5 Tips mengenali keaslian air mineral kemasan

Air mineral dalam kemasan saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita sehari-hari.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, konsumsi air mineral juga memberikan manfaat positif untuk kesehatan, salah satunya adalah pengaruh terhadap homeostasis tubuh. Proses homeostasis merupakan cara tubuh bertahan di lingkungan tertentu. Jurnal “Nutrients in Drinking Water” yang dikeluarkan oleh WHO mengatakan, mengonsumsi air rendah mineral dapat memberikan dampak buruk pada sistem homeostasis tubuh.

Di Indonesia, air mineral kemasan sangat mudah didapatkan. Namun, bagaimanakah cara kita memastikan bahwa air yang kita minum adalah air mineral asli?

Rangkaian pengawasan air mineral kemasan dimulai dari sumber air, kemasan, sampai pengisian dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan baik fisika, kimia, maupun mikrobiologi. Air mineral kemasan harus memenuhi persyaratan GMP, SNI, Halal, dan keamanan pangan.

Untuk dapat menikmati manfaat terbaik dari kemurnian air mineral, pahami dan kenali ciri air mineral kemasan asli di bawah ini.

1.Isi kemasan

Pastikan isi air dalam botol berwarna bening dan tidak berbusa. Air mineral yang baik tidak akan terasa kesat di lidah saat dicicipi. Air yang bagus untuk diminum tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

2. Kebersihan kemasan

Saat membeli air mineral kemasan baik di pedagang kaki lima hingga supermarket, lakukanlah pengecekan terlebih dahulu pada kebersihan botol secara keseluruhan. Sebab tempat penyimpanan yang kotor dapat mencemari kualitas air mineral jika tersentuh pada saat dikonsumsi .

3. Bentuk Kemasan

Setelah melihat kebersihan botol, cobalah lihat kondisi bentuk pada botolnya, apakah penyok atau tidak? Anda disarankan untuk tidak membeli air mineral yang kemasannya sudah penyok, serta label, dan segelnya sudah rusak.

4. Tutup Kemasan

Pastikan botol air mineral tertutup dengan rapat. Pada tutupnya tidak ada penghubung (bridge) yang terputus antara tutup botol bagian atas dengan bagian bawah. Saat botol dibuka terdengar bunyi ‘krek’ yang menandakan produk dalam keadaan tersegel dengan baik. Selain itu, tutup botol air mineral asli memiliki kode produksi yang berada di sisinya. Pastikan kode yang tertera pada tutup dan botol sesuai.

5. Tanggal kedaluwarsa

Lihatlah tanggal kedaluwarsa yang terdapat pada tutup dan botol. Terdapat kode BB menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Pastikan cetakan tanggal kedaluwarsa terbaca dengan jelas dan produk yang Anda beli belum kedaluwarsa.

Jika Anda ragu dan menemukan kejanggalan pada produk air mineral kemasan yang Anda beli, silahkan menukarnya atau langsung menghubungi layanan konsumen air mineral tersebut.

Semoga tips ini membantu dan bermanfaat untuk anda. terima kasih..

 

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *