5 Elemen Strategi Pemasaran Yang Umum Digunakan Dalam Bisnis

Dalam upaya mengembangkan suatu usaha, salah satu hal penting untuk dilakukan adalah merancang strategi pemasaran. Suatu produk dengan kualitas baik akan menjadi percuma jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran merupakan upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat.

Dalam proses memperkenalkan suatu produk, kebanyakan para pelanggan akan melihat kelebihan dan manfaat dari suatu produk terlebih dahulu. Bahkan tidak jarang para pelanggan akan mencari tahu terlebih dahulu di internet mengenai produk yang akan dibelinya.

Dalam strategi pemasaran, produk ada dalam lima elemen yang harus diperhatikan. Lima elemen tersebut dikenal dengan 5P yaitu Product, Price, Promotion, Place, dan People. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan kelima elemen tersebut:

1. Product (Produk)
Elemen strategi pemasaran pertama adalah produk. Hal-hal yang menjadi pertimbangan pelanggan dari sebuah produk biasanya meliputi kelebihan, manfaat, fungsi, kualitas, tampilan, hingga pengemasan dari produk tersebut.

Oleh karena itulah, produk memberikan peranan penting dalam keberhasilan strategi pemasaran yang akan Anda jalankan.

2. Price (Harga)
Elemen strategi pemasaran selanjutnya adalah harga, harga merupakan hal yang sensitif bagi seorang pelanggan. Maka, Anda harus berhati- hati dalam menetapkan harga produk yang akan ditawarkan.

Anda bisa mempertimbangkan dari beberapa hal sebelum menentukan harga produk. Seperti harga jual produk di pasaran, diskon, metode pembayaran, kredit, hingga layanan lainnya. Sehingga harga tersebut bisa diterima oleh pasar.

3. Promotion (Promosi)
Elemen Promosi dalam Strategi pemasaran itu sangat penting. Karena promosi merupakan aktivitas yang dilakukan agar bisnis ataupun produk dapat dikenal oleh banyak orang. Aktivitas promosi dapat berupa iklan, menambah relasi, dan sponsor.

Jadi, Anda harus menentukan strategi promosi yang tepat agar memudahkan dalam meningkatkan penjualan produk.

4. Place (Tempat)
Elemen strategi pemasaran berikutnya adalah tempat. Dimana pemilihan tempat mengacu pada lokasi produk dibuat, dijual, dan didistribusikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan tempat. Yaitu pilihlah tempat yang mudah di akses dan tidak terlalu banyak menguras biaya. Sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

5. People (Orang-orang)
Elemen strategi pemasaran terakhir yaitu orang. Orang ini yang berkaitan erat dengan sumber daya manusia untuk mendukung bisnis Anda.

Salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan strategi bisnis adalah karena adanya sumber daya manusia yang kompeten. Dengan sumber daya manusia yang kompeten dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Sehingga membuat strategi pemasaran berhasil dan meningkatkan penjualan.

 

Demikianlah 5 Elemen Strategi Pemasaran Yang Umum Digunakan Dalam Bisnis. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *