* Pendeteksi asap
* Pemadam api

Itulah pembahasan sekilas mengenai produk konsumen atau consumer product yang mungkin berguna jika Anda berencana membangun bisnis namun bingung memilih produk yang akan dijual.

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *