Cermati Dulu Sebelum Membeli Cup Sealer Bekas

Beberapa orang membeli cup sealer bekas dengan berdasarkan pertimbangan harga. Harga cup sealer bekas kemungkinan lebih murah. Hampir tidak ada orang gila yang menjual cup sealer bekas dengan harga menyamai harga kondisi baru. Selain harga sebenarnya masih ada berbagai macam pertimbangan yang harus diperhatikan. Dan pada artikel ini kami akan membahas tentang tips-tips apa yang bisa menjadi bahan rujukan anda  sebelum membeli cup sealer bekas. Apa saja? Berikut ulasan kami.

1. Elemen Pemanas Cup Sealer

Menurut cara kerjanya mesin cup sealer dibagi menjadi dua pilihan; manual dan otomatis. Semua jenis mesin ini pasti memiliki elemen pemanas karena proses penyegelan (sealing) dilakukan dengan cara memanaskan roll film pada gelas plastik. Apabila anda berniat membeli cup sealer manual bekas, Lakukanlah pengecekan pada bagian elemen pemanas karena bagian ini begitu penting. Kerusakan terjadi pada umumnya di bagian heating elementnya tidak mau panas, tidak mau nempel atau justru terlalu panas sehingga tidak mau menempel.

Cara mengecek pada bagian elemen pemanas cukup mudah. Cup sealer yang bagus bisa dipakai setelah dipanaskan sekitar 3-5 menit dengan set temperature 170C. Kemudian lakukan percobaan untuk menyegel cup dengan menarik tuas dan tahan selama 2-3 detik. Jika hasil press cup plastik benar-benar rapat berarti ia masih bagus. Namun jika terlihat hasil segelan menjadi lengket kemungkinan heating elemennya terlalu panas karena kerusakan bagian temperatur kontrol. Andai tidak nempel, temperaturnya mungkin terlalu rendah.

2. Photo Sensor Pada Mesin Cup Sealer Otomatis

Bagian ini tidak dimiliki mesin cup sealer manual. Pada mesin press gelas plastik bekas otomatis, photo sensor menjadi part yang penting untuk di cek apa masih berfungsi normal. Kegunaan photo sensor pada cup sealer otomatis adalah untuk memastikan jika roll film tepat tersegel sempurna pada lid gelas plastik. Apabila photo sensor ini mengalami error maka label tidak akan tepat terpasang. 

3. Perhatikan Nest Insert atau Conveyor

Nest insert (tray) adalah tempat untuk meletakan gelas plastik pada mesin press gelas plastik. Bagian ini sering terkena tumpahan cairan. Ada kemungkinan menjadi sedikit berkarat dan susah untuk di dorong maju mundur. Mesin cup sealer bekas yang bagus bagian insert nestnya akan terawat, bearing masih bagus karena sering diberi pelumas oleh pemilik, bagian modulnya tidak ada bercak karat.

Cup sealer dengan konveyor 12Oz tidak bisa digunakan untuk menyegel gelas 14Oz. Jadi kalau mau menutup gelas plastik dengan ukuran bervariasi anda harus memiliki mesin cup sealer yang bermacam-macam juga. Mungkin hal ini terdengar ribet dan tidak efisien. Oleh karena itu benar-benar yakinkan jenis usaha anda dulu, jangan jadi pengusaha yang mudah galau.

4. Spesifikasi Cup Sealer

Mengetahui spesifikasi dari sebuah produk itu penting. Bukan hanya untuk cup sealer bekas saja namun juga cup sealer baru. Spesikasi ini berkaitan dengan kuantitas produksi mesin dalam hitungan jam. Mesin cup sealer besar untuk industri AMDK seperti GD series mampu mengemas dalam jumlah ribuan dalam satu jam. Sealing speed cup sealer 2 line bekas yang masih bagus pasti diatas 1500 gelas/jam. Bahkan ada yang mampu mencapai 2500 cup. Sementara cup sealer 4 line bekas setidaknya harus mampu mencapai 3000 cup per jam. Bila sealing speed ini tidak tercapai, maka jangan beli mesin tersebut karena kemungkinan besar sudah waktunya dipensiunkan.

5. Merk Cup Sealer

Merk produk yang populer sebetulnya tidak mesti identik dengan kualitas yang bagus. Namun hal ini menentukan harga jual produk tersebut pada kondisi bekas. Cup sealer Getra, Eton d6 / d8, Yammamoto atau Zeppelin adalah jenis mesin press gelas plastik yang laris di pasaran. Harga bekas cup sealer Eton d6 atau d8 akan lebih mahal daripada harga cup sealer bekas lokal yang kurang punya nama meski harga barunya tidak jauh. Oleh sebab itu jangan terlalu terpaku pada merek atau tren. 

6. Harga Cup Sealer Bekas

Dalam penentuan harga mesin cup sealer bekas sangatlah subjektif tergantung kesepakatan anda dengan penjual. Selain itu wilayah kota tempat transaksi cup sealer bekas juga sangat menentukan. Harga cup sealer bekas di Bandung atau Jakarta  kemungkinan besar lebih murah dari pada kota lebih kecil seperti Purwokerto, Jember atau Kediri karena faktor distribusi barang. Namun sebaiknya anda menentukan harga cup sealer bekas berdasar pada kualitas barangnya. Dan penentuan hal ini akan sangat sulit jika anda membeli online. Anda tidak bisa mengeceknya secara langsung. Satu-satunya fasilitas yang bisa dipakai untuk mengatasi hambatan ini adalah foto dan video via WA.

7. Tempat Membeli Cup Sealer

Beberapa orang tertarik membeli cup sealer bekas secara online karena lebih praktis, informasi yang didapat lebih cepat dan harga online dianggap lebih murah dari harga offline. Di beberapa forum jual beli banyak penjual yang menawarkan cup sealer bekas. Tapi ini memiliki resiko, cup sealer yang anda pesan tidak pernah sampai tujuan. Oleh karena itu lebih baik Cod saja. Ongkos kirim cup sealer manual yang mencapai 12 Kg bisa jadi lebih mahal dari harga cup sealer sendiri. Intinya perbandingan ongkir dengan kualitas cup sealer bekas yang didapatkan jadi kurang sepadan. Melihat ongkir semahal itu, membeli cup sealer baru yang terjamin keawetannya adalah pilihan terbaik.


Demikian artikel dari bosspacking tentang Cermati Dulu Sebelum Membeli Cup Sealer Bekas, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *