Stop Kresek Hitam !! Industri Kini Beralih ke Plastik Modern Yang Lebih Ramah Lingkungan

Perlahan pelaku usaha seperti industri makanan dan minuman mulai meninggalkan penggunaan plastik kresek. Pelaku usaha kemudian beralih ke produk plastik modern packaging.

Plastik kemasan modern di pilih saat ini karena keunggulannya dalam hal bentuk yang fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk pangan yang dikemas, berbobot ringan, tidak mudah pecah, bersifat transparan/tembus pandang, mudah diberi label, dan dibuat dalam aneka warna, dapat diproduksi secara massal, harga relatif murah dan terdapat berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik, plastik sebagai kemasan pangan memenuhi fungsi yakni sebagai barrier, terutama untuk gas dan cahaya. Dengan mengurangi paparan gas seperti O2, maka pertumbuhan mikroorganisme perusak makanan dapat ditekan. Selain itu paparan cahaya yang dapat memicu reaksi kerusakan lemak dan pemudaran pigmen/warna makanan dapat dihindari.

Dari berbagai keunggulannya, plastik mempunyai fungsi antara lain :
1. Sebagai pengemas pangan kekinian.
2. Mempermudah konsumen untuk mengenali serta membawanya.
3. Untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan pangan.
5. Untuk menjaga pangan tetap bersih serta mencegah terjadinya kontaminasi mikroorganisme;
6. menjaga produk dari kerusakan fisik; menjaga produk dari kerusakan kimiawi (misalnya permeasi gas, kelembaban/uap air).
7. Mempermudah pengangkutan dan distrisbusi.
8. Mempermudah penyimpanan.
9. Memberikan informasi mengenai produk pangan dan instruksi lain pada label
10. Menyeragamkan volume atau berat produk dan membuat tampilan produk lebih menarik sekaligus menjadi media promosi.

Inilah Keunggulan Plastik Modern yang Ramah Lingkungan di banding Plastik kresek.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan plastik kresek, seperti menggunakan tas belanja yang tidak sekali pakai dan juga menggunakan plastik ramah lingkungan.

Plastik ramah lingkungan dikenal juga sebagai bioplastic, yaitu jenis plastik yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah diurai dan alami. Biasanya, bioplastic dibuat dengan menggunakan gula dari tanaman tebu atau jagung. Kemudian, gula tersebut diubah menjadi asam polilaktat (PLA).

Lalu keunggulannya dari Bioplastic atau plastik ramah lingkungan menjadi salah satu jenis plastik yang lebih mudah terurai dibandingkan plastik kresek biasa. Selain itu, bahan-bahan alami yang digunakan untuk membuat plastik juga tidak akan mencemari tanah maupun air. Dengan begitu, air akan tetap memiliki kualitas yang baik tanpa kandungan bahan kimia.

Selain itu, bahan alami yang digunakan untuk membuat plastik ramah lingkungan juga tidak akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada penggunanya. Itulah beberapa keunggulan plastik ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik biasa.

 

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *