Cara Agar Kamu Bisa Membiasakan Minum Air Lebih Banyak Untuk Setiap Harinya

Berapa banyak gelas air yang kamu minum setiap hari? Jika kurang dari delapan gelas, maka kamu benar-benar harus mulai menemukan trik untuk dapat minum lebih banyak air.

Beberapa faktor ini juga dapat memengaruhi kebutuhan cairan, seperti:

• Kondisi kesehatan

Saat demam atau diare, tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga, dokter umumnya akan menyarankan untuk banyak minum air putih saat mengalami kedua kondisi tersebut. Gangguan kesehatan lain seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal, juga membuat kita perlu lebih banyak minum air putih.

• Cuaca dan lingkungan

Cuaca yang panas dan lembap dapat memicu keringat, sehingga kita perlu asupan cairan tambahan. Selain itu, dehidrasi juga dapat terjadi jika kita berada di dataran tinggi.

Olahraga

Saat sedang berolahraga, kita perlu lebih banyak cairan karena keluarnya keringat membuat tubuh kehilangan cairan. Kita perlu minum sebelum, saat, dan setelah latihan.

• Kehamilan atau menyusui

Ibu hamil dan menyusui, perlu lebih banyak asupan cairan. Bahkan, Ibu menyusui direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak 3,1 liter cairan per harinya.

Berikut adalah beberapa cara agar kamu bisa minum air lebih banyak dan tak merasa terbebani:

1. Unduh aplikasi 

Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat kamu unduh dan aplikasi itu akan mengingatkanmu untuk minum air setiap beberapa jam. Jika tidak memiliki akses ke aplikasi semacam itu, maka gunakan alarm. Atur alarm setiap jam di siang hari agar mengingatkanmu untuk minum segelas air.

2. Olahraga

Kamu akan merasa sangat haus setelah berlari dan berolahraga, jadi bawalah botol airmu dan isilah sampai penuh. Berolahraga adalah cara yang bagus untuk membuatmu agar minum lebih banyak air. Dengan begitu, kamu tak hanya akan tetap bugar, tetapi juga dapat dengan mudah menghabiskan tiga gelas air setelah berolahraga.

3. Beli botol air untuk diri sendiri  

Bila kamu menyukai sebuah botol air belilah itu untuk dirimu sendiri. Apalagi bila botol air itu memiliki desain yang lucu atau bergambar corak dan favoritmu. Namun pastikan ukuran botol itu bisa masuk di semua tasmu, agar bisa dibawa kemanapun kamu pergi. Rutinlah mengisi ulang dan minumlah sepanjang hari.

 

4. Beri rasa pada air putihmu 

Kamu bisa menggunakan resep detoksifikasi, atau menambahkan beberapa buah ke airmu, ini adalah cara yang bagus untuk menipu diri sendiri agar lebih banyak minum air. Pilih rasa yang kamu sukai, untuk membuatmu mau minum sebanyak mungkin air. Lemon, buah berry, dan kiwi adalah buah-buahan lezat yang dapat menambah rasa pada air.

5. Simpan air di dekat tempat tidur Tantang juga temanmu

Dengan begitu kamu akan ingat untuk minum segelas air, baik saat bangun atau sebelum tidur. Hal ini juga membantu, agar kamu tak malas ke dispenser saat merasa haus di tengah malam. Selain itu, minum segelas air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dapat menyapu racun dalam tubuh.

6. Tantang juga temanmu 

Tentukan sendiri tantangan yang akan dijalankan di kantor dan lihat siapa di antara kalian yang dapat menghabiskan delapan gelas air sebelum akhir hari.

7. Makanlah makanan ringan

Cobalah untuk mencari makanan yang akan membuatmu ingin minum, seperti kacang asin. Kamu akan menemukan dirimu telah minum banyak air putih tanpa menyadarinya.

8. Gunakan sedotan

Menggunakan sedotan adalah salah satu cara termudah untuk menipu diri sendiri agar lebih banyak minum air. Kamu akan minum jumlah yang lebih besar ketika kamu menggunakan sedotan, karena kamu tak akan sadar telah minum banyak air saat menggunakan sedotan.

9. Kenali manfaat air

Terakhir, kamu harus membaca manfaat luar biasa yang dimiliki air untuk kulit, rambut, tubuh, dan energimu untuk menjaga diri  agar tetap terhidrasi.

 

Manfaat air sangatlah beragam, sehingga sayang jika dilewatkan. Mulailah ubah kebiasaan dan dapatkan beragam keuntungan berikut ini :

1. Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput. Karena itu, cukupilah kebutuhan cairan.

2. Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

Sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan tubuh ini berperan dalam berbagai proses di tubuh seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

3. Membantu melumasi sendi

Sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk menjadi bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri.

4. Menyehatkan rongga mulut

Salah satu manfaat air putih yang jarang diketahui adalah perannya untuk kesehatan gigi dan mulut. Cairan tubuh membantu pembentukan air liur di rongga mulut. Air liur memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut, karena komponen ini adalah pembersih alami rongga mulut. Orang yang mengalami kekurangan produksi air liur, berisiko tinggi memiliki gigi berlubang.

5. Membantu menjaga tekanan darah

Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka darah juga akan terkena imbasnya. Darah akan semakin mengental, sehingga alirannya pun tidak selancar seharusya. Akibatnya, tekanan darah menjadi semakin tinggi.

6. Baik untuk sistem sirkulasi tubuh

Cairan penting untuk kelancaran sirkulasi darah di tubuh. Pasalnya, 90% kandungan darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urine, dan tinja.

7. Meningkatkan stamina

Cairan sangat penting untuk meningkatkan stamina di tubuh. Kehilangan cairan sedikit saja, akan memengaruhi kebugaran tubuh. Sehingga, tidak heran apabila kamu akan merasa lemas dan mudah lelah setelah berolahraga, dan saat cuaca sedang panas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *