5 Manfaat dari Penerapan ISO untuk Perusahaan AMDK

Air memiliki fungsi penting di dalam tubuh di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lagi.

Kurangnya konsumsi cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka membuat fungsi tubuh jadi terganggu.

Seiring dengan mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Masyarakat membutuhkan ketersediaan air minum yang higienis namun praktis. Hal ini menyebabkan pabrik air minum dalam bentuk kemasan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan hingga saat ini.

Untuk menjamin kualitas dan keamanan produk AMDK, Penerapan ISO pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sangat penting untuk menjaga kualitas AMDK. AMDK telah menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Hal ini sejalan dengan keinginan mendapatkan air minum yang telah diolah dan dikemas secara higienis, aman, serta sesuai standar mutu.

ISO adalah singkatan dari The International Organization for Standardization sebuah badan non-pemerintah yang beranggotakan lebih dari 140 negara. Badan ISO ini bertanggung jawab mengembangkan standar yang terapkan secara internasional bagi beragam industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Penerapan ISO pabrik untuk AMDK memastikan pengelolaan bisnis AMDK dengan standar yang konsisten. Standar ini dapat menghindarkan bisnis dari pemborosan biaya produksi serta mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Di Indonesia ada 3 jenis ISO, yaitu :
1. ISO 9001
Standar mutu ISO 9001 digunakan untuk Industri manufaktur, termasuk pabrik AMDK. Standar ini membantu melakukan identifikasi dan dokumentasi agar perusahaan menemukan cara yang efektif untuk meningkatkan sistem demi mencapai kepuasan bagi pelanggan.

2. ISO 14001
ISO 14001 adalah standar internasional untuk sebuah perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan dan efisiensi kegiatan operasional mereka. Standar ini akan membantu perusahaan dalam mengelola penggunaan sumber daya yang efisien dan memiliki dampak positif bagi lingkungan.

3. ISO/IEC 17025
ISO/IEC 17025 merupakan standar internasional yang digunakan untuk sebuah laboratorium dan lembaga pengujian. Standar mutu ini memungkinkan laboratorium menunjukkan kemampuan untuk beroperasi secara kompeten dan memberikan hasil yang valid. Akibatnya adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja laboratorium tersebut.

Berdasarkan standar ketentuan di negara Indonesia, Produk AMDK harus memenuhi Standar Nasional Indonesia tentang standar baku mutu air dalam kemasan. Adapun secara internasional, standar kualitas produk AMDK merujuk pada ISO 9001. Sistem standarisasi ISO berfungsi untuk menjaga kualitas produk dan keberlangsungan usaha AMDK.

Berikut adalah 5 manfaat penerapan ISO untuk perusahaan AMDK :
1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Adanya Sistem ISO pada pabrik AMDK akan menjamin kualitas hasil produk yang sesuai dengan standar internasional sehingga memberikan kepuasan yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan kepercayaan konsumen semakin meningkat pada perusahaan AMDK yang telah menerapkan ISO 9001.

2. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
Penerapan ISO dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Kredibilitas sangat penting bagi perusahaan yang bersaing di pasar domestik dan global. Mengaplikasikan standar internasional dalam proses produksinya dapat memberikan jaminan dan nilai positif terhadap kualitas produknya. Membuat calon konsumen atau konsumen akan memiliki kepercayaan yang lebih tinggi terhadap produk AMDK yang Anda jual, karena Produk Anda sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, dengan meningkatkan kredibilitas perusahaan akan membawa keuntungan bagi perusahaan karena dapat menarik minat para investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan.

3. Produk Terjamin Kualitasnya
Perusahaan AMDK yang sudah memiliki sertifikat ISO memiliki produk yang terjamin kualitasnya sesuai dengan standar internasional. Standar ISO 9001 menjadi parameter yang digunakan untuk menilai proses kerja serta mutu produk AMDK yang dihasilkan.

Sertifikat ISO 9001 akan terus melakukan pemantauan dan penilaian secara rutin. Sehingga membuat para konsumen akan selalu memperoleh peningkatan pelayanan dari waktu ke waktu.

4. Efisiensi Keuangan Perusahaan
Penerapan ISO 9001 untuk pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) juga memberikan manfaat dalam perusahaan dalam menghemat biaya dan mencegah pemborosan. Melalui standar ISO, sistem manajemen perusahaan akan lebih mudah dalam mengantisipasi jika perusahaan mengalami masalah, sehingga dapat dengan cepat menemukan langkah solusinya. Hal ini secara otomatis akan mencegah pemborosan anggaran perusahaan.

5. Kinerja Perusahaan Semakin Optimal
Perusahaan AMDK yang menerapkan ISO 9001 akan memiliki visi, misi, dan peraturan yang bermutu untuk memastikan kinerja perusahaan menjadi efisien dan optimal. Penerapan ISO 9001 akan mendorong karyawan untuk bekerja secara optimal, efektif, efisien, dan produktif karena adanya standar yang telah ditentukan. Berpedoman pada standar ISO 9001 memberikanmotivasi kepada karyawan untuk menjaga dan meningkatkan kinerjanya agar standar kualitas ISO 9001 dapat terwujud.

Demikianlah manfaat penerapan ISO untuk pabrik Air Minum Dalam Kemasan yang bisa dijelaskan. ISO sangat penting bagi pengelolaan sebuah bisnis. Perusahaan AMDK yang hendak bersaing dengan baik harus memiliki standar mutu untuk menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *