Dampak dari Kandungan Zat besi dan mangan pada air jika dikonsumsi berlebihan

 

zat besi dan mangan adalah masalah yang serius di dalam sistem penyediaan air minum domestik yang sudah lama berlangsung di negara kita. Pada umumnya zat besi dan mangan yang larut di dalam air dalam keadaan bervalensi dua atau dalam keadaan ion ferious atau ion manganous.

Mangan merupakan mineral penting untuk tubuh namun bisa berbahaya jika jumlahnya tidak sesuai kebutuhan tubuh kita. Kelebihan Mangan bisa menjadi keracunan dan berdampak buruk bagi kesehatan terutama yang berkaitan dengan fungsi otak dan saluran pernapasan.

Disamping itu, Mangan juga bisa memicu penyakit bronkitis, empoli paru, dan parkinson. Bagi pria juga bisa menyebabkan impotensi.

Berikut adalah risiko yang terkait dengan konsumsi zat besi secara berlebihan:

1. Penyakit alzheimer

Kandungan zat besi berlebihan pada air yang kita konsumsi dapat menyebabkan munculnya endapan besi berlebihan di otak, juga mengarah pada pembentukan protein abnormal yang terakumulasi di wilayah tertentu pada otak terkait memori dan mendorong perkembangan alzheimer.

2. Keracunan zat besi

Sebab utamanya karena overdosis suplemen zat besi. Pada kasus seperti ini bisa juga terjadi pada kandungan zat besi di dalam air, zat besi terakumulasi di organ-organ vital seperti hati dan otak, kemudian akan memicu kerusakan serius pada kedua organ tersebut.

Gejala keracunan zat besi meliputi mual, sakit perut, dan muntah.

3. Diabetes

Kadar zat besi tinggi dikaitkan dengan meningkatnya risiko diabetes. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang membantu mengatur metabolisme.

Ketika jumlah zat besi meningkat, kondisi seperti resistensi insulin dan kegagalan sel bisa terjadi dan menyenyebabkan munculnya diabetes.

4. Serangan jantung

Kelebihan zat besi pada tubuh bisa menyebabkan gangguan pada jantung seperti hemokromatosis jantung. Dalam kondisi ini, kelebihan zat besi terakumulasi di organ jantung yang mengakibatkan keracunan dan disfungsi organ. Hal itu berujung pada gagal jantung kongestif dan detak jantung tidak teratur.

5. Kanker hati

Menurut sebuah hipotesis, kelebihan zat besi adalah faktor risiko untuk karsinoma hepatoseluler lebih umum dikenal sebagai kanker hati.

Kondisi ini terjadi karena peningkatan asupan zat besi.

6. Kanker kolon

Terlalu banyak zat besi memiliki potensi karsinogenik dan menyebabkan kanker pada usus besar. Hal ini dipicu reaksi Fenton tidak terkontrol dengan adanya zat besi berlebih di dalam tubuh, yang mempromosikan ketidakstabilan dan mutasi gen, mengarah ke kanker.

7. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah kelainan bawaan yang disebabkan penumpukan berlebihan zat besi dalam tubuh, yang akhirnya berujung pada kematian sel dan disfungsi pada banyak organ.

Gejalanya yaitu perubahan warna kulit dan penyakit yang menyerang organ pankreas.

Oleh Karena itu kita harus menjaga asupan makanan dan minuman yang akan masuk ke tubuh kita.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kadar zat besi dan mangan dalam air salah satu diantarannya yakni dengan cara oksidasi, koagulasi dan elektrolitik, cara pertukaran ion, cara filtrasi kontak, proses soda lime, pengolahan dengan bakteri besi dan cara lainnya.

Untuk memudahkan Proses penghilangan kadar besi dan mangan pada air anda bisa mesin filter air yang kami jual. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *