Akhirnya Industri kemasan dalam negeri laris manis selama pandemi COVID-19

Di masa pandemi Covid-19, industri kemasan dalam negeri laris manis. Asosiasi Industri Olefin Aromatik Plastik Indonesia (Inaplas) mengungkapkan saat ini pelaku industri dari sejumlah segmen ada yang harus inden 3-4 bulan untuk mendapatkan kemasan yang dipesannya.
Sekretaris Jenderal INAPLAS, Fajar Budiono mengatakan di sepanjang tahun lalu, secara demand menurun tetapi karena supply plastik dari impor terkendala pandemi Covid-19 sehingga memaksimalkan penyerapan kemasan plastik dalam negeri. Di sisi lain, menurut Fajar harga bahan baku plastik juga tidak mengalami fluktuasi yang terlalu tajam sehingga membuat industri kemasan menjadi positif.
Tren positif kemasan lokal ditandai dengan meningkatnya rata-rata utilisasi industri kemasan di semester II 2020 di level 75% dari yang sebelumnya 50% di semester I 2020.
“Bahkan saat ini utilisasi pabrik kemasan untuk F&B di level 100% dan untuk packaging segmen personal care semisal botol hand sanitizer sudah di atas 100% karena sejumlah pelaku industri meng-install sejumlah mesin di September 2020,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (16/2).
Ada beberapa segmen industri yang bahkan harus menunggu 3 bulan sampai 4 bulan untuk mendapatkan kemasan yang dipesannya. Beberapa contoh produknya adalah kemasan produk higenitas medis, botol hand sanitizer, produk F&B, dsb. “Pesen sekarang baru dua bulan (atau lebih) mereka baru dapat barang,” kata Fajar.
Demikian artikel dari bosspacking tentang Akhirnya Industri kemasan dalam negeri laris manis selama pandemi COVID-19, Apapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.
Sumber : kontan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *