7 Kategori Untuk Cek Izin Produk Melalui Situs Web BPOM

Di Indonesia, lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan izin edar pangan olahan adalah Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.

BPOM merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Instansi pemerintah ini memiliki tugas mengawasi peredaran obat-obatan, makanan dan kosmetik di Indonesia. Pemerintah dapat mendeteksi, mencegah, dan mengawasi produk – produk tersebut melalui BPOM. Dengan adanya BPOM pemerintah bisa melindungi kesehatan, keselamatan, dan keamanan konsumen secara efektif dan efisien.

Bagi pelaku usaha produk makanan, kosmetik dan obat-obatan, memiliki izin edar dari BPOM untuk produk mereka sangatlah penting. Masih banyak masyarakat yang masih meragukan produk-produk tanpa izin edar menjadi salah satu alasan untuk pelaku usaha memiliki izin edar dari BPOM.

Sedangkan bagi masyarakat awam yang ragu terhadap keaslian produk-produk yang dijual dipasaran, kamu bisa melakukan cek izin produk BPOM dengan mudah secara online melalui situs resmi e-BPOM.

Untuk melakukan pengecekan produk di situs BPOM, kamu hanya perlu menyiapkan nomor izin edar yang tertera pada kemasan produk tersebut. Produk yang nomornya terdaftar di situs BPOM, sudah pasti memiliki izin resmi dari instansi ini.

Karena kita perlu waspada akan hal ini, sebab sudah banyak produk-produk yang mencantumkan nomor izin palsu seolah-olah produk tersebut sudah mendapat izin dari BPOM.

Akan tetapi jika sebuah produk tidak memiliki nomor registrasi, maka produk tersebut perlu diwaspadai karena dikhawatirkan berisiko bagi keselamatan dan kesehatan orang yang menggunakannya.

Untuk memastikannya, kamu bisa cek izin produk melalui situs web BPOM dilakukan berdasarkan beberapa kategori, yaitu:

1. Nomor registrasi produk
2. Nama produk
3. Merek produk
4. Jumlah dan kemasan produk
5. Bentuk sediaan produk
6. Komposisi produk
7. Nama pendaftar produk

Sedangkan untuk kode registrasi saat melakukan cek izin produk BPOM yang menerangkan tentang kategori dan jenis produk adalah sebagai berikut :

CA = Kosmetik dengan tanda notifikasi
NA = Kosmetik atau obat yang dijual secara online
CD = Kosmetik dari dalam negeri
CL = Kosmetik dari luar negeri (impor)
TR = Obat tradisional dari dalam negeri
TI = Obat tradisional dari luar negeri (impor)
SD = Suplemen produksi dari dalam negeri
SI = Suplemen produksi dari luar negeri (impor)
MD = Makanan produksi dari dalam negeri
ML = Makanan produksi dari luar negeri (impor)

 

Demikianlah 7 Kategori Untuk Cek Izin Produk Melalui Situs Web BPOM. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *