5 Alasan khusus adanya tanggal kedaluwarsa pada air mineral kemasan

Air minum yang memiliki kandungan mineral seimbang dapat membantu melengkapi kebutuhan cairan dan mineral dalam tubuh.

Air minum dalam kemasan dapat dikatakan baik dan aman untuk dikonsumsi, jika sudah memenuhi standar yang di tetapkan pemerintah.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan nomor 492 tahun 2010, air minum yang baik adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, serta tidak memiliki kandungan zat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Salah satu hal terpenting bagi produk air mineral dalam kemasan adalah memenuhi peraturan standar pemerintah. Air kemasan termasuk dalam produk makanan minuman untuk dikonsumsi. Maka Air mineral dalam kemasan juga diwajibkan memiliki tanggal kedaluwarsa.

Meskipun air tidak bisa membusuk, sama seperti garam dan gula. Namun tetap diwajibkan memiliki tanggal kedaluwarsa di kemasan.

Selain itu ada alasan khusus kenapa Air mineral dalam kemasan harus memiliki tanggal kedaluwarsa pada kemasan. yaitu :

1. Menaati peraturan pemerintah

Demi menjaga keamanan dari sebuah produk yang beredar dipasaran. Pemerintah membuat undang-undang yang mewajibkan tanggal kedaluwarsa untuk semua bahan habis pakai. Setiap produk harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa sebagai upaya dalam menjaga kesehatan masyarakat.

2. Menghindari resiko dari penurunan kualitas kemasan botol

Meskipun botol PET memiliki mekanisme yang kuat, botol PET tetap saja akan mengalami penurunan kualitas dalam kurun waktu setidaknya dua tahun.
Bahan PET juga melepaskan beberapa zat kimia, ketika terjadinya penurunan kualitas. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas air yang di dalamnya.

3. Tanggal kedaluwarsa memudahkan pendataan produksi

Tanggal kedaluwarsa akan mempermudah dalam proses pendataan produksi dari semua produk air mineral dalam kemasan. Lebih memudahkan dalam proses pengecekan produk ataupun penarikan produk dari pasar. Sehingga tidak perlu susah payah dalam melacak produk, jika terjadi kesalahan dalam proses produksi.

4. Membantu metode first in first out (FIFO) bagi penjual

Mayoritas para penjual menggukan metode first in first out (FIFO) dalam mengatur barang jualan mereka, di mana produk yang mereka terima lebih dahulu akan mereka taruh paling depan sehingga besar kemungkinan untuk laku duluan. Produk yang datang dengan tanggal belakangan akan ditaruh di belakang produk yang belum laku. Ini mempermudah pengaturan, terutama secara manual bagi para pedagang.

5. Mengetahui kualitas kesegaran dari produk air minum kemasan

Air mineral murni memang tidak akan berubah warna, bau dan rasanya. Tapi kualitas kemasan plastik yang telah melewati pemrosesan mampu bertahan rata-rata maksimal dua tahun.

Air mineral kemasan memang dianjurkan untuk tidak disimpan terlalu lama, karena kualitas kesegarannya jelas tidak akan sama seperti baru diproduksi. Kualitas Air mineral kemasan yang masih jauh dari tanggal kedaluwarsa lebih segar, dibandingkan dengan yang mendekati tanggal kedaluwarsa.

Demi menjaga kualitas air minum kemasan, proses penyimpanan air kemasan dengan benar pun diperlukan karena dapat mencegah berbagai efek samping yang disebabkan oleh penyimpanan yang sembarangan.

Selain itu, banyak perusahaan botol air mineral menggunakan mesin yang sama yang mereka gunakan untuk mencetak tanggal kedaluwarsa. yaitu menggunakan mesin cetak kode expired, mesin kode expired digunakan untuk melakukan cap kode produksi dan tanggal kadaluarsa secara otomatis sesuai dengan penyetelan.

Mesin cetak kode expired dapat digunakan di berbagai jenis plastik kemasan, seperti, plastik , kertas, alluminium foil, metalized, dan lain-lain.

Selain itu Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *