Inilah Perbedaan Expired Date dan Best Before Pada kemasan Produk

 

Sudah menjadi tanggung jawab bagi para pebisnis makanan dan minuman untuk memastikan bahwa produk yang diberikan kepada pelanggan aman untuk dikonsumsi. Setiap produk yang dikonsumsi memiliki masa penggunaan dan tanggal kedaluwarsa. Oleh karena itu, protokol keamanan pangan yang tepat harus selalu ditaati dan diikuti.

Salah satu cara untuk menjamin keamanan dari sebuah produk makanan & minuman dengan memastikan bahwa produk tidak rusak atau sudah kedaluwarsa. Tanggal ‘Best Before dan tanggal ‘Expired’ atau kedaluwarsa, adalah salah satu cara untuk mengetahui produk yang aman untuk disajikan dan juga mana yang harus dibuang.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara Expired dan Best Before pada kemasan sebuah produk. Banyak orang berpikir bahwa kedua tanggal tersebut memiliki arti yang sama.

Namun, Tanggal expired atau tanggal kedaluwarsa dan tanggal best before yang tertera pada kemasan makanan dan minuman memiliki arti dan tujuan yang berbeda.

* Expired date adalah tanggal batas maksimal produk aman untuk dikonsumsi. Jadi, Anda tidak boleh mengonsumsi produk tersebut setelah lewat dari tanggal Expired.

* Best Before menunjukkan waktu terbaik produk untuk dikonsumsi. Hal ini berkaitan dengan penurunan mutu atau kualitas dari produk, perubahan rasa atau lainnya (warna, aroma, tekstur).Tetapi Anda masih bisa mengonsumsi produk tersebut meski sudah melewati tanggal yang tercantum.

Selama kemasan masih dalam kondisi tersegel baik, tidak koyak/rusak, dan produk diletakkan di tempat sesuai saran yang tercantum pada kemasan, produk
masih bisa untuk dikonsumsi.

Sama halnya dengan produk Air mineral, sebenarnya Air mineral tidak memiliki masa kedaluwarsa dan bisa dikonsumsi sampai kapan pun.

Akan tetapi, air mineral ini ada di dalam kemasan yang memiliki kualitas terbatas dan dapat mencemari produk di dalamnya. Oleh karena itu, ada keterangan expired date pada kemasannya.

BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. Peraturan ini bertujuan untuk mengatur keamanan kemasan pada sebuah produk yang dikonsumsi. sebagai contoh : kemasan botol PET akan mengalami penurunan kualitas dalam kurun waktu setidaknya dua tahun. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas air yang di dalamnya.

Demi menjaga kualitas produk, proses penyimpanan dengan benar pun diperlukan. Karena dapat mencegah berbagai efek samping yang disebabkan oleh penyimpanan yang sembarangan.

Selain itu, banyak perusahaan menggunakan mesin yang sama untuk mencetak tanggal kedaluwarsa dan juga best before. yaitu menggunakan mesin cetak kode expired, mesin kode expired digunakan untuk melakukan cap kode produksi dan tanggal kadaluarsa secara otomatis sesuai dengan penyetelan.

Mesin cetak kode expired dapat digunakan di berbagai jenis plastik kemasan, seperti, plastik , kertas, alluminium foil, metalized, dan lain-lain.

Selain itu Kami juga menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *